10 Kode Function Mesin EDC Mandiri 2021 (Fungsi & Kombinasi)

Kode Function Mesin EDC Mandiri – Mesin Electronic Data Capture atau EDC, mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing bahkan sudah pernah MENGGUNAKAN MESIN EDC-nya. Di mana mesin EDC sendiri adalah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank.

Mesin EDC nantinya akan diterbitkan oleh pihak bank dan bisa terkoneksikan dengan server perbankan. Mungkin mesin EDC ini akan mudah ditemui di beberapa toko-toko, swalayan, merchant dan sejenisnya yang telah menyediakan pembayaran dengan gesek kartu ATM atau debet.

Nah dalam penggunaan mesin EDC tersebut, rupanya ada sebuah kode function yang diberikan oleh pihak bank. Di mana setiap bank akan memberikan kode function yang berbeda satu sama lain, antara KODE FUNCTION MESIN EDC BRI dan Mandiri akan berbeda.

Dengan demikian tentunya dari Anda bertanya mengenai kode function yang ada pada mesin EDC tersebut. Jika begitu, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan secara lengkap kode function dari mesin EDC Mandiri.

Apa Itu Kode Function ?

Apa Itu Kode Function

Untuk kode function mesin EDC adalah sebuah kode kombinasi beberapa angka yang punya perintah tersendiri sesuai dengan pengaturan mesin EDC Mandiri yang digunakan. Secara umum, penerapan di mesin EDC akan berupa tombol function yang di lambangkan huruf “F”.

Jika demikian, saat ingin memasukkan kode function mesin EDC, maka sebelum memasukkan kodenya Anda harus tahu akan tujuannya. Dengan begitu Anda baru memasukkan kode tersebut dengan langkah awal menekan tombol F.

Bagian Mesin EDC Mandiri

Bagian Mesin EDC Mandiri

Namun sebelum mulai ke pembahasan mengenai kode function dari EDC Mandiri, Anda perlu mengetahui bagian-bagian dari mesin EDC. Di mana bagiannya sendiri hampir umum dan sama seperti mesin EDC yang diterbitkan oleh bank lain, di antara lainnya seperti:

  • Layar, berguna sebagai tampilan menu dan informasi lain.
  • Tombol navigasi
  • Tombol number pad
  • Tempat gesek kartu debet/kredit
  • Tempat keluar struk bukti pembayaran
  • Tombol perintah
Baca  30 Cara Beli Pulsa Lewat ATM Mandiri 2021

Fungsi Tombol Mesin EDC

Fungsi Tombol Mesin EDC 1

Selain bagian dari mesin EDC Mandiri, Anda juga perlu mengetahui dari tombol-tombol yang ada pada mesin EDC nya. Tujuan mengetahui fungsi tombol sendiri adalah untuk pengetahuan dan kelancaran saat menggunakan mesin EDC.

  • Tombol navigasi : Untuk memilih atau mengarahkan ke pilihan menu
  • Number Pad : Untuk memasukkan PIN dan nominal transaksi
  • Tombol Merah : Melakukan pembatalan (Cancel / No)
  • Tombol Hijau : Melakukan persetujuan (Yes / Konfirmasi)
  • Tombol Kuning : Melakukan clear data
  • Tombol F : Untuk function

Kode Function Mesin EDC Mandiri

Kode Function Mesin EDC Mandiri

Jika sudah tahu bagian dan fungsi tombol mesin EDC, selanjutnya Anda tinggal perlu tahu kode function mesin EDC nya. Untuk lebih jelas mengenai kode function tersebut, simak tabel di bawah ini:

NAMA FUNCTIONKODE FUNCTIONFUNGSI KODE
Function 0F + 0Tes koneksi jaringan
Function 1F + 1Masuk ke menu E-Cash
Function 2F + 2Masuk menu reprint
Function 3F + 3Masuk menu report
Function 4F + 4Masuk menu function
Function 12F + 1 + 2 + password 1400Untuk cek sinyal
Function 79F + 7 + 9Untuk cetak summary report
Function F82F + 8 + 2Tes printer mesin EDC
Function 91F + 9 + 1Detail info versi mesin EDC
Function 99F + 9 + 9Hapus atau clear reversal

Itulah informasi dapat pakaiatm.com sajikan tentang kode function mesin EDC lengkap dengan informasi terkait mesin EDC lainnya. Semoga adanya informasi kode function mesin EDC di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.