3 Cara Melihat Nomor MID EDC BCA Terbaru 2019

Cara Melihat Nomor MID EDC BCA – Mesin EDC merupakan kependekan dari Elektronic Data Capture adalah sebuah mesin untuk menerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Mesin ini diberikan oleh pihak bank kepada para nasabahnya yang memiliki toko atau merchant. Salah satu bank yang memberikan layanan berupa mesin EDC kepada pemilik toko atau merchant yaitu bank BCA.Merchant adalah penjual barang atau jasa yang memiliki berbagai bentuk usaha Physical Store maupun Online Store yang sudah bekerja sama dengan bank dalam penyediaan layanan penerimaan transaksi pembayaran via e-money yang bersangkutan.

Merchant sendiri dibagi menjadi dua yaitu Merchant perorangan dan Merchant berbadan hukum.Merchant perorangan adalah merchant yang didirikan oleh perorangan tanpa berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum. Sedangkan merchant berbadan hukum merupakan merchant yang didirikan berdasarkan tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum yang berlaku. Merchant sendiri memiliki cara kerja yang sudah ditentukan oleh bank yang bersangkutan.Secara umum cara kerja merchant yaitu melayani konsumennya dengan aturan menurut sistem bank yang telah menerapkan aturannya kepada pihak merchant yang bersangkutan.

Langkah yang pertama untuk menjadi seorang merchant yaitu mendaftar terlebih dahulu sebagai mitra dengan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas- berkas tersebut kemudian akan secara otomatis tersimpan di database perusahaan sebagai ID pengenal bahwa merchant tersebut secara resmi telah bekerja sama dengan bank yang bersangkutan dengan menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di perusahaan yang bersangkutan. Selanjutnya setelah proses pendaftaran selesai, maka merchant sekarang telah memiliki Virtual Office yang berfungsi sebagai mediator dalam penerimaan transaksi Diskon Virtual dan Mata Uang Virtual yang akan ditransfer oleh konsumennya.

Langkah yang ketiga setelah proses transaksi seperti biasanya merchant akan langsung mengirimkan produk yang sudah disepakati oleh konsumen dan pihak merchant, baik dari bentuk produk, jumlah maupun biaya pengiriman. Setelah menjadi merchant ada hal yang perlu diperhatikan yaitu mengenai ID pengenal. ID ini biasanya berbentuk kartu. Didalam kartu tersebut terdapat data dan nomor ID merchant. Hal yang sering dilupakan oleh merchant pemula yaitu betapa pentingnya nomor ID tersebut. Seperti halnya lupa pin ATM yang sering terjadi, lupa nomor Merchant ID juga sering terjadi oleh merchant pemula. Untuk mengatasi hal tersebut ada cara untuk melihat nomor MID EDC BCA.

Cara Melihat Nomor MID EDC BCA Paling Mudah

Cara Melihat Nomor MID EDC BCA Paling Mudah

Lupa MID EDC BCA bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari MID hilang, rusak, lupa dan masih banyak yang lainnya. Namun ada cara untuk mengatasi hal tersebut seperti menyimpannya ditempat yang aman atau mencatat data MID. Namun apabila hal tersebut belum dilakukan anda tentunya akan sangat merepotkan. Namun Kalian tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena disini kami akan memberikan beberapa cara melihat nomor MID. Berikut cara caranya.

Melihat Nomor MID via Mesin EDC BCA

Melihat Nomor MID via Mesin EDC BCA

  1. Tekan tombol hijau (ENTER).
  2. Masukan 12 digit angka function number, lalu tekan enter.
  3. Masukan Pasword, lalu tekan enter
  4. Kemudian pada layar akan muncul menu NIT/ TID/ MID
  5. Tekan 1, lalu tekan enter.
  6. Untuk mengetahui nomor Merchant tekan tombol merah (X) kemudian Merchant ID akan muncul.

Melihat Nomor MID via Bank BCA

Melihat Nomor MID via Bank BCA

  1. Langkah yang pertama pergi ke bank BCA terdekat.
  2. Kemudian tanyakan maksud dan tujuan anda.
  3. Kemudian petugas akan memberitahu MID berupa 15 digit angka.
  4. Itulah yang disebut dengan nomor MID.
  5. Kemudian catat nomor tersebut ke dalam buku ataupun media lainnya.
  6. Jika sudah sempat ditempat yang aman atau tempat yang mudah ditemukan.

Melihat Nomor MID via Situs Resmi BCA

Melihat Nomor MID via Situs Resmi BCA

  1. Pertama kunjungi situs resmi di www.bca.co.id
  2. Kemudian login dengan username dan pasword yang anda gunakan untuk mendaftar internet banking BCA.
  3. Kemudian Pilih menu Merchant.
  4. Lalu pilih NIT/ TID/ MID.
  5. Selanjutnya pilih MID.
  6. Kemudian pada layar akan muncul 15 digit angka MID.

Itulah beberapa cara melihat nomor MID yang dapat kalian lakukan apabila kalian lupa nomor MID atau MID hilang. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kalian semua para pembaca yang baik hati. Kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terima kasih.