6 Cara Ganti ATM BCA Chip 2021 : Syarat & Biaya

Cara Ganti ATM BCA Chip – Bagi nasabah bank di Indonesia baik itu BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lainnya di mana masih menggunakan fasilitas kartu ATM magnetic stripe atau kartu ATM lama. Sesuai dengan arahan dari Bank Indonesia (BI) dengan surat edaran No.17/52/DKSP, para nasabah diimbau untuk segara mengganti maupun menukar kartu tersebut ke ATM berteknologi chip.

Dalam surat edaran tersebut menyatakan jika penggunaan kartu ATM magnetic strip diperbolehkan hanya pada jenis kartu debit maupun ATM tertentu saja. Nah, jika tidak termasuk ATM yang dimaksud maka bisa saja akan terblokir. Bahkan setiap bank sudah memberlakukan BATAS AKHIR PERGANTIAN KARTU ATM LAMA.

Batas atau jadwal dari setiap bank inilah akan berbeda satu sama lain. Maka dari itu, bagi Anda yang belum menggantinya bisa segera untuk segera beralih ke ATM Chip sebelum ATM Anda terblokir dan menyebabkan tidak bisanya melakukan transaksi. Namun terkadang banyak nasabah yang belum tahu bagaimana cara ganti ATM Chip.

Bagi nasabah BCA tidak perlu khawatir akan hal itu, karena pada kesempatan bahagia ini pakaiatm.com akan sampaikan cara ganti magnetic stripe ke ATM BCA yang sudah berteknologi Chip. Jadi, bagi yang belum tahu, tidak terlalu cemas apalagi cara ganti atau tukar ATM lama ini bisa dikatakan cukup mudah dan sederhana.

Cara Ganti ATM BCA Chip

Untuk nasabah Bank Central Asia (BCA) yang masih penasaran akan cara menukar ATM lama tersebut, berikut akan di sampaikan secara lengkap mengenai langkah-langkahnya. Jadi, terus simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir, sehingga rasa penasaran Anda tentang cara ganti atau tukar ATM lama ke ATM Chip bisa terjawabkan secara jelas.

Syarat Ganti Kartu ATM BCA Chip

Syarat Ganti Kartu ATM BCA Chip

Namun sebelum berlanjut ke pembahasan cara gantinya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui syarat apa saja yang diperlukan nantinya saat ingin memulai ganti ATM nya. Syarat sendiri sebenarnya mudah untuk dilengkapi, karena pihak bank tidak memberikan persyaratan khusus bagi para nasabah dalam pergantian ATM Chip ini. Berikut beberapa syarat tersebut:

Kartu ATM BCA Magnetic Stripe

Syarat pertama ganti ATM Chip yaitu nasabah wajib untuk membawa ATM magnetic stripe atau ATM BCA versi lama. Nantinya kartu ini akan ditukar dan Anda diberi ATM lama yang sudah dibekali dengan teknologi chip.

Pengenal Identitas Diri

Syarat kedua ganti ATM Chip yaitu berupa tanda pengenal diri atau identitas diri. Anda bisa menunjukkan kartu identitas diri seperti eKTP, SIM, maupun paspor.

Buku Rekening Tabungan BCA

Sedangkan syarat terakhir atau ketiga untuk bisa ganti ATM Chip BCA yaitu berupa buku rekening tabungan. Mungkin buku tabungan ini hanya diperlukan saat Anda melakukan ganti ATM Chip di kantor cabang bank BCA.

Cara Ganti ATM BCA Chip

Jika sudah tahu apa saja syarat diperlukan dalam ganti atau tukar ATM lama ke ATM Chip, maka kembali ke pembahasan utama seperti di judul yaitu mengenai cara ganti ATM BCA Chip. Di mana bagi nasabah BCA terdapat dua pilihan yang bisa dilakukan untuk melakukan ganti ATM Chipnya, baik ganti di kantor cabang atau ganti ATM di mesin CS Digital.

Ganti di Kantor Bank Cabang

Ganti di Kantor Bank Cabang

Nah, untuk cara pertama yang akan di bahas yaitu cara ganti ATM lama melalui kantor cabang bank BCA dengan menemui customer service. Untuk lebih jelas seperti apa langkah-langkahnya, simak cara atau langkah di bawah ini.

1. Datangi Kantor Bank BCA

Langkah pertama silakan Anda datangi kantor cabang bank BCA terdekat dengan lokasi Anda berada dengan membawa syarat yang tadi sudah disebutkan. Dalam pergantian ATM ini, pihak BCA membebaskan akan nasabah BCA nya melakukan pergantian di mana saja tidak musti ke dahulu menerbitkan rekening/ATM lamanya.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Jika sudah sampai di kantor BCA, maka Anda para nasabah hanya perlu mengambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor antrean di panggil oleh customer service. Saat nomor antrean tidak terlalu banyak, maka ganti ATM tidak berjalan lama. Tips untuk tidak lama mengantre, Anda bisa ganti kartu ATM Chip ini dengan datang lebih awal.

3. Sampaikan Maksud Kedatangan

Tiba giliran nomor antrean dipanggil oleh customer service BCA, langsung saja temui dan sampaikan maksud kedatangan Anda yaitu ingin melakukan ganti atau tukar ATM magnetic stripe ke ATM Chip. Sampaikan secara jelas dan jika perlu tanyakan lagi apa saja syarat yang diperlukan.

4. Proses Penggantian

Jika customer service sudah memahami tujuan kedatangannya, maka customer service akan mulai memproses pergantian ATM BCA lama Anda. Pertama customer service akan meminta syarat-syarat tadi yang sudah disampaikan di awal seperti ATM BCA versi lama, KTP dan buku rekening tabungan.

5. Ganti Kartu ATM Chip Berhasil

Langkah terakhir nasabah BCA hanya perlu menunggu sebentar sampai customer service selesai memproses dan memberikan kartu ATM Chip pada Anda. Proses menunggu tidak lama, sekitar 10-15 menit setelah penyerahan syarat diperlukan dan ATM BCA Chip sudah berhasil diterima.

Ganti di CS Digital

Ganti di CS Digital

Cara kedua untuk melakukan ganti ATM BCA Chip yaitu dengan menggantinya di layanan CS Digital milik BCA. Mungkin ini bisa dimanfaatkan bagi Anda nasabah BCA di mana malas mengantre panjang-panjang jika mengganti melalui cara di atas. Caranya lebih praktis dan tentunya akan memangkas waktu.

Di mana nantinya CARA GANTI KARTU ATM LEWAT CS DIGITAL hanya perlu menyiapkan ATM BCA lama dan eKTP saja. Untuk ganti ATM di layanan ini sendiri nasabah hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit ganti kartu sudah berhasil dan selesai.

Sayangnya, layanan CS Digital ini sendiri belum keseluruhan tersebar di wilayah Indonesia, hanya beberapa kantor cabang saja yang sudah melengkapi layanan ini. Semoga di waktu akan datang CS Digital sudah tersedia di setiap kantor cabang, sehingga bagi nasabah BCA yang akan ganti kartu akan semakin termudahkan.

Biaya Ganti Kartu ATM BCA Chip

Biaya Ganti Kartu ATM BCA Chip

Lalu berapa biaya saat ganti kartu ATM Chip itu sendiri? Untuk biaya saat ganti kartu ATM Chip di kantor cabang sendiri nantinya tidak akan dikenakan biaya atau bisa dikatakan gratis. Namun, untuk ganti ATM BCA di CS Digital akan dikenai biaya tergantung dengan jenis ATM apa nantinya, karena ATM, Silver, Gold dan Platinum akan berbeda.

Mungkin seperti itu saja yang dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai bagaimana cara ganti ATM BCA magnetic stripe ke ATM BCA Chip. Dengan sudah mengganti kartu tersebut, nantinya nasabah akan diberikan keuntungan seperti data akan tersimpan jauh lebih aman, tidak bisa digandakan dan bentuk fisik dari ATM Chip jauh lebih kuat.

Sekali lagi, bagi Anda nasabah BCA maupun bank lain yang belum melakukan pergantian atau penukaran ATM magnetic strip ke ATM Chip, maka segeralah untuk menggantinya. Jangan sampai batas penukaran habis dan kartu ATM terblokir yang membuat nantinya tidak bisa digunakan.