16 Cara Cetak Rekening Koran BRI Secara Offline & Online Lewat HP

Cara Cetak Rekening Koran BRI – Rekening koran merupakan ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari sebuah rekening. Dalam rekening koran, berisi data rincian alur debit dan kredit termasuk dana hasil transfer masuk atau keluar.

Sebelum berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, nasabah sebelumnya hanya bisa mengecek seluruh rincian data transaksi dari rekening koran. Adapun ketentuan terkait percetakan rekening koran di setiap bank berbeda, termasuk bank BRI.

Cara cetak rekening koran BRI bisa dilakukan secara offline langsung di seluruh jaringan kantor cabang BRI. Namun kemajuan teknologi memungkinkan nasabah untuk cetak rekening secara online lewat HP melalui fitur Internet Banking Bank BRI.

Dengan banyaknya cara, maka nasabah akan dengan mudah mengetahui seluruh rincian transaksi rekening miliknya. Dengan begitu, maka apabila sewaktu-waktu membutuhkan rekening koran nasabah bisa mencetak dengan cepat tanpa butuh waktu lama.

Kegunaan Rekening Koran BRI

Kegunaan Rekening Koran BRI

Ada berbagai manfaat dan kegunaan rekening koran BRI diantaranya sebagai berikut.

1. Mengajukan Visa

Ketika mengajukan Visa biasanya Anda akan dimintai untuk menyertakan daftar riwayat transaksi selama 3 – 6 bulan yang bisa didapat dari cetak rekening koran. Dalam hal pengajuan Visa, rekening koran menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi.

2. Mengajukan Pinjaman

Apabila Anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman bank BRI, seperti KUR BRI, KPR BRI, KKB BRI dan jenis Pinjaman dan Kredit BRI lainnya, maka biasanya pihak bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Contohnya ialah fotokopi lembar rekening koran dari bank.

Baca  Cetak Rekening Koran BNI : Syarat & Biaya 2022

3. Mengetahui Ringkasan Transaksi Rekening

Rekening koran pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti buku tabungan yang menampilkan transaksi selama kurun waktu tertentu. Dengan cetak rekening koran, Anda bisa mengetahui saldo awal sampai akhir bulan, arus debit – kredit, bunga bank, biaya administrasi bulanan dan lain sebagainya.

4. Menjadi Bukti Hukum

Kegunaan rekening koran lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai bukti hukum yang kuat. Dimana, apabila terjadi perselisihan dengan pihak lain, misalnya ketikan Anda yakin telah melakukan transfer untuk membayar belanja online, namun pihak penjual menyatakan belum ada uang masuk atas nama rekening Anda, sehingga barang pesanan tidak dapat diproses, maka Anda bisa cetak rekening koran untuk melihat BUKTI TRANSFERAN MASUK DI BRI.

5. Mengikuti Lelang

Bagi Anda yang tertarik mengikuti lelang, maka rekening koran sangat diperlukan, terutama untuk lelang proyek milik swasta ataupun pemerintah. Hal ini dikarenakan lampiran rekening koran menjadi salah satu persyaratan mengikuti lelang.

6. Audit Keuangan Perusahaan

Fungsi rekening koran dalam perusahaan ialah untuk melakukan rekan daftar keuangan, baik berupa transaksi masuk maupun keluar. Sehingga jika ada sesuatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, maka dapat segera diproses dan ditindaklanjuti.

Syarat Cetak Rekening Koran BRI

Syarat Cetak Rekening Koran BRI

Cetak rekening koran BRI, setidaknya membutuhkan waktu yang singkat bahkan hanya dalam hitungan menit. Meskipun demikian, namun cara cetak rekening koran secara offline langsung di kantor cabang BRI terdekat haruslah memenuhi persyaratan.

Syarat print out history transaksi di rekening BRI, nasabah wajib membawa dokumen buku tabungan, kartu identitas diri asli (KTP) serta kartu debit atau ATM. Selain itu, cetak rekening koran BRI juga akan dikenai biaya Rp. 25.000 per lembar yang mencakup periode waktu lebih dari 12 bulan.

Baca  Lupa PIN Kartu Kredit BRI & Cara Mengatasi Terbaru 2022

Cara Cetak Rekening Koran BRI

Cara Cetak Rekening Koran BRI

Seperti judul di atas, bahwasanya cara cetak rekening koran BRI bisa dilakukan secara offline langsung ke kantor cabang BRI ataupun secara online lewat HP via Internet Banking BRI maupun aplikasi BRImo. Cara cetak rekening koran serupa dengan CARA CEK MUTASI BRI, hanya saja rekening koran akan menampilkan riwayat transaksi lebih banyak di bandingkan mutasi.

1. Cetak Rekening Koran di Bank BRI

1. Cetak Rekening Koran di Bank BRI

Cara pertama Anda bisa print mutasi rekening secara offline langsung di kantor cabang. Namun, cetak rekening di bank BRI akan dikenai biaya sebesar Rp. 25.000 per lembar (lebih dari 12 bulan). Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Pertama, kunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan kartu debit/ATM.
  2. Setelah itu, silahkan ambil nomor antrean, atau Anda bisa meminta bantuan kepada sekuriti bank, maka nantinya akan langsung di arahkan.
  3. Setelah giliran antrean Anda, maka silahkan sampaikan keinginan Anda untuk cetak rekening koran kepada CS BRI.
  4. Selanjutnya, serahkan semua persyaratan yang diminta oleh CS BRI.
  5. Kemudian, CS BRI akan mencetak rekening koran Anda.
  6. Jika sudah tinggal terima rekening koran dan bayar biaya cetak rekening koran.

2. Cetak Rekening Koran via Internet Banking BRI

Jika Anda ingin CETAK REKENING KORAN TANPA TABUNGAN, maka Anda bisa cetak melalui internet banking BRI. Cara ini memungkinkan Anda mencetak rekening koran secara online yang bisa dilakukan lewat HP tanpa biaya admin. Adapun cara cetak rekening koran BRI tanpa biaya admin yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi internet banking BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/ lewat HP maupun PC.
  2. Setelah itu, login menggunakan user ID, Password dan nomor validasi yang tertera.
  3. Setelah berhasil masuk, silahkan tekan menu “Rekening“.
  4. Langkah berikutnya, pilih menu “Mutasi Rekening“.
    4. pilih menu Mutasi Rekening
  5. Kemudian, tinggal pilih rekening BRI Anda.
  6. Selanjutnya, tentukan periode transaksi yang ingin dicetak dengan cara klik dari tanggal dan sampai tanggal. Lalu, klik “Tampilkan“.
    6. tentukan periode transaksi yang ingin dicetak
  7. Maka selanjutnya, riwayat transaksi akan ditampilkan, klik “Print” untuk mencetak rekening koran berformat PDF.
Baca  6 Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran Bank & Contoh 2022

3. Cetak Rekening Koran via BRImo

3. Cetak Rekening Koran via BRImo

Selain lewat Internet banking, cara cetak rekening BRI lewat HP secara online juga bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo. Caranya sendiri tak jauh berbeda dengan cara cetak via internet banking yaitu sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, bukalah aplikasi BRImo di HP Anda.
  2. Kemudian, login dengan memasukkan username dan password.
  3. Selanjutnya, pilihlah menu “Mutasi“.
  4. Setelah itu, silahkan pilih periode waktu yang ingin Anda cetak.
  5. Terakhir, tinggal klik “Simpan Dalam PDF” untuk mencetak rekening koran.

Itulah beberapa cara cetak rekening koran BRI secara offline dan online lewat HP yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan berbagai cara di atas, maka kini Anda akan dengan mudah mendapatkan rekening koran jika dibutuhkan ketikan ingin mengajukan pinjaman atau kredit. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga bermanfaat.