15 Cara Cetak Rekening Koran BNI Direct & Nota Transaksi

Cara Cetak Rekening Koran BNI Direct – Membutuhkan ringkasan transaksi keuangan yang pernah terjadi pada rekening? Melakukan cetak rekening koran atau cetak nota transaksi mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Advertisements

Rekening koran sendiri adalah ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi pada periode maupun waktu tertentu pada rekening bank yang dimiliki oleh individu atau perusahaan di lembaga keuangan.

Mengenai cetak rekening koran tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh nasabah bank. Bisa lewat layanan Mobile Banking, Internet Banking atau cetak rekening koran dengan datang ke kantor cabang bank terkait secara langsung.

Advertisements

Nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi mengenai cara cetak rekening koran di layanan BNI Direct. Mungkin bagi perusahaan yang sudah daftar BNI Direct bisa manfaatkan cara cetak rekening koran ini.

Cara Cetak Rekening Koran BNI Direct

Namun seperti apa cara cetak rekening korannya? Agar lebih jelas mengenai cara cetak koran tersebut, silakan simak dan ikuti pembahasan yang akan kami sajikan secara lengkap di bawah ini. Sehingga tahu akan proses cetak rekening koran tersebut.

Advertisements

Apa Itu Rekening Koran BNI Direct

Bagi yang belum jelas apa itu rekening koran BNI Direct, maka perlu dipahami terlebih dahulu. Di mana rekening koran BNI Direct yaitu ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi pada periode tertentu di rekening bank BNI yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca  3 Cara Bayar Premi Prudential Lewat ATM BNI Terbaru 2021

Dengan melakukan cetak rekening koran, nantinya perusahaan bisa mengetahui transaksi debit atau kredit yang pernah dilakukan. Jika perusahaan membutuhkan rincian keuangan tersebut, maka tinggal lakukan pencetakan rekening koran untuk penghitungan ulang.

Dengan adanya fitur cetak rekening koran ini, menjadikan perusahaan tidak perlu mengunjungi kantor bank BNI hanya untuk lakukan pencetakan/print rekening koran dan nota bukti transaksi. Dalam hal ini tentu saja akan lebih efesien dalam penghematan waktu.

Syarat Cetak Rekening Koran

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara cetak rekening koran BNI Direct, alangkah baiknya Anda mengetahui syarat apa saja yang diperlukan guna kelancaran proses cetak rekening koran. Adapun syarat ketentuan itu sendiri seperti:

  • Sudah daftar BNI Direct dan mendapat user ID dan password guna login.
  • Menyiapkan perangkat seperti HP, Laptop atau komputer.
  • Perangkat terhubung dengan koneksi internet lancar guna pembukaan browser.
  • Nomor rekening yang nantinya akan dilakukan cetak rekening koran.

Syarat-syarat di atas mudah untuk dilengkapi, yang utama pastikan jika sudah daftar dan memiliki user ID serta password guna akses login ke laman BNI Direct. Pendaftaran BNI Direct bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang bank BNI terdekat.

Cara Cetak Rekening Koran BNI Direct

Jika belum tahu langkah maupun cara cetak rekening koran BNI Direct tersebut, tidak perlu khawatir akan hal itu. Karena di pembahasan di bawah ini akan disampaikan secara lengkap proses cetak rekening koran BNI Direct. Ini dia cara cetak rekening koran tersebut.

1. Silakan Login BNI Direct

Langkah awal untuk cetak rekening koran adalah dengan login BNI Direct terlebih dahulu di perangkat yang Anda gunakan baik itu HP, PC atau laptop. Silakan masukkan Company IDUser ID dan Password guna login. Pastikan jangan sampai salah dalam memasukkan user ID dan password.

1. Silakan Login BNI Direct

2. Klik Account Information

Jika sudah Anda akan dibawa ke menu utama mengenai layanan BNI Direct. Untuk cetak rekening koran, silakan klik saja di menu “Account Information”. Setelah itu muncul opsi baru, lalu klik “Account Statement”.

2. Klik Account Information

3. Isi Tanggal Awal – Akhir Transaksi

Kemudian silakan masukkan atau isi tanggal awal sampai akhir transaksi yang ingin di cetak nantinya para rekening koran. Atur sesuai dengan kebutuhan dan transaksi yang akan dicari.

Baca  BNI Direct Tidak Bisa Diakses ? Penyebab & Cara Mengatasi

3. Isi Tanggal Awal Akhir Transaksi

4. Klik Single Account

Jika sudah maka lanjut lagi dengan klik dibagian “Single Account” dan masukkan nomor rekening yaitu nomor rekening yang ingin dilakukan pencetakan rekening koran.

4. Klik Single Account

5. Pilih Multiple Account

Lalu pilih “Multiple Account” dan di lanjut dengan memilih “Jenis Rekening” atau “Jenis Mata Uang”. Untuk bisa melihat banyak sekaligus silakan pilih “All”.

