ATM BNI Error Hari Ini ? Begini Penyebab & Cara Mengatasi

ATM BNI Error Hari Ini – Dengan menjadi nasabah bank, tidak terkecuali Bank Negara Indonesia. Nantinya setelah berhasil buka rekening tabungan dari jenis tabungan yang Anda, nantinya Anda akan diberikan sebuah kartu ATM untuk bertransaksi di mesin ATM.

Advertisements

Transaksi itu sendiri seperti misalnya cek saldo, transfer, pembayaran, beli pulsa, mutasi rekening, setor tunai dan lainnya. Bahkan Anda bisa menggunakan kartu ATM BNI yang didapat setelah pembukaan rekening untuk melakukan pembayaran di mesin EDC.

Mengenai transaksi di mesin ATM BNI, nantinya tidak semua berjalan lancar serta ada kalanya mengalami error. Seperti misalnya error ATM BNI tidak bisa tarik tunai, error tidak bisa melakukan transfer, dan tidak bisanya lakukan transaksi lainnya.

Advertisements

Bahkan ATM BNI juga akan memunculkan sebuah keterangan pada layar seperti misalnya keterangan error “Penyalahgunaan Kartu, Silakan Ambil Kartu Anda”, “Maaf, untuk sementara ATM tidak dapat dipergunakan” dan keterangan error lainnya.

ATM BNI Error Hari Ini

ATM BNI Error Hari Ini

Mengenai ATM BNI error hari ini dan menemui permasalahan keterangan seperti itu, maka pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi ATM error tersebut. Jadi terus simak pembahasan ATM BNI error ini sampai akhir.

Advertisements

Penyebab ATM BNI Error Hari Ini

Berbicara mengenai penyebab sendiri, ATM error dengan menunjukkan keterangan “Penyalahgunaan Kartu, Silakan Ambil Kartu Anda”. Terjadi karena beberapa faktor, namun secara umum penyebab error ATM BNI itu sendiri seperti misalnya.

Baca  20 Cara Buka Blokiran ATM BNI 2021 : Offline & Online Tanpa Ke Bank

1. Ada Gangguan Jaringan ATM BNI

Pertama, ATM BNI error bisa terjadi karena sedang ada gangguan pada jaringan ATM BNI. Sehingga saat melakukan transaksi dan baru memasukkan kartu layar ATM BNI memunculkan keterangan tersebut, serta otomatis kartu ATM keluar.

2. Ada Indikasi Pencurian Data ATM

Kedua, ATM BNI error juga bisa terjadi karena ada indikasi pencurian data dan ada transaksi yang mencurigakan, sehingga pihak bank BNI secara otomatis memblokir kartu ATM. Sehingga saat menggunakan kartu ATM untuk transaksi di mesin ATM memunculkan error dengan keterangan tersebut.

3. Kartu ATM Expired

Ketiga, bisa saja error datang dari kartu ATM BNI yang Anda gunakan. Seperti kartu ATM sudah expired, kadaluarsa atau sudah tidak aktif. Anda bisa memastikan kartu ATM BNI Anda kadaluarsa atau belum dengan melihatnya di fisik kartu bagian depan.

Advertisements

Cara Mengatasi ATM BNI Error Hari Ini

Jika sudah tahu penyebab umum yang menjadikan kartu ATM BNI error di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Penyelesaian masalah tersebut, perlu menyesuaikan dengan faktor penyebabnya. Jadi inilah beberapa cara mengatasinya:

1. Tunggu Jaringan Kembali Normal

Jika ATM BNI error dikarenakan oleh adanya gangguan jaringan, maka Anda hanya perlu menunggu sampai jaringan kembali normal. Untuk lama ATM BNI error atau gangguan sendiri tidak menentu dan disampaikan oleh pihak BNI, jadi cek secara berkala.

Namun untuk memastikan jika ATM BNI yang digunakan error, maka bisa gunakan ATM BNI di tempat lain. Jika tetap tidak bisa silakan gunakan ATM lain (BRI, Mandiri, BRI dan lainnya) atau ATM bersama.

2. Buka Blokir & Ganti Kartu di Kantor Cabang

Namun jika ATM BNI error akibat telah diblokirnya kartu ATM oleh pihak bank BNI dan kartu ATM BNI yang sudah expired. Maka Anda tinggal mendatangi kantor cabang bank BNI untuk membuka blokir atau mengganti kartu ATM.

Baca  25 Cara Mengatasi ATM BNI Tertelan dengan Baik dan Benar

Untuk kelancaran pemprosesan di kantor cabang bank BNI, Anda juga perlu melengkapi syarat ketentuan seperti membawa kartu identitas (KTP/ SIM/ Paspor), buku rekening tabungan, kartu debit / ATM BNI. Jika sudah ikuti langkah-langkah pemprosesan berikut:

  • Silakan datangi kantor cabang BNI terdekat dengan lokasi Anda berada.
  • Biasanya satpam akan menanyakan maksud tujuan, langsung saja sampaikan. Dengan begitu satpam akan membantu Anda mengambil nomor antrean.
  • Silakan tunggu nomor antrean tersebut sampai di panggil CS bank BNI.
  • Tiba giliran Anda dipanggil, sampaikan maksud tujuan yaitu ingin buka blokir atau ganti kartu ATM BNI akibat expired.
  • Dengan begitu, pihak CS BNI akan mulai memprosesnya.
  • Anda hanya perlu menunggu sampai CS selesai buka blokir atau menyerahkan kartu ATM BNI baru.

Untuk buka pemblokiran (unblock) biasanya akan dikenai biaya Rp 5.000, sedangkan ganti kartu ATM BNI dikenai biaya Rp 15.000.

Call Center BNI

Jika alami error pada ATM saat transaksi, alangkah baiknya Anda tenang dan tidak panik terlebih dahulu. Namun bagi Anda yang cemas bisa untuk menghubungi pihak bank BNI melalui call center untuk meminta bantuan. Ini dia call center BNI yang bisa dihubungi:

  • BNI Call : 1500046
  • Telepon : +62-21-2511946
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Twitter : @BNI
  • Facebook : @BNI
  • Instagram : BNI46
  • Website : https://www.bni.co.id/

Catatan : ATM BNI error secara umum terjadi karena adanya gangguan jaringan atau sedang ada pemeliharaan atau maintenance.

Demikian kiranya informasi mengenai ATM BNI error hari ini yang dapat pakaiatm.com sampaikan untuk Anda semua. Semoga adanya pembahasan error ATM BNI di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua, terutama nasabah BNI yang alami hak serupa.

Advertisements