√ ATM BCA Mati Suri 2022 : Penyebab, Akibat & Cara Mengatasi

ATM BCA Mati Suri – Hampir setiap bank di Indonesia, memungkinkan nasabahnya untuk memiliki lebih dari 1 rekening tabungan atau kartu ATM. Begitu juga dengan bank BCA, dimana ia memberikan kesempatan kepada nasabah untuk memiliki 2 atau lebih rekening tabungan.

Ada banyak hal yang membuat seseorang memiliki lebih dari satu ATM, entah itu untuk tabungan, transaksi sehari-hari ataupun keperluan lainnya. Mengingat CARA MEMBUKA REKENING BCA begitu mudah, sehingga sangat mungkin apabila seseorang memiliki lebih dari 1 rekening.

ATM BCA memang memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi, baik itu transaksi finansial maupun non finansial. Namun, karena memiliki lebih dari 1 ATM, terkadang membuat salah satu ATM jarang digunakan, alhasil Anda mungkin lupan dengan salah satu ATM tersebut.

ATM BCA yang jarang digunakan memiliki dampak yang perlu Anda pertimbangkan dan sangat perlu diperhatikan. Dimana ATM bisa mengalami mati suri atau dormant bahkan bisa ditutup otomatis oleh sistem bank BCA, apabila memenuhi ketentuan seperti informasi di bawah ini.

ATM BCA Mati Suri

ATM BCA Mati Suri

ATM BCA mati suri tanpa ada aktivitas sama sekali atau bahkan sampai SALDO ATM BCA 0 bisa mengakibatkan ATM tersebut ditutup otomatis. Selain itu kondisi kartu ATM yang mati suri (dormant) juga akan menyulitkan nasabah bertransaksi.

Rekening dikatakan mati suri, apabila memiliki saldo minimal tertentu dan tidak ada aktivitas transaksi apapun selama beberapa bulan berturut-turut. Adapun ketentuan saldo minimal setiap rekening berbeda-beda, yakni sebagai berikut.

RekeningSaldo Minimal
RupiahRp. 10.000.000
Dollar Amerika SerikatUSD 1.000
Dollar SingapuraSGD 2.000
Dollar Hong KongHKD 8.000
EuroEUR 1.000
PoundsterlingGBD 1.000
Dollar AustraliaAUD 2.000
Yen JepangJPY 150.000
Renminbi ChinaRMB 7.000
Baca  √ Call Center BCA Digital 24 Jam : Kantor Layanan, Telepon & Email

Apabila saldo ATM BCA sesuai ketentuan tabel di atas dan tidak ada aktivitas sama sekali selama beberapa bulan berturut-turut, maka rekening tabungan tersebut dikatakan mati suri atau tidak aktif. Sementara untuk rekening TabunganKu, SimPel dan Virtual Account (*) dikatakan mati suri jika tidak aktif selama beberapa bulan tanpa melihat saldo minimal pada tabel di atas.

(*) Perlu diketahui, bahwa Virtual Account adalah rekening khusus yang diberikan kepada pelanggan company partner sebagai sarana pembayaran kepada para pelangganannya.

Penyebab ATM BCA Mati Suri

Penyebab ATM BCA Mati Suri

Lantas, apa yang menyebabkan ATM BCA mati suri? Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab ATM tersebut dikatakan dormant. Adapun penyebab rekening atau ATM BCA mati suri yaitu sebagai berikut.

  1. Rekening atau ATM BCA tidak digunakan dan tidak ada aktivitas transaksi selama 6 bulan berturut-turut.
  2. Saldo ATM kurang dari saldo minimal yang ditetapkan oleh pihak bank.

Itulah yang menjadi penyebab rekening mati suri atau dormant. Lalu, apa akibat yang terjadi jika rekening dormant? Berikut informasi selengkapnya.

Akibat Jika ATM Mati Suri

Akibat Jika ATM Mati Suri

Ada beberapa akibat yang bisa terjadi apabila rekening atau ATM mati suri. Bahkan rekening mati suri bisa berakibat pada penutupan otomatis oleh sistem.

Namun, Anda masih bisa MENGAKTIFKAN ATM BCA YANG MATI tersebut. Adapun beberapa hal yang akan terjadi jika rekening BCA mati suri yaitu sebagai berikut.

  1. Transaksi finansial hanya bisa dilakukan melalui e-channel BCA (ATM, BCA Mobile, m-BCA STK, KlikBCA Individu atau Bisnis) dengan limit sesuai jenis kartu ATM Paspor BCA.
  2. Untuk transaksi melebihi limit harian, bisa dilakukan lewat Teller melalui proses override dari Supervisor Bank BCA terlebih dahulu.
  3. Rekening dapat ditutup secara otomatis oleh sistem bank BCA.
Baca  20 Cara Isi DANA Via ATM BCA & Limit Top Up 2022

Cara Mengatasi ATM BCA Mati Suri

Cara Mengatasi ATM BCA Mati Suri

Apabila rekening Anda mati suri atau dormant, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Pasalnya ada cara mengatasi rekening tabungan mati suri.

Caranya yaitu dengan mengaktifkan kembali rekening BCA yang mati suri tersebut. Berikut beberapa cara untuk mengatasi tabungan BCA mati suri.

  1. Lakukan aktivasi manual di kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen lengkap, seperti Buku Tabungan, Kartu ATM Paspor BCA, dan KTP Asli yang masih berlaku.
  2. Status mati suri bisa aktif kembali secara otomatis, apabila Anda melakukan transaksi debet rekening minimum 1 kali.
  3. Menghubungi Halo BCA 1500888 untuk mengecek status ATM. Jika ATM BCA mati suri, maka tinggal ajukan aktivasi kembali di kantor cabang BCA terdekat.

Sejatinya, tabungan dalam keadaan mati suri berbeda dengan tabungan yang sudah mati atau tidak aktif. Dimana rekening atau ATM mati suri, masih bisa digunakan untuk bertransaksi hanya saja dibatasi dan membutuhkan persetujuan dari Supervisor bank.

Itulah informasi lengkap terkait paspor BCA dormant lengkap beserta penyebab, akibat dan cara mengatasi yang dapat Pakaiatm.com sajikan. Rekening tabungan mati suri ini wajib Anda ketahui dan semoga informasinya bermanfaat.