Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses ? Ini 3 Masalahnya

Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses – Memang seiring berjalannya waktu, kartu ATM sudah mulai berkurang penggunanya. Karena nasabah bank sudah beralih ke layanan fasilitas Mobile Banking yang diberikan oleh pihak bank.

Advertisements

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan tetap masih banyak nasabah yang masih menggunakan layanan kartu ATM untuk melakukan transaksi di mesin ATM atau mesin EDC. Sehingga peran dan fungsinya masih sangat penting.

Nah dalam bertransaksi di mesin ATM, terkadang ada saja kendala yang mengakibatkan proses sedikit terganggu. Seperti misalnya KARTU ATM GAGAL TRANSAKSI, kartu ATM tidak dapat diproses dan masih banyak yang lainnya.

Advertisements

Untuk permasalahan kartu ATM tidak dapat diproses tentu bagi sebagian nasabah pernah mengalami saat sedang lakukan transaksi di mesin ATM. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi kartu ATM tidak dapat diproses tersebut?

Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Untuk lebih jelas mengenai penyebab cara mengatasi kartu ATM tidak dapat diproses, kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasinya secara lengkap di bawah ini. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan berikut sampai akhir.

Advertisements

Penyebab Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Penyebab Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Mengenai penyebab sendiri ada beberapa faktor yang menjadikan kartu ATM Anda tidak dapat diproses saat transaksi di mesin ATM. Adapun tidak dapat diproses itu sendiri seperti misalnya:

Baca  6 Penyebab & Cara Mengatasi BRI Mobile Error 114

1. Kartu ATM Rusak

Pertama, tidak dapat diprosesnya kartu ATM di mesin ATM bisa terjadi karena KARTU ATM RUSAK. Secara umum kerusakan tersebut datang dari pita hitam yang lecet atau tergores maupun kartu patah dan retak.

2. Kartu ATM Valid Thru

Kedua, kartu ATM tidak dapat diproses terjadi karena masa berlaku kartu atau valid thru habis. Jadi Anda bisa pastikan masa aktif dari kartu dengan melihatnya di bagian depan kartu debit atau ATM.

Advertisements

3. Kartu ATM Terblokir

Ketiga, kenapa tidak dapat diproses bisa saja kartu terblokir dengan memiliki CIRI CIRI yang pernah disampaikan sebelumnya. Hal itu dikarenakan Anda salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut. Selain itu bisa juga diblokir oleh pihak bank karena di sinyalir ada transaksi mencurigakan.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Cara Mengatasi Kartu ATM Tidak Dapat Diproses

Jika sudah tahu mengenai penyebabnya, maka Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Di mana cara mengatasi kenapa kartu ATM tidak dapat diproses yaitu dengan datang ke kantor cabang bank terkait ATM yang Anda miliki.

1. Datang ke Kantor Bank

Silakan datang ke kantor cabang bank terkait sesuai dengan rekening Anda dengan membawa syarat seperti kartu ATM, buku tabungan, KTP/SIM/Paspor dan informasi nama ibu kandung.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Tiba di kantor Anda akan diarahkan oleh security untuk ambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor tersebut dipanggil oleh customer service.

3. Sampaikan Maksud Kedatangan

Saat giliran nomor antrean Anda dipanggil, silakan sampaikan maksud tujuannya yaitu mengurus kartu ATM rusak, kartu ATM valid thru maupun kartu ATM terblokir.

4. Pemprosesan Oleh Customer Service

Setelah itu customer service akan mulai memprosesnya, jika dikarenakan kartu ATM rusak dan masa berlaku habis maka Anda akan diberi kartu baru. Sedangkan untuk kartu tidak dapat diproses karena terblokir, maka hanya membuka blokirnya saja.

Baca  √ ATM BNI Syariah Tidak Bisa Tarik Tunai : 8 Penyabab & Solusi

5. Berhasil

Setelah itu silakan tunggu customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM dan meminta Anda buat PIN baru. Jika sudah demikian maka cara mengatasi kartu ATM tidak dapat diproses berhasil.

Lalu Apakah Ada Biaya Saat Mengatasi?

Secara umum untuk pergantian kartu ATM akan dikenai biaya Rp 10.000 – Rp 25.000 tergantung dengan jenis kartu ATM dan bank penerbitnya. Antara BRI, BNI, Mandiri, BCA dan lainnya memberlakukan biaya berbeda. Sedangkan untuk membuka kartu ATM terblokir, maka akan dikenai biaya Rp 5.000.

Seperti itulah kiranya informasi terkait kenapa kartu ATM tidak dapa diproses lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Semoga adanya pembahasan yang pakaiatm.com sampaikan di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements