12 Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI Offline & Online Tanpa ke Bank

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI – Dengan memudahkan urusan transaksi setiap nasabah, pihak bank memberikan berbagai layanan fasilitas. Salah satunya seperti tersebarnya mesin ATM di berbagai pelosok daerah dan juga layanan e-Banking yang bisa membuat transaksi dijalankan secara online lewat perangkat pintar.

Layanan e-Banking itu sendiri ada Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking. Semua itu sudah diberikan oleh bank-bank di Indonesia, tidak terkecuali salah satu bank terbaik yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Dengan catatan sebelum bisa menggunakan layanan e-Banking tersebut Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Salah satu layanan e-Banking yang ramai dan mudah digunakan adalah Mobile Banking. Kendati demikian, bukan berarti layanan seperti Internet Banking dan SMS Banking dilupakan begitu saja. Rupanya masih banyak nasabah BNI yang menggunakan layanan Internet Banking dan SMS Banking guna melakukan transaksi finansialnya.

Namun di pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com bukan akan bahas mengenai cara daftar SMS Banking BNI, Internet Baning BNI atau Mobile Banking BNI, melainkan akan bahas mengenai cara menonaktifkan SMS Banking BNI. Mungkin ada dari Anda yang bertanya mengenai hal ini saat dirasa tidak akan menggunakan kembali layanan SMS Banking guna melakukan transaksi.

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

Alasan Menonaktifkan SMS Banking BNI

Mengenai menonaktifkan SMS Banking BNI itu sendiri ada beberapa alasan yang dilontarkan oleh nasabah. Namun secara umum, menonaktifkan SMS Banking ini dilakukan saat nasabah BNI jarang menggunakannya. Selain itu ada beberapa faktor lain yang menyebabkan nasabah BNI menonaktifkan layanan SMS Banking ini, seperti misalnya:

  • Lupa akan PIN transaksi SMS Banking.
  • Telah menggunakan layanan Mobile Banking atau Internet Banking.
  • Terlalu ribet karena perlu memasukkan format SMS Banking saat ingin lakukan transaksi.
Baca  14 Cara Buka Rekening BSI Online 2022 : Syarat & Setoran Awal

Itu dia beberapa alasan dari para nasabah BNI yang menonaktifkan layanan SMS Banking. Sebenarnya di setiap nasabah memiliki alasan tersendiri saat ingin menonaktifkan, hanya secara umum kondisi tersebutlah yang menjadi alasan utama.

Syarat Menonaktifkan SMS Banking BNI

Syarat Menonaktifkan SMS Banking BNI

Untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BNI, terdapat beberapa syarat ketentuan yang perlu disiapkan guna memperlancar proses menonaktifkan. Syarat tersebut hanya berupa identitas diri dan kepemilikan rekening BNI. Untuk lebih jelas syarat apa saja yang diperlukan, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Buku rekening tabungan BNI.
  • Nomor HP terdaftar atau yang digunakan untuk mendaftar layanan SMS Banking.
  • HP yang digunakan untuk mengakses SMS Banking.

Setelah tahu akan semua syarat ketentuan yang harus dilengkapi guna menonaktifkan SMS Banking BNI di atas. Selanjutnya Anda tinggal mengetahui pembahasan terkait cara menonaktifkannya.

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

Berbicara mengenai cara menonaktifkan SMS Banking terkadang jarang dan tidak dipahami oleh beberapa nasabah. Dengan begitu akan muncul pertanyaan terkait bagaimana cara menonaktifkan layanan SMS Banking tersebut. Tidak jauh berbeda dengan cara menonaktifkan SMS Banking BRI, nasabah BNI bisa menonaktifkannya lewat dua cara yaitu menonaktifkan secara online atau offline.

Menonaktifkan Tanpa ke Bank (Online)

Menonaktifkan Tanpa ke Bank Online

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan layanan SMS Banking adalah menonaktifkan secara online tanpa harus ke bank dan hanya lewat HP. Lalu seperti apa langkahnya? Lebih jelas mengenai cara menonaktifkan SMS Banking BNI tanpa ke bank tersebut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah awal, silakan hubungi call center BNI di nomor 1500046 lewat perangkat yang digunakan.
  • Jika telah tersambung, langsung saja sampaikan jika Anda ingin mematikan layanan SMS Banking BNI.
  • Dengan begitu, customer service/petugas akan meminta informasi terkait nama, nomor rekening dan nomor HP terdaftar.
  • Setelah itu customer service akan mulai memproses dan memverifikasi data yang telah ada.
  • Jika semua data telah terverifikasi, maka Anda akan menerima pesan SMS dengan isi yang menyatakan bahwa SMS Banking BNI berhasil nonaktifkan.
  • Setelah itu maka proses menonaktifkan SMS Banking BNI telah berhasil dan selesai.
Baca  40 Cara Membuat ATM BNI Mudah dan Cepat 2022

Untuk proses menghubungi call center BNI lewat nomor HP nantinya akan membutuhkan sebuah biaya panggilan. Dengan begitu, sebelum mulai melakukan proses penonaktifan SMS Banking tersebut alangkah baiknya siapkan pulsa minimal Rp 20 ribu guna kelancaran saat pemprosesan.

Menonaktifkan di Kantor Cabang (Offline)

Menonaktifkan di Kantor Cabang Offline

Cara kedua mematikan SMS Banking BNI yaitu dengan cara datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan yang tadi sudah dijelaskan di atas. Seperti apa langkah pemprosesannya? Bisa dilihat maupun diikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, silakan datang ke kantor cabang bank BNI terdekat dengan membawa semua syarat ketentuan.
  • Jika sudah sampai, silakan langsung mengambil nomor antrean dan tunggu nomor antrean dipanggil customer service.
  • Tiba giliran nomor antrian dipanggil, silakan untuk temui customer service dan sampaikan maksud tujuan yaitu ingin menonaktifkan SMS Banking.
  • Dengan begitu customer service akan mulai memproses dengan cara meminta syarat ketentuan dan melakukan verifikasi data.
  • Anda hanya perlu menunggu sampai proses penonaktifan SMS Banking BNI selesai dilakukan customer service.
  • Jika telah selesai proses penonaktifan tersebut, maka customer service akan memberi tahu Anda.

Mengenai cara menonaktifkan SMS Banking di kantor cabang bank BNI dengan meminta bantuan customer service di atas tidak dikenai biaya apapun alias gratis. Jadi Anda nantinya tidak perlu mengeluarkan uang sebagai biaya apapun dalam pemprosesannya.

Hal Terjadi Saat Menonaktifkan SMS Banking BNI

Setelah menonaktifan SMS Banking di atas, selanjutnya Anda akan alami beberapa hal yang sebelumnya didapatkan saat masih aktif. Adapun hal yang terjadi saat menonaktifkan SMS Banking BNI misalnya seperti:

  • Sudah tidak bisa rasakan lagi adalah kemudahan  mengganti PIN di rumah.
  • Kemudahan transaksi seperti transfer, cek saldo, dan lainnya terasa akan semakin terbatas.
  • Selain itu, saat ini lain SMS Banking saat ini sudah memiliki aplikasi resmi, jadi penggunaan layanan akan lebih nyaman.
Baca  √ Lupa PIN Token BNI 2022 : Syarat, Cara Mengatasi & Biaya

Mungkin seperti itulah cara mudah menonaktifkan atau mematikan layanan SMS Banking BNI baik menonaktifkan secara offline maupun online yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan adanya pembahasan terkait cara menonaktifkan SMS Banking di atas semoga bisa bermanfaat bagi nasabah Bank Negara Indonesia yang membutuhkan.