Saldo ATM Habis atau Kosong? Apa yang Terjadi?

Saldo ATM Habis – Pembukaan rekening atau ATM bank, mungkin saat ini sudah menjadi kewajiban bagi sebagian orang. Baik itu digunakan dalam transaksi maupun hanya untuk menerima gaji bulanan dari tempat kerja atau perusahaan.

Advertisements

Tidak jarang banyak orang yang memiliki lebih dari satu ATM, dengan maksud untuk keperluan transaksi atau hal lainnya. Namun terkadang, ada pula nasabah yang sampai lupa akan salah satu ATM sehingga saat dicek ternyata saldo didalamnya habis.

Saldo di dalam ATM Habis? Apakah itu bisa? Ya, tentu saja bisa, seperti Anda ketahui sendiri jika setiap bulannya kartu ATM akan terpotong biaya administrasi yang akan memotong secara otomatis pada saldo tabungan.

Advertisements

Besaran tersebut akan berbeda dalam setiap banknya, bahkan di setiap jenis ATM ada yang memiliki biaya administrasi bulanan berbeda. Dengan begitu, adanya sebuah ketentuan saldo mengendap atau saldo minimum bertujuan untuk mengantisipasi nasabah tidak menghabiskan saldo tabungan.

Saldo ATM Habis

Di mana saldo mengendap maupun saldo minimum di setiap bank juga akan memiliki ketentuan saldo mengendap yang berbeda agar tidak bisa diambil atau digunakan untuk transaksi. Namun secara umum bank swasta dan BUMN memberlakukan ketentuan saldo mengendap sebesar Rp 50 ribu.

Advertisements

Nah, yang menjadi masalah yaitu jika saldo habis dan tinggal saldo mengendap saja lalu KARTU ATM LAMA TIDAK DIGUNAKAN untuk bertransaksi. Maka akan menyebabkan saldo mengendap itu akan berkurang dan habis akibat terpotong biaya administrasi bulanan.

Apa yang Terjadi Jika Saldo ATM Habis?

Apa yang Terjadi Jika Saldo ATM Habis

Lantas apa yang terjadi jika saldo di dalam ATM tersebut habis atau kosong? Apakah berbahaya? Lalu apa konsekuensi? Terkadang pertanyaan seperti itu muncul dari para nasabah bank yang baru menyadari masalah berupa habis atau tidak adanya saldo ATM-nya.

Baca  8 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank (Download & di Edit)

Hal atau konsekuensi yang terjadi setelah saldo benar-benar kosong sendiri sebenarnya tidak ada, jika Anda kembali mengisikan saldo. Namun dengan catatan tidak melebihi waktu 6 bulan setelah saldo ATM kehabisan.

Advertisements

Karena kebanyakan bank di Indonesia seperti BCA, BRI, BNI dan lainnya akan menutup rekening/ATM secara otomatis jika saldo kosong atau nol (0) dalam waktu 6 bulan berturut-turut.

Namun jika ATM Anda tidak memiliki aktivitas transaksi selain biaya administrasi dan bunga simpanan selama 6 bulan berturut-turut namun masih ada saldo di dalamnya. Maka akan menyebabkan ATM/rekening menjadi berstatus dormant/pasif.

Mengatasi Saldo ATM Habis, Kosong & Sudah Tidak Aktif

Mengatasi Saldo ATM Habis Kosong Sudah Tidak Aktif

Lalu bagaimana cara mengatasi kehabisan saldo di ATM? Caranya cukup mudah. Jika ATM Anda belum masuk dalam waktu 6 bulan tersebut maka Anda hanya perlu mengisi kembali saldo. Anda bisa lakukan di teller, mesin ATM setor tunai, atau dikirim dari rekening ATM lain.

Sedangkan jika saldo ATM kehabisan, kosong dan tidak aktif melebihi waktu 6 bulan berturut-turut. Maka cara mengurus atau mengatasinya hanya perlu datang ke kantor cabang sesuai banknya dengan membawa persyaratan yang ditentukan.

Syaratnya tidak jauh berbeda dengan dengan syarat membuka rekening/ATM baru. Seperti Anda perlu membawa identitas diri, uang setoran awal, dan diminta untuk mengisi kembali formulir seperti sediakala. Berikut langkahnya:

  • Datangi kantor cabang bank sesuai ATM Anda.
  • Jika sudah sampai, langsung saja ambil nomor antrean.
  • Setelah itu tunggu sampai tiba giliran nomor antrean Anda dipanggil.
  • Jika dipanggil maka langsung saja temui CS.
  • Sampaikan maksud kedatangan Anda, yaitu ingin mengatasi saldo ATM yang habis dan sudah tidak aktif/ditutup.
  • Kemudian CS akan mulai membantunya dengan meminta syarat diperlukan untuk proses aktivasi kembali kartu ATM yang kehabisan saldo.
  • Tidak lupa juga Anda akan diminta mengisi formulir.
  • Isi semua data formulir tersebut. Jika sudah serahkan kembali pada CS.
  • Selanjutnya CS memproses aktivasi kembali ATM yang kehabisan saldo.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor PIN ATM kartu baru.
  • Jika sudah, maka tunggu sebentar sampai CS memberikan kartu ATM baru dan ATM tersebut sudah bisa digunakan kembali.
Baca  6 Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank & Contoh 2022

Mungkin itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda mengenai saldo ATM kehabisan lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya pembahasan saldo ATM habis di atas dapat bermanfaat.

Advertisements