7 Cara Memperbaiki Kartu ATM yang Terkelupas 2021

Cara Memperbaiki Kartu ATM yang Terkelupas – Kartu ATM mungkin menjadi salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak bank saat setelah membuka jenis rekening tabungannya. Di mana hampir seluruh bank nasional seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga dan lainnya sudah memberikan fasilitas satu ini.

Namun terkadang banyak masalah yang terjadi pada pengguna kartu ATM, seperti misalnya kartu ATM bengkok, rusak, lecet, terkelupas atau bahkan TERTELAN ke dalam mesin ATM. Hal tersebut membuat transaksi perbankan Anda akan sedikit tertunda maupun terhambat tentunya.

Nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com sendiri akan sampaikan informasi mengenai cara memperbaiki kartu ATM yang bermasalah. Di mana yang akan di bahas yaitu mengenai cara memperbaiki kartu ATM yang plastiknya terkelupas.

Tentunya ada dari Anda para nasabah bank yang pernah mengalami masalah serupa pada kartu ATM, namun merasakan kebingungan cara untuk memperbaikinya. Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena mengenai penyebab dan cara memperbaiki tersebut akan di sampaikan secara lengkap.

Cara Memperbaiki Kartu ATM yang Terkelupas

Penasaran akan cara memperbaikinya? Berikut lebih jelas mengenai cara memperbaiki kartu ATM terkelupas tersebut. Terus simak pembahasan ini sampai akhir, jadi rasa penasaran Anda akan penyebab dan cara memperbaikinya terjawabkan.

Penyebab Plastik Kartu ATM Terkelupas

Penyebab Plastik Kartu ATM Terkelupas

Untuk penyebab mengapa plastik yang terdapat pada kartu ATM Anda terkelupas sendiri bisa dikarenakan oleh beberapa faktor sehingga kartu ATM nantinya tidak dapat digunakan untuk transaksi. Terkadang para nasabah jