√ Kode Function Mesin EDC BCA : Nama & Arti Function

Kode Function Mesin EDC BCA – Tentunya sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan mesin Electronic Data Capture atau dikenal juga EDC. Banyak juga yang menyebutnya juga sebagai ATM Mini, itu dikarenakan fungsinya yang hampir sama yaitu untuk bertransaksi.

Mungkin dari Anda akan menemukan APA ITU MESIN EDC di beberapa tempat merchant seperti toko, swalayan, minimarket atau bahkan hotel dan lainnya. Kegunaan mesin EDC sendiri yaitu untuk lakukan pembayaran menggunakan kartu debit / kartu kredit dengan digesek.

Hampir semua bank sudah memberikan layanan mesin EDC, tidak terkecuali bank BCA. Bagi perorangan atau badan yang ingin menggunakan mesin EDC, perlu untuk lakukan pengajuan di kantor cabang dengan bawa syarat ketentuan yang telah diberlakukan.

Namun pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan bahas mengenai kode function mesin EDC yang banyak pengguna belum paham dan mengetahui secara jelas. Lalu apa sebenarnya kode function ? Apa kegunaannya? Untuk lebih jelas kode function tersebut, maka simak pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Kode Function

Apa Itu Kode Function

Sebelum lanjut ke pembahasan tentang kode function dari mesin EDC BCA, alangkah baiknya Anda perlu tahu dahulu pengertian kode function. Di mana kode function adalah kondisi huruf dan angka tertentu yang memiliki perintah (arti).

Di mana kode function dari mesin EDC setiap bank akan memiliki perbedaan satu sama lain. Antara KODE FUNCTION MESIN EDC BNI, BRI, Mandiri dan BCA yang akan di bahas kali ini akan memiliki kode function yang tidak akan sama.

Pengajuan Mesin EDC

Pengajuan Mesin EDC

Jika Anda memiliki niat untuk pesan mesin EDC guna melengkapi sistem pembayaran di toko, swalayan atau usaha lainnya. Maka Anda harus melakukan pengajuan permohonan mesin EDC tersebut di kantor bank cabang bank BCA.

Saat datang melakukan pengajuan Anda juga perlu membawa semua syarat diperlukan guna lengkapi persyaratan yang telah menjadi ketentuan. Adapun syarat pengajuan mesin EDC (BCA) sendiri terbagi menjadi dua yaitu untuk perorangan atau badan, berikut syarat umumnya:

  • Formulir pengajuan
  • Kartu tanda pengenal seperti KTP (WNI) atau paspor, KITAS/KITAP (WNA).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (jika ada).
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Dokumen lain sesuai dokumen pembukaan rekening.

Jika sudah berhasil mendapatkan mesin EDC, maka Anda akan diberikan arahan mengenai cara pengoperasiannya. Baik dari memahami bagian mesin EDC, fungsi, dan tentu saja kode function mesin EDC yang harus Anda pahami tersebut.

Bagian Mesin EDC

Bagian Mesin EDC

Jika belum tahu apa saja bagian-bagian yang ada di mesin EDC BCA, maka berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Secara umum hampir sama seperti kebanyakan mesin EDC dari bank-bank lainnya.

  • Layar utama mesin EDC
  • Tempat keluarnya struk.
  • Tempat meletakkan kartu ATM / Debit / kredit dibagian bawah.
  • Tempat masukkan kartu ATM / debit.
  • Tombol number pad untuk masukkan angka, nominal & PIN.
  • Tombol perintah “YES” & “NO”.
  • Tombol perintah “Navigasi”.

Fungsi Tombol Mesin EDC

Fungsi Tombol Mesin EDC

Setelah tahu akan bagian apa saja yang ada di mesin EDC, Anda juga perlu tahu fungsi setiap tombol-tombol yang terdapat di mesin EDC tersebut. Untuk lebih jelas tentang fungsinya, berikut tombol dan kegunaannya:

TOMBOLFUNGSI
Enter / hijauKonfirmasi saat proses transaksi
FFunction
Hijau (tekan & tahan lama)Hidupkan mesin EDC
Hitam sebelah kananPilihan YES
Hitam sebelah kiriPilihan NO
KuningKoreksi nominal dan juga PIN
MerahMenu cancel
TengahNavigasi
Titik (.)Ganti keyboard ke mode huruf

Kode Function Mesin EDC BCA

Kode Function Mesin EDC BCA

Kemudian, selanjutnya kembali ke pembahasan utama yaitu mengenai kode function dari mesin EDC BCA. Untuk kode function dan arti dari setiap kodenya akan disampaikan secara lengkap pada tabel di bawah ini.

NAMA FUNCTIONKODE FUNCTIONARTI
Function 0F + 0Tes koneksi jaringan
Function 1F + 1Cek penyebab reversal / error
Function 72F + 7 + 2Reprint transaksi terakhir
Function 73F + 7 + 3Cetak ulang struk / duplikat
Function 79F + 7 + 9Ke menu Summary
Function 96F + 9 + 6 + Password 3636Refresh sinyal mesin EDC
Function 99F + 9 + 9 + 3 Angka terakhir nomor mesin EDCReversal mesin EDC

Guna kelancaran dalam penggunaan mesin EDC BCA, Anda diwajibkan untuk paham serta tahu kode-kode di atas. Karena mesin EDC akan mengalami berbagai masalah yang dapat datang kapan saja, dengan kode function di atas nantinya Anda bisa tahu pokok permasalahan.

Catatan : Jika terjadi masalah dan gangguan cukup serius dan Anda tidak bisa mengatasi, maka bisa untuk hubungi HaloBCA atau datang ke kantor cabang bank BCA untuk meminta bantuan atas gangguan yang terjadi pada mesin EDC.

Mungkin itu saja yang dapat pakaiatm.com sajikan tentang kode function dari mesin EDC BCA. Adanya kode function dari mesin EDC di atas bisa bermanfaat bagi para pengguna yang masih belum paham. Semoga bermanfaat.