5. Pilih Multiple Account

6. Klik Show / Download

Langkah terakhir silakan klik “Show” > “Search” untuk mencari transaksi dimaksud, atau bisa juga klik “Download” untuk unduh laporan rekening koran.

6. Klik Show Download

Jika demikian maka layar akan mendampilkan informasi rincian transaksi yang pernah terjadi dan cetak rekening online di BNI Direct berhasil. Anda akan mengetahui transaksi-transaksi apa saja yang dilakukan oleh perusahaan atas rekeningnya baik itu debit atau kredit.

Advertisements

Cara Cetak Nota Transaksi BNI Direct

Selain cetak rekening koran, disini juga bisa cetak nota transaksi BNI Direct. Di mana langkah tidak jauh berbeda dengan cara di saat cetak rekening koran. Namun untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti langkahnya di bawah ini sampai akhir.

1. Klik Account Information

Pertama silakan login ke BNI Direct. Kemudian di tampilan awal setelah berhasil login klik “Account Information” setelah itu muncul opsi baru dan Anda hanya perlu klik opsi “Advice Printing” guna cetak nota transaksi.

1. Klik Account Information

2. Pilih Advice Type

Lalu lanjut klik menu “Advice Type” yang ada dibagian atas. Di sini silakan Anda pilih nota transaksi Debit atau Credit yang ingin dicetak, silakan sesuaikan dengan tujuan pencetakan.

2. Pilih Advice Type

3. Pilih Customer Account

Langkah berikutnya silakan pilih “Customer Account”.

3. Pilih Customer Account

4. Pilih Channel Ditentukan

Kemudian langsung saja pilih “Channel” yang ditentukan, alangkah baiknya atau dianjurkan yaitu pilih BNIDirect.

4. Pilih Channel Ditentukan

5. Isi Tanggal Mulai – Akhir Transaksi

Silakan isi tanggal maupun periode transaksi yang nantinya ingin dicetak pada nota.

Baca  9 Cara Cetak Rekening Koran Bank DKI 2021 : Online & Offline

5. Isi Tanggal Mulai Akhir Transaksi

6. Masukkan Nomor Referensi Transaksi

Kemudian di lanjut dengan masukkan nomor referensi transaksi. Untuk langkah ini optional atau bisa diisi maupun dikosongkan saja.

6. Masukkan Nomor Referensi Transaksi

7. Masukkan Nomor Referensi Pelanggan

Anda juga diminta masukkan nomor referensi pelanggan, sama halnya dengan langkah di atas ini juga bisa diisi atau tidak (optional). Untuk Beneficiary untuk penerima atau Remitter untuk pengirim.

7. Masukkan Nomor Referensi Pelanggan

8. Input Country Party Account Name

Di kolom Country Party Account Name juga optional, sehingga bisa diisi atau tidak.

8. Input Country Party Account Name

9. Pilih Jenis Transaksi

Terakhir Anda hanya perlu memilih jenis transaksi yang ingin dicetak pada nota. Setelah berhasil memilih silakan klik “Search”.

9. Pilih Jenis Transaksi

Jika demikian Anda sudah berhasil melakukan cetak nota transaksi BNI Direct dan mengetahui transaksi yang pernah dilakukan.

Berapa Lama Waktu Cetak Rekening Koran?

Proses cetak rekening koran tidak lama, yaitu hanya beberapa menit saja. Namun karena sudah bisa cetak rekening koran secara online, tentu jauh akan lebih simple dan praktis karena tidak perlu datang ke kantor cabang bank terdekat.

Meskipun cetak rekening koran memang dapat dicetak secara online, namun di beberapa kebutuhan data transaksi ini perlu dicetak di bank terkait secara langsung guna mendapatkan stempel atau legalisir dari pihak bank penerbitnya.

Biaya Cetak Rekening Koran?

Untuk biaya sendiri, cetak rekening koran BNI akan dibedakan setiap jenis tabungan dan giro. Jika melakukan cetak rekening koran di kantor cabang, biaya dibutuhkan berkisar dari Rp 3.000 dengan minimal cetak transaksi 1 bulan hingga Rp 10.000 untuk jangka waktu 5 tahun dan proses tidak bisa diwakilkan.

Namun untuk cetak rekening koran BNI Direct yaitu gratis tanpa pemungutan biaya. Itu karena hasil rekening koran BNI Direct berbentuk file, sedangkan untuk pencetakan bisa dilakukan manual dengan menyalinnya di Excel kemudian print.

Mungkin seperti itulah pembahasan mengenai cara cetak rekening koran BNI Direct dan cara cetak nota transaksi BNI Direct yang bisa pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya cara cetak rekening di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements