√ Saldo ATM BCA 0 : 4 Risiko & Biaya Tambahan yang Wajib Diketahui

Saldo ATM BCA 0 – Ada banyak hal yang memungkinkan seseorang memiliki lebih dari satu rekening, entah itu untuk tabungan, rekening gaji, maupun transaksi sehari-hari. Namun, itu juga memungkinkan salah satu rekening akan jarang digunakan.

Karena jarang digunakan, kemungkinan besar saldo ATM BCA juga akan terus berkurang, bahkan saldo bisa sampai 0 rupiah. Mengapa demikian? Pasalnya ketika saldo ATM nilainya di bawah jumlah minimum akan dikenai biaya potongan.

Belum lagi biaya administrasi bulanan yang tetapkan bank BCA, jadi ketikan jarang digunakan otomatis saldo akan terus berkurang. Hal itu sangat memungkinkan saldo ATM BCA 0 rupiah terjadi dalam suatu rekening tabungan BCA milik Anda.

Ketika saldo ATM BCA 0 rupiah, apa yang akan terjadi pada rekening tabungan Anda? Adakah risiko maupun biaya atau denda yang akan diterima? Tentu ada. Ada berbagi hal yang bisa terjadi ketika saldo ATM BCA 0 rupiah, yakni sebagai berikut.

Saldo ATM BCA 0

Saldo ATM BCA 0

Perlu diketahui, bahwasanya saldo setiap tabungan BCA tidak boleh kurang dari SALDO MINIMAL BCA yang telah ditetapkan untuk masing-masing tabungan maupun ATM. Pasalnya, jika saldo ATM kurang dari saldo minimal akan dikenai biaya saldo dibawah minimum.

Bukan hanya itu saja, setiap tabungan ataupun ATM juga akan dikenai POTONGAN BULANAN BCA dengan nominal tertentu. Jadi ketika saldo ATM BCA Anda 0 rupiah itu akan sangat merugikan.

Dimana ketika ATM BCA 0 rupiah dan rekening masih aktif, maka biaya dibawah saldo minimum serta potongan bulanan masih berlaku. Sehingga pada saat Anda ingin mengisi saldo ATM tersebut, maka jumlahnya akan langsung dikurangi biaya saldo dibawah minimum dan biaya administrasi bulanan selama periode saldo ATM Anda kosong.

Baca  10 Cara Bayar Kredit Plus Lewat ATM BCA : Biaya, Denda & Jatuh Tempo

Dengan kata lain, meskipun saldo ATM BCA 0 rupiah dan ATM masih aktif, maka biaya dibawah saldo minimum dan potongan setiap bulannya masih dikenakan.

Risiko Saldo ATM BCA 0

Risiko Saldo ATM BCA 0

Kartu ATM dengan saldo Rp. 0,- sejatinya memiliki sebuah risiko yang aman sangat merugikan. Selain, dikenai biaya dibawah saldo minimum dan potongan bulanan yang terus dihitung selama rekening tabungan tersebut masih aktif, masih ada risiko lainnya yang bisa terjadi.

Mengingat hampir semua tabungan BCA memiliki batasan saldo minimum. Oleh sebab itu, jangan biarkan saldo ATM BCA Anda kurang dari saldo minimal yang ditetapkan, apalagi sampai kosong.

Hal itu dapat berakibat buruk pada kartu ATM Anda sendiri. Adapun beberapa risiko jika saldo ATM kosong yang wajib Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Rekening Tabungan Secara Otomatis Ditutup

Risiko yang pertama apabila rekening Anda 0 (nol) maka rekening tabungan atau ATM akan ditutup. Dengan kata lain dinonaktifkan oleh pihak bank itu sendiri.

Jadi untuk ATM Tahapan, Tapres, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tabunganku dan BCA Dollar akan ditutup oleh pihak bank, jika saldo nol selama 6 bulan berturut-turut.

2. Rekening Giro Ditutup

Bukan hanya pada rekening tabungan saja, namun risiko penutupan secara otomatis juga bisa terjadi pada rekening Giro. Dimana rekening Giro juga akan ditutup secara otomatis oleh sistem BCA, apabila saldo kosong selama 6 bulan berturut-turut.

3. Rekening Simpel Mati Suri (Dormant)

Risiko ini juga bisa terjadi pada rekening Simpanan Pelajar. Tabungan SimPel akan ditutup oleh sistem BCA, bila dalam kondisi mati suri (dormant) dengan saldo di bawah Rp. 5.000 atau nol.

4. Dikenai Biaya Dibawah Saldo Minimum dan Admin Bulanan Secara Berkala

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa risiko yang terjadi apabila saldo kosong yaitu tetap dikenai biaya dibawah saldo minimum sekaligus biaya administrasi bulanan selama rekening itu masih aktif ataupun belum ditutup oleh sistem. Mengingat rekening akan ditutup secara otomatis dalam waktu 6 bulan, jadi pada bulan ke-1, 2, 3, 4, 5 ATM masih aktif.

Baca  Kode Transfer BCA ke Mandiri 2022 : Cara Menggunakan

Nah, pada bulan tersebut, maka biaya biaya dibawah saldo minimum sekaligus biaya administrasi bulanan masih berlaku. Sehingga nantinya pada saat ATM tersebut menerima dana masuk, maka dana tersebut akan langsung dipotong untuk biaya dibawah saldo minimum sekaligus biaya administrasi bulanan selama periode terkait.

Biaya Saldo Dibawah Minimum BCA

Biaya Saldo Dibawah Minimum BCA

Lantas berapa biaya tambahkan dibawah saldo minimum? Setiap tabungan atau ATM BCA memiliki biaya masing-masing. Biaya saldo dibawah minimum BCA ini akan dikenakan setiap bulannya selama saldo masih di bawah batas minimal yang ditetapkan.

Adapun bagi Anda yang belum mengetahui besaran biaya administrasi tambahan dibawah saldo minimum bank BCA, maka silahkan simak tabel di bawah ini.

Tabungan BCABiaya Administrasi Tambahan di bawah Saldo Minimum
TahapanRp. 5.000
Tahapan XpresiRp. 7.500
Tahapan GoldRp. 25.000
TapresRp. 10.000

Sejatinya saldo ATM kosong adalah hal yang sangat merugikan. Oleh sebab itu, pentingnya melakukan CEK SALDO ATM BCA dengan rutin, agar kita senantiasa memantau dan memelihara saldo yang mengendap di ATM BCA.

Namun, jika memang karena jarang digunakan dan itu menyebabkan kartu ATM diblokir oleh pihak bank. Maka Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena Anda masih bisa MENGAKTIFKAN ATM BCA YANG SUDAH MATI kembali langsung di kantor cabang.

Itulah informasi lengkap terkait saldo ATM BCA 0 lengkap beserta risiko dan biaya tambahan yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Semoga artikel di atas mengandung informasi yang bermanfaat.