√ Jam Operasional Bank Syariah Hari ini 2021 : BUMN, Swasta & BUMD

Jam Operasional Bank Syariah – Berdasarkan operasionalnya bank terbagi menjadi dua jenis yaitu bank konvensional dan syariah. Bank syariah merupakan salah satu jenis bank yang menerapkan kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali bank syariah yang terdiri dari bank milik pemerintah (BUMN), swasta hingga bank milik daerah (BUMD). Sekedar informasi, jika Anda ingin menabung di bank tanpa unsur riba, maka bank syariah adalah pilihan paling tepat.

Seperti yang telah diketahui, bahwasanya untuk dapat menabung di bank syariah, setiap orang harus melakukan pengajuan pembukaan rekening ke bank maupun secara online. Selain itu, bagi yang sudah menjadi nasabah bank syariah, setiap keperluan dan kepentingannya juga dilakukan di bank syariah terkait.

Dengan kata lain, menabung di bank syariah juga mengarahkan nasabah untuk mendatangi kantor cabang ketika ada keperluan yang berkaitan. Namun untuk mengunjungi bank syariah terkait, Anda diharuskan mengunjungi sesuai jam operasional seperti di bawah ini.

Jam Operasional Bank Syariah

Jam Operasional Bank Syariah

Bagaimanapun sebagai pemilik tabungan syariah, diharuskan mengetahui jam operasional. Mengapa demikian? Pasalnya ketika memiliki keperluan atau kepentingan terkait tabungan syariah dianjurkan mengunjungi kantor unit kerja sesuai jam operasional yaitu pada saat jam kerja bank.

Hal ini dikarenakan bank syariah hanya melayani dan menjalankan kegiatan perbankan-nya pada saat jam kerja. Dimana jika Anda datang tidak sesuai jadwal operasional, maka keperluan Anda tidak dapat terpenuhi atau terlayani.

Jam operasional bank syariah sebenarnya tak berbeda jauh seperti JAM OPERASIONAL BANK pada umumnya. Hanya saja untuk bank syariah BUMN, Swasta dan BUMD biasanya memiliki perbedaan pada jam tutupnya saja.

Untuk jam buka dan istirahat keseluruhan hampir sama. Dari pada makin penasaran, berikut jam operasional bank syariah BUMN, Swasta dan BUMD hari ini.

Jam Operasional Bank Syariah BUMN

Jam Operasional Bank Syariah BUMN

Bagi Anda nasabah bank syariah milik pemerintah seperti BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah atau Bank Syariah Indonesia maupun bank syariah BUMN lainnya, untuk jam operasionalnya sama seperti jadwal pada umumnya.

Hampir semua bank Syariah BUMN memiliki jadwal kerja, jam buka dan tutup yang sama. Adapun jam operasionalnya pada hari ini yaitu sebagai berikut.

  • Jadwal Operasional : Buka mulai hari Senin – Jum’at
  • Jam Operasional : Buka pada pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat.
  • Jam Istirahat : Hari Senin – Kamis mulai pukul 12.00 – 13.00. Hari Jum’at mulai pukul 11.30 – 13.00.
  • Tutup : Bank Syariah tutup pada hari Sabtu, Minggu dan setiap tanggal merah.
  • Jam Operasional Bank Syariah pada bulan Ramadhan : Buka mulai pukul 08.00 – 14.00.
  • Catatan : Pada hari jadi bank terkait biasanya bank tidak beroperasi secara maksimal dan biasanya memulai kegiatan operasional pada pukul 13.00 – 15.00

*) Jam operasional sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung kebijakan masing-masing pihak bank syariah terkait.

Jadi, apabila Anda memiliki kepentingan dan keperluan yang mengharuskannya ke kantor unit kerja, silahkan datang pada hari Senin – Jum’at pada jam 8 pagi hingga 15 sore. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas lagi, silahkan hubungi call center masing-masing bank syariah tujuan Anda.

Jam Operasional Bank Syariah Swasta

Jam Operasional Bank Syariah Swasta

Sedangkan, bagi Anda nasabah bank syariah Swasta seperti BCA Syariah, Panin Syariah, CIMB Niaga syariah, Bukopin Syariah, Mega Syariah, Permata Syariah, BTPN Syariah dan lain sebagainya. Untuk jam operasionalnya, sebenarnya hampir sama seperti bank syariah BUMN.

Mulai dari jam kerja, buka, tutup hingga jadwal libur keseluruhannya sama. Adapun pada hari ini bank syariah melakukan kegiatan operasionalnya mulai pukul :

  • Jadwal Kerja : Buka mulai hari Senin – Jum’at
  • Jam Operasional : Buka pada pukul 08.00 s/d 15.00 waktu setempat.
  • Jam Istirahat : Hari Senin – Kamis mulai pukul 12.00 s/d 13.00. Hari Jum’at mulai pukul 11.30 s/d 13.00.
  • Jadwal Tutup : Bank Syariah tutup pada hari Sabtu, Minggu dan setiap tanggal merah.
  • Jam Operasional pada bulan Ramadhan : Buka mulai pukul 08.00 s/d 15.00.
  • Catatan : Pada hari ulang tahun bank terkait biasanya bank tidak beroperasi secara maksimal dan biasanya memulai kegiatan operasional pada pukul 13.00 s/d 15.00

Jam Operasional Bank Syariah BUMD

Jam Operasional Bank Syariah BUMD

Selain itu, untuk bank syariah BUMD seperti Bank BPD DIY Syariah, DKI Syariah, Jambi Syariah, Jateng Syariah, Jatim Syariah, Kalbar Syariah, Kalsel Syariah, Kaltimtara Syariah, Nagari Syariah, Riau Kepri Syariah, Sulselbar Syariah, Sumsel Babel Syariah, Sumut Syariah dan lainnya, juga beroperasi sesuai jadwal. Dimana untuk jam buka, jam istirahat dan tutup Bank Syariah BUMD yaitu sebagai berikut.

  • Jadwal Kerja : Buka mulai hari Senin – Jum’at
  • Jam Operasional : Buka pada pukul 08.00 s/d 16.00 waktu setempat.
  • Jam Istirahat : Hari Senin – Kamis mulai pukul 12.00 s/d 13.00. Hari Jum’at mulai pukul 11.30 s/d 13.00.
  • Jadwal Tutup : Bank Syariah tutup pada hari Sabtu, Minggu dan setiap tanggal merah.
  • Jam Operasional pada bulan Ramadhan : Buka mulai pukul 08.15 s/d 14.00.

Catatan : Ada beberapa bank syariah BUMD yang buka mulai pukul 08.15 s/d 15.00, seperti bank Aceh Syariah. Ada juga yang buka mulai pukul 08.00 s/d 15.00.

Untuk perusahaan perbankan syariah milik daerah, menjalankan kegiatan operasional perbankan-nya sesuai kebijakan masing-masing. Bahkan ada beberapa yang tetap beroperasi pada hari Sabtu. Agar lebih jelas lagi, langsung saja menghubungi call center bank terkait.

Itulah informasi lengkap terkait jam operasional bank syariah yang dapat pakaiatm.com sajikan. Informasi di atas kami sajikan mengacu untuk seluruh bank syariah di Indonesia, baik BUMN, Swasta maupun BUMD. Demikian informasi dari pakaiatm, semoga saja artikel di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda.