5 Perbedaan BCA Digital dan BCA yang Wajib Diketahui

Perbedaan BCA Digital dan BCA – Bank BCA beberapa waktu lalu, telah resmi meluncurkan bank digital di Indonesia bernama BCA Digital. Bank digital tersebut dilahirkan sepenuhnya dalam dunia digital, seiring dengan kemajuan teknologi dalam dunia digital yang terus berkembang.

BCA Digital sendiri merupakan bagian dari BCA Grup sama halnya dengan layanan bank konvensional yaitu BCA. Dengan kata lain, bank BCA Digital dan BCA Konvensional adalah dua perusahaan perbankan yang tergabung dalam BCA Grup.

Meskipun sama-sama tergabung dalam BCA Grup, namun nyatanya keduanya memiliki perbedaan. Sampai saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui perbedaan antara bank BCA Digital dengan BCA layanan konvensional.

Memang keduanya sama-sama membawa nama BCA, namun itu bukan berarti keduanya sama. Lantas, apa saja perbedaan BCA Digital dan BCA Konvensional? Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan keduanya, maka silahkan langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan BCA Digital dan BCA

Perbedaan BCA Digital dan BCA

BCA Digital sendiri adalah anak perusahaan BCA dan termasuk dari bagian BCA Grup. Banyak orang beranggapan, bahwa BCA Digital merupakan layanan mobile banking milik bank BCA layaknya aplikasi BCA Mobile.

Hal itu dirasa kurang tepat, BCA Digital sendiri seperti BCA Syariah yang merupakan anak perusahaan BCA, namun memiliki produk dan layanan sendiri. Selain itu BCA Digital juga memiliki kantor offline sendiri.

Perbedaan keduanya terlihat jelas dan bisa dipandang dari berbagai sisi. Adapun perbedaan BCA Digital dan BCA yang wajib diketahui yaitu sebagai berikut ini.

Baca  11 Cara Bayar NPWP lewat ATM BCA 2022 : Syarat & Biaya Admin

Perbedaan Berdasarkan Model Operasional Perbankan

Perbedaan Berdasarkan Model Operasional Perbankan

Perbedaan BCA Digital dan BCA yang paling menonjol yaitu berdasarkan model operasional layanan perbankan. Dimana BCA Digital menjalankan kegiatan operasionalnya tanpa memiliki kantor cabang (branchless) melainkan hanya 1 kantor pusat saja.

Sedangkan, untuk BCA membutuhkan kantor cabang untuk beroperasi, baik untuk transaksi maupun mencari informasi produk. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia kurang lebih sejumlah 1.248 kantor.

Perbedaan Berdasarkan Layanan Pembukaan Rekening

Perbedaan Berdasarkan Layanan Pembukaan Rekening

Sementara dari sisi pelayanan pembukaan rekening keduanya memiliki perbedaan. Dalam hal pembukaan rekening, umumnya BCA konvensional dilakukan ke kantor cabang untuk membuka tabungan ataupun kartu ATM.

Namun, untuk pembukaan rekening BCA Digital sendiri, calon nasabah digital banking dalam membuka rekening tabungan dengan cepat melalui aplikasi yaitu BLU BY BCA DIGITAL yang merupakan aplikasi mobile banking BCA Digital.

Perbedaan Berdasarkan Pelayanan Perbankan

Perbedaan Berdasarkan Pelayanan Perbankan

Seperti halnya model operasional layanan perbankan, dimana berbeda dengan pelayanan BCA Konvensional yang dilakukan ke kantor cabang. Berdasarkan pelayanan perbankan BCA Konvensional melayani nasabah secara online maupun offline.

Untuk BCA Digital sendiri, hampir secara keseluruhan pelayanan perbankan diberikan secara online via aplikasi, mulai dari informasi produk, layanan keluhan nasabah dan seluruh aktivitas perbankan dilakukan secara online.

Perbedaan Berdasarkan Biaya Operasional

Perbedaan Berdasarkan Biaya Operasional

Karena memang tidak memiliki kantor cabang untuk beroperasi, BCA Digital memiliki biaya operasional jauh lebih murah dibandingkan bank konvensional. Dimana BCA Konvensional memiliki biaya operasional yang jauh lebih banyak, karena banyaknya kepemilikan kantor cabang.

Perbedaan Berdasarkan Proses Transaksi Nasabah

Perbedaan Berdasarkan Proses Transaksi Nasabah

Perbedaan BCA Digital dan BCA Konvensional yang terakhir bisa dilihat dari sisi proses transaksi nasabah. Menjadi nasabah BCA Digital, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mengantre. Selain itu, segala aktivitas transaksi bisa dilakukan tanpa kartu ATM dan dilakukan sepenuhnya secara online.

Baca  Lupa Password KlikBCA ? Ini 15 Syarat & Cara Mengatasi

Sedangkan, nasabah BCA Konvensional transaksi sebenarnya juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui mobile banking maupun internet banking. Namun kebanyakan dari mereka melakukan transaksi lewat ATM ataupun kantor cabang, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk bertransaksi.

Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, namun kedua perbankan BCA Grup tersebut memiliki persamaan berdasarkan cara menentukan harga yaitu bank Konvensional. Selain itu, kedua bank tersebut juga menerapkan sistem bunga untuk setiap produknya.

Itulah beberapa perbedaan BCA Digital dan BCA konvensional menurut Pakaiatm.com. Pada dasarnya keduanya merupakan dua bank konvensional bagian dari BCA Grup. Dari sisi fitur yang disediakan BCA Digital dan Konvensional memang tidak terlalu berbeda. Demikianlah informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat.