√ Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal ? 9 Penyebab & Mengatasi

Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal – Selain layanan fasilitas berupa ATM dan Mobile Banking, pihak bank juga memberikan layanan lain yaitu mesin EDC (Electronic Data Capture). Mungkin bagi Anda sudah tidak asing dengan mesin EDC itu sendiri.

Di mana mesin EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Secara umum bentuk dari mesin EDC itu sendiri seperti telepon genggam model lama dengan adanya layar kecil guna memberikan informasi transaksi yang dilakukan.

Citayam

Di mana bank seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya menyediakan mesin EDC. Anda bisa mengajukan mesin EDC ke pihak bank dengan harga mesin EDC yang sudah ditentukan. Biasanya para pengaju mesin EDC adalah para pengusaha toko, tujuannya agar memudahkan proses pembayaran.

Membahas mengenai mesin EDC itu sendiri, terkadang ada saja masalah dalam penggunaannya. Seperti misalnya saat menggunakan mesin EDC Mandiri justru alami tidak ada sinyal yang membuat proses transaksi di mesin EDC gagal akan tertunda atau terhambat. Lantas apa penyebab mesin EDC tidak ada sinyal tersebut?.

Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Mengenai mesin EDC tidak ada sinyal atau hilang sendiri hampir menjadi masalah umum dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun untuk sebagian orang akan merasa cemas, apalagi saat melakukan transaksi. Dengan begitu mari cari tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Baca  √ BRImo General Error 2022 : 6 Penyebab & Cara Mengatasi

Penyebab Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Penyebab Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Untuk yang pertama adalah mengetahui dahulu apa penyebab kenapa mesin EDC Mandiri tidak ada sinyal. Tujuannya agar nantinya memudahkan dalam proses mengatasi permasalahan mesin EDC Mandiri tersebut. Lalu apa saja penyebab mesin EDC tidak ada sinyal?.

Sama halnya penyebab mesin EDC BRI tidak ada sinyal alias hilang, pada mesin EDC Mandiri tidak ada sinyal juga terjadi karena beberapa hal seperti jaringan provider yang digunakan bermasalah. Karena seperti diketahui sendiri jika mesin EDC membutuhkan SIM Card untuk aksesnya.

Untuk masalah jaringan sendiri bisa saja terjadi karena cuaca, listrik atau bahkan slot SIM Card tidak terpasang secara benar. Maka dari itu, perlu untuk cek dan memastikan permasalahan secara jeli agar memudahkan proses mengatasinya.

Cara Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi Mesin EDC Mandiri Tidak Ada Sinyal

Setelah tahu apa penyebab yang menjadikan mesin EDC Mandiri tidak ada sinyal di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasi. Terkait cara mengatasi mesin EDC tidak ada sinyal ini sendiri ada beberapa, simak caranya di bawah ini.

1. Refresh Jaringan EDC

Cara pertama untuk atasi permasalahan mesin EDC tidak ada sinyal adalah dengan melakukan refresh jaringan. Lakukanlah saat baru menyalakan atau memulai transaksi di mesin EDC mesin Mandiri. Hal ini bertujuan untuk memperbarui jaringan yang ada.

2. Restart Mesin EDC

Jika cara diatas tidak berhasil dan tetap saja sinyal tidak ada, maka bisa coba dengan lakukan restart mesin EDC. Restart disini dimaksud dengan menonaktifkan mesin EDC, kemudian mengaktifkan kembali mesin EDC. Secara umum hal ini berhasil untuk mengatasinya.

3. Bersihkan SIM Card

Jika masalah EDC Mandiri tidak ada sinyal karena SIM Card posisi tidak benar, maka coba lepas SIM Card dan membersihkannya baru memasang kembali secara benar. Untuk langkahnya bisa simak di bawah ini:

  • Matikan mesin EDC.
  • Lepas tutup bagian belakang.
  • Lepas SIM Card dari slot.
  • Gosok bagian kuningan SIM Card dengan tisu.
  • Lalu pasang kembali SIM Card.
  • Kemudian nyalakan kembali mesin EDC.
  • Silakan cek apakah sinyal normal, biasanya akan muncul.
Baca  √ Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer ? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

4. Pasang Ulang Sambungan GPRS

Jika tiga cara di atas tetap saja tidak berhasil, maka Anda bisa atasi mencoba pasang ulang sambungan GPRS. Karena seperti diketahui sendiri jika GPRS bisa menjadi penyebab mesin EDC tidak dapatkan sinyal.

Maka dari itu, coba dengan lepas sambungan dan memasang ulang. Cara ini cukup mudah yaitu Anda hanya perlu mematikan mesin EDC Mandiri dan buka tutup baterai, lalu lepas sambungan GPRS dan diamkan beberapa saat sebelum memasangnya kembali.

5. Manfaatkan Kode Function Untuk Registrasi Jaringan

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi mesin EDC tidak ada sinyal dengan memanfaatkan kode function mesin EDC Mandiri untuk registrasi jaringan seluler. Anda bisa masuk ke menu “Function” > “Reg LTWK” > “Logon” > “OK”. Dengan memanfaatkan kode function di atas maka biasanya sinyal yang hilang akan kembali.

6. Tambahkan Penguat Sinyal EDC Mandiri

Selain itu, Anda juga bisa tambahkan repeater atau modem penguat sinyal mesin EDC. Hal ini sudah banyak digunakan oleh pemilik mesin EDC guna menghindari sinyal tiba-tiba hilang dan tidak ada dengan sendirinya.

7. Hubungi Pihak Bank Mandiri

Namun jika tetap saja EDC Mandiri sinyal hilang, maka bisa hubungi pihak bank Mandiri lewat layanan call center untuk meminta bantuan. Anda bisa hubungi pihak bank Mandiri lewat di nomor 14000 dan sampaikan secara jelas apa masalah yang terjadi pada petugas.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin EDC Mandiri tidak ada sinyal yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan masalah mesin EDC Mandiri di atas bermanfaat.

Terutama bagi para pengguna atau pemilik mesin EDC Mandiri yang alami masalah serupa yaitu sinyal hilang atau sama sekali tidak ada. Silakan untuk pahami terlebih dahulu penyebab sebelum ke langkah mengatasinya.

Baca  √ BRImo Tidak Bisa Top Up DANA ? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

Sumber Gambar : smsbangking.com, i1.wp.com