√ Buku Tabungan BTN Hilang 2021 : Syarat & Cara Mengurus

Buku Tabungan BTN Hilang – Hilang maupun kehilangan buku tabungan mungkin menjadi salah satu hal yang bisa saja terjadi bagi sebagian nasabah bank. Tidak terkecuali bagi para nasabah bank BTN (Bank Tabungan Negara).

Dengan begitu, jika sampai mengalami hilang buku tabungan tersebut, nasabah harus segera mengurusnya kembali. Hal itu karena bahaya buku tabungan bisa disalahgunakan oleh orang yang menemukan dan tidak bertanggung jawab.

Nah bagi Anda para nasabah BTN yang mengalami kehilangan buku tabungan dan bingung mengenai cara mengurusnya. Pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan secara lengkap mengenai syarat dan cara mengurusnya.

Bisa dikatakan sama seperti hilangnya bukti tabungan bank-bank lain seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya. Nasabah nantinya hanya perlu melakukan pergantian buku tabungan baru di kantor cabang bank BTN.

Buku Tabungan BTN Hilang

Mengenai hal itu, agar nasabah BTN yang kehilangan buku tabungan lebih jelas lagi. Berikut akan disampaikan secara lengkap pembahasannya di bawah ini. Jadi terus untuk simak dan ikuti pembahasan tentang buku tabungan hilang sampai akhir.

Syarat Diperlukan Mengurus Buku Tabungan Hilang

Syarat Diperlukan Mengurus Buku Tabungan Hilang

Seperti biasa, sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengurus buku tabungan hilang. Para nasabah BTN yang kehilangan buku tabungan, terlebih dahulu untuk tahu akan syarat apa saja yang nantinya diperlukan.

Mengenai syarat sendiri hampir sama seperti kebanyakan pengurusan buku tabungan hilang dari bank-bank lainnya. Di mana nasabah nantinya hanya perlu melengkapi beberapa syarat atau dokumen seperti misalnya:

  • Surat kehilangan dari kepolisian. Dengan begitu, nasabah BTN harus datang ke kantor kepolisian.
  • Identitas diri dari pemilik tabungan BTN (KTP, paspor atau lainnya).
  • Kartu debit/ATM BTN.
  • Identitas orang tua (ibu kandung), biasanya hal ini akan ditanyakan oleh customer service nantinya.

Cara Mengurus Buku Tabungan BTN Hilang

Cara Mengurus Buku Tabungan BTN Hilang

Jika sudah tahu syarat apa saja yang diperlukan untuk urus buku tabungan hilang, maka selanjutnya Anda hanya perlu tahu cara mengurusnya. Untuk langkah pengurusan sendiri tidak jauh berbeda dengan cara mengurus BUKU TABUNGAN BRI HILANG, di mana nasabah harus mendatangi ke kantor cabang bank BTN terdekat.

1. Datangi Kantor Cabang BTN

Pertama, silakan Anda datang ke kantor cabang bank BTN terdekat dengan lokasi Anda berada (Bank tempat pembukaan rekening) dengan membawa semua syarat-syarat apa saja yang diperlukan.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Setelah sampai di kantor bank BTN, silakan untuk langsung ambil nomor antrean. Kemudian tunggu nomor antrean tersebut sampai dipanggil oleh customer service BTN.

3. Sampaikan Tujuan Kedatangan

Tiba giliran nomor antrean Anda, silakan untuk temui customer service dan sampaikan maksud kedatangan yaitu ingin mengurus buku buku tabungan yang hilang. Dengan begitu, customer service BTN akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar kehilangan tersebut.

4. Pemprosesan

Langkah selanjutnya, pihak customer service BTN akan segera mulai memproses penggantian buku tabungan BTN baru. Dengan terlebih dahulu customer service meminta syarat diperlukan.

5. Berhasil

Selanjutnya tunggu sebentar sampai customer service BTN selesai melakukan pemprosesan dan memberikan buku tabungan baru kepada Anda. Jika sudah demikian, maka mengurus buku tabungan hilang sudah berhasil.

Proses pengurusan ini membutuhkan waktu kurang dari 30 menit setelah Anda berhasil menyampaikan maksud kedatangan dan juga memberikan persyaratan apa saja yang diperlukan kepada customer service BTN.

Biaya Ganti Buku Tabungan BTN Hilang

Biaya Ganti Buku Tabungan BTN Hilang

Mengenai pengurusan atau mengatasi buku tabungan hilang ini sendiri pihak BTN juga nantinya akan memberikan ketentuan biaya yang dibutuhkan. Dengan begitu, jangan lupa siapkan uang tunai untuk bayar biaya ganti buku tabungan baru.

Selain itu, nasabah juga bisa minta memotong langsung dari saldo rekening BTN-nya. Mengenai biaya ganti buku tabungan BTN hilang sendiri sama seperti BIAYA BUKU TABUNGAN MANDIRI HILANG yaitu sebesar Rp 15.000.

Mungkin seperti itu saja yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai syarat dan cara mengurus buku rekening tabungan yang hilang. Dengan adanya informasi buku tabungan hilang di atas semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.