SMS Banking BNI Tidak Masuk ? Ini 10 Penyebab & Solusinya

SMS Banking BNI Tidak Masuk – Berbagai bank di tanah air selalu memberikan layanan terbaik kepada setiap nasabahnya, tidak terkecuali bagi Bank Negara Indonesia atau BNI. Berbagai layanan entah offline maupun online telah ditawarkan pada nasabahnya guna urusan transaksi perbankan.

Advertisements

Untuk layanan offline ada gerai ATM yang tersebar hampir di seluruh daerah dan penjuru kota. Sedangkan untuk layanan online ada layanan e-Banking baik Mobile Banking, Internet Banking atau SMS Banking. Anda bisa menikmati layanan e-Banking tersebut maka silakan daftar/aktivasi dahulu.

Mungkin salah satu layanan online yang kerap digunakan oleh nasabah bank BNI adalah Mobile Banking, bukan menutup kemungkinan jika SMS Banking juga masih banyak penggunanya. Dengan layanan SMS Banking, nantinya bisa lakukan transaksi dengan kirim SMS dengan format SMS Banking BNI sesuai ketentuan.

Advertisements

Transaksi dimaksud sendiri seperti misalnya cek saldo, transfer, mutasi rekening, pembayaran dan beberapa transaksi lainnya. Nah dalam proses transaksi tersebut terkadang ada saja kendala yang dapat menghampiri. Seperti misalnya SMS Banking BNI tidak masuk saat sedang ditunggu-tunggu.

SMS Banking BNI Tidak Masuk

SMS Banking BNI Tidak Masuk

Mengenai permasalahan SMS Banking BNI tidak masuk tersebut tentunya akan ditanyakan oleh nasabah yang sedang transaksi dan membutuhkan informasi terkait didalamnya. Lalu apa sebenarnya penyebab dan cara mengatasi SMS Banking BNI tidak dapat masuk saat bertransaksi? Ini penjelasan lengkapnya.

Advertisements

Penyebab SMS Banking BNI Tidak Masuk

Penyebab SMS Banking BNI Tidak Masuk

Tentu hal pertama yang ditanyakan oleh para nasabah saat menemui permasalahan ini adalah apa penyebab yang menjadikan hal tersebut terjadi. Secara umum SMS Banking tidak masuk terjadi karena beberapa faktor, diantara faktor tersebut pokok permasalahan bisa diakibatkan oleh:

Baca  Livin by Mandiri Error ? Ini Penyebab & Solusinya

1. Nomor Belum Terdaftar

Penyebab pertama, notifikasi SMS Banking tidak masuk terjadi karena karena nomor yang digunakan untuk melakukan transaksi rupanya belum terdaftar. Biasanya ini terjadi saat Anda melakukan registrasi namun nasabah BNI justru tidak mengaktivasinya di ATM setelah ada permohonan pengaktifan.

2. Provider Ada Masalah

Penyebab kedua kenapa SMS Banking tidak mendapatkan notifikasi adalah bisa dikarenakan adanya gangguan dari provider yang tidak disalahkan. Di mana semua orang yang menggunakan nomor HP dengan provider yang sama akan alami hal serupa.

2. Adanya Gangguan Jaringan

Penyebab ketiga SMS Banking tidak masuk dikarenakan oleh adanya gangguan jaringan. Umumnya hal ini terjadi karena lokasi Anda tidak mendukung jaringan atau layanan provider komunikasi yang digunakan secara baik. Sehingga nomor HP terdaftar tidak menangkap sinyal dan notifikasi SMS tidak masuk.

4. Perangkat Kurang Kompatibel

Penyebab keempat SMS Banking tidak masuk terjadi akibat perangkat yang digunakan tidak kompatiabel. Seperti misalnya Anda lupa akan setting atau pengaturan yang kurang tepat. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika perlu ada perizinan tertentu, terutama untuk perangkat baru.

5. Transaksi Dibawah Minimal

Selain beberapa penyebab di atas, SMS notifikasi tidak masuk juga bisa terjadi karena ketentuan minimal transaksi. Misalnya seperti saat proses transfer pihak bank biasanya BRI menetapkan minimal nominal transaksi agar nasabah bisa mendapat notifikasi SMS Banking setelah bertransaksi.

Cara Mengatasi SMS Banking BNI Tidak Masuk

Cara Mengatasi SMS Banking BNI Tidak Masuk

Advertisements

Jika sudah tahu akan penyebab yang menjadikan notifikasi SMS Banking BNI gagal masuk setelah lakukan transaksi, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Ada beberapa hal yang bisa membantu nasabah mengatasi permasalahan berupa SMS Banking tidak masuk.

Baca  10 Cara Cek Nomor Rekening BNI Terbaru 2022

1. Pastikan Nomor Sudah Terdaftar

Langkah awal adalah dengan memastikan jika nomor HP sudah terdaftar di layanan SMS Banking. Jika pun belum terdaftar, maka segera untuk daftar dan aktivasi BNI SMS Banking BNI di ATM. Lalu seperti apa cara registrasi dan aktivasi BNI SMS Banking? Ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama silakan datang ke gerai ATM BNI terdekat.
  • Langsung saja masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM.
  • Pilih bahasa dan masukkan PIN ATM BNI.
  • Lanjut ke menu “Registrasi e-Channel”.
  • Kemudian pilih “BNI SMS Banking”.
  • Masukkan nomor ponsel/HP yang ingin didaftarkan.
  • Lalu Anda akan diminta membuat PIN BNI SMS Banking (6 digit).
  • Setelah itu akan muncul SMS pada nomor terdaftar berupa kode OTP aktivasi finansial. Silakan masukkan kode OTP tersebut.
  • Jika sudah mesin ATM akan mengeluarkan struk aktivasi dan menerima aktivasi jika telah berhasil.

Selain itu Anda bisa lakukan cara aktifkan SMS Banking BNI lewat HP dengan hubungi call center BNI. Namun untuk menghubungi tersebut, siapkan dahulu mengenai pulsa minimal Rp 20 ribu, karena nantinya akan ada biaya panggilan.

Dengan daftar serta aktivasi di atas, maka otomatis nomor HP terdaftar sudah bisa guna melakukan transaksi finansial. Nantinya setelah melakukan transaksi Anda akan mendapat sebuah notifikasi SMS Banking.

2. Tunggu Sampai Provider Pulih

Sedangkan permasalahan SMS Banking tidak masuk dikarenakan ada gangguan para provider yang digunakan, cara mengatasinya adalah hanya perlu menunggu sampai provider kembali pulih. Dengan begitu otomatis notifikasi SMS Banking akan masuk sendirinya.

Namun untuk lama waktu dalam proses menunggu permasalahan ini provider sedang alami gangguan atau error tidak ditentukan. Namun secara umum, permasalahan tersebut akan kembali pulih kurang dari 1 x 24 jam.

3. Pindah Lokasi yang Ada Sinyal Jaringan

Namun jika permasalahan datang karena provider tidak menangkap sinyal yang bagus, cara mengatasinya cukup mudah. Anda coba mencari tempat lain yang kiranya memiliki kekuatan sinyal lebih bagus di banding lokasi sebelumnya.

Baca  4 Cara Bayar SPMB Unsoed Lewat BNI 2022 : Teller & ATM

Dengan begitu, nantinya jika sinyal full maka akan secara otomatis pihak BNI (3346) akan mengirimkan notifikasi SMS Banking setelah Anda melakukan transaksi. Permasalahan ini sepele namun kadang menjengkelkan saat bukti transaksi sedang dibutuhkan.

4. Periksa Pengaturan Perangkat

Lalu jika SMS Banking tidak masuk karena pengaturan perangkat atau perizinan tidak tepat. Maka Anda perlu mengatasi dengan cara mengubah pengaturan tersebut agar notifikasi SMS Banking bisa masuk setelah lakukan transaksi.

Mengenai pengaturan perizinan ini sendiri, nantinya hanya bisa dilakukan oleh beberapa perangkat/HP tertentu saja. Itu dikarenakan ada HP yang sudah bisa langsung menerima walaupun tidak melakukan pengaturan perizinan.

5. Memastikan Nominal Transaksi Diatas Ketentuan

Cara terakhir yang bisa dilakukan guna mengatasi SMS Banking tidak masuk setelah transaksi adalah dengan memastikan jika nominal transaksi tidak kurang dari minimal ketentuan. Jadi, jika ingin mendapatkan notifikasi SMS Banking tersebut, tentu Anda harus lakukan transaksi di atas nominal ketentuan.

Seperti contoh, saat Anda melakukan transaksi kirim uang atau transfer dengan layanan SMS Banking dengan nominal kurang dari batas ketentuan yaitu Rp 50 ribu dan ketentuan minimal Rp 100 ribu, maka otomatis SMS notifikasi tidak bisa didapatkan oleh Anda para nasabah.

Catatan : Jika cara di atas tidak berhasil, silakan hubungi call center BNI di 1500046 guna meminta bantuan atas permasalahan ini.

Demikian kiranya pembahasan terkait permasalahan notifikasi SMS Banking BNI tidak masuk setelah melakukan proses transaksi dapat pakaiatm.com sajikan. Adanya pembahasan SMS Banking tidak masuk di atas semoga bisa bermanfaat, terutama bagi nasabah Bank Negara Indonesia yang gunakan layanan SMS banking dan mengalami masalah serupa.

Advertisements