13 Cara Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri 2021 : Syarat & Biaya Admin

Cara Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri – Dengan pembukaan rekening tabungan Mandiri, seorang nasabah nantinya akan mendapatkan berbagai fasilitas. Seperti misalnya buku tabungan, kartu ATM dan fasilitas mesin ATM.

Yang mana dengan kartu ATM tersebut nasabah bank Mandiri nantinya dapat melakukan transaksi perbankan seperti tarik tunai, setor tunai, PENGECEKAN SALDO, pembayaran maupun transaksi lainnya di mesin ATM Mandiri.

Tidak hanya itu saja, ternyata ATM Mandiri sudah bisa digunakan untuk melakukan bayar NPWP. Dan ini sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau disingkat DJP, tidak hanya ATM Mandiri saja melainkan beberapa ATM bank lain.

Dengan begitu, para wajib pajak NPWP akan semakin dimudahkan dalam urusan bayar membayarnya. Namun terkadang banyak nasabah Mandiri yang juga masih bingung mengenai bagaimana cara bayar tersebut.

Cara Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sampaikan informasinya secara lengkap bagaimana cara bayar NPWP itu sendiri. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Syarat Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri

Syarat Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri

Sebelum berlanjut membahas bagaimana cara bayar NPWP itu sendiri, lebih baiknya Anda tahu syarat maupun persyaratan diperlukan nantinya. Agar saat proses bayar di mesin ATM Mandiri bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,

Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus untuk pembayaran NPWP lewat ATM Mandiri. Yang mana para wajib bayar hanya perlu siapkan KARTU ATM MANDIRI dan kartu NPWP (nomor NPWP) saja. Jika sudah melengkapi keduanya, maka bisa langsung untuk memulai pembayaran NPWP tersebut.

Langkah Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri

Setelah tahu akan syarat apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bayar NPWP lewat ATM Mandiri. Maka Anda hanya perlu langsung untuk memulai proses pembayarannya, di mana cara bayar NPWP ini tidak juah berbeda dengan CARA BAYAR NPWP LEWAT ATM BRI, BCA atau lainnya.

1. Datang Gerai Masin ATM Mandiri

Pertama, Anda hanya perlu datang ke gerai mesin ATM Mandiri terdekat dengan membawa persyaratan tadi.

2. Masukkan kartu ATM ke Mesin ATM

2. Masukkan Kartu ATM ke Mesin ATM 1

Setelah sampai, langsung saja untuk masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke mesin ATM Mandiri. Jangan sampai terbalik dalam memasukkan kartu ATM-nya.

3. Pilih Bahasa & Masukkan PIN

3. Pilih Bahasa Masukkan PIN

Kemudian Anda akan diminta untuk Pilih Bahasa dan masukkan 6 digit PIN ATM Mandiri. Dalam memasukkan PIN ATM, jangan sampai salah sebanyak 3 kali, karena nantinya kartu ATM Mandiri dapat terblokir.

4. Pilih Transaksi Lainnya

4. Pilih Transaksi Lainnya

Jika sudah, maka akan ada layar tampilan utama. Anda hanya perlu tekan menu TRANSAKSI LAINNYA.

5. Pilih Lainnya

5. Pilih Lainnya

Lanjut dengan pilih menu LAINNYA.

6. Pilih Penerimaan Negara

6. Pilih Penerimaan Negara

Anda akan dibawa ke menu tampilan layar baru dan berisikan beberapa menu ada seperti Penerimaan Negara, Angsuran, BPJS, Asuransi, Tiket, Zakat, Retailer dan Lainnya. Pilih dan tekan yang PENERIMAAN NEGARA.

7. Pilih Buat ID Billing Pajak

7. Pilih Buat ID Billing Pajak

Kemudian langsung saja tekan menu BUAT ID BILLING PAJAK.

8. Masukkan Nomor NPWP

8. Masukkan Nomor NPWP

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor NPWP. Masukkan 15 digit nomor NPWP, jika sudah, tekan BENAR.

9. Pilih PPH PSL 21 PPH PSL 25 BDN

9. Pilih PPH PSL 21 PPH PSL 25 BDN

Nantinya ada beberapa menu, Anda langsung saja tekan menu PPH PSL 21 PPH PSL 25 BDN.

10. Masukkan Masa Pajak

10. Masukkan Masa Pajak

Selanjutnya wajib pajak NPWP akan diminta untuk memasukkan masa pajak akan di bayar, di mana nantinya hanya perlu masukkan bulan (angka) + Tahun. Kemudian tekan BENAR.

11. Masukkan Jumlah Pajak Dibayar

11. Masukkan Jumlah Pajak Dibayar

Kemudian, lanjut dengan masukkan jumlah /nominal NPWP yang akan di bayar dengan menekan tombol angka pada mesin ATM.

12. Muncul Layar Konfirmasi

12. Muncul Layar Konfirmasi

Terakhir, Anda akan diberikan menu layar konfirmasi, mengenai pembayaran NPWP tersebut. Yang mana isinya ada nomor NPWP, nama, alamat, masa, nominal dan kode billing.

Ada juga pertanyaan “LANJUTKAN PEMBAYARAN?”, maka langsung saja untuk tekan YA untuk mengakhir transaksi bayar NPWP lewat Mandiri.

13. Berhasil

13. Berhasil

Tunggu sebentar sampai mesin ATM Mandiri selesai memproses dan mengeluarkan struk/resi tanda bayar yang menunjukkan jika Anda berhasil dalam melakukan pembayaran.

Biaya Admin Bayar NPWP Lewat ATM Mandiri

Lalu banyak pertanya seperti ini, “Berapa Biaya Admin Saat Melakukan Bayar NPWP di ATM Mandiri?”. Jawabannya ialah gratis atau tidak dikenakan biaya. Jadi bagi Anda para wajib bayar dan kebetulan membayarkan lewat ATM Mandiri, maka tidak perlu khawatir terkena biaya adminnya.

FAQ

1. Bank atau ATM Apa Saja yang Sudah Bisa Digunakan Untuk Bayar Pajak NPWP?

Hampir semua bank nasional yang ada, seperti misalnya BRI, BCA, BNI, CIMB Niaga dan lainnya.

2. Jatuh Tempo Bayar Pajak NPWP?

Paling lambat 15 hari setelah berakhirnya masa pajak.

3. Berapakah Denda Terlambat Bayar NPWP?

Pribadi Rp 100.000 dan bagi badan Rp 1.000.000.

Mungkin itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai bagaimana cara bayar NPWP lewat ATM Mandiri. Semoga dengan adanya cara di atas dapat membantu Anda semua, terutama para wajib pajak NPWP yang kebetulan merupakan nasabah Mandiri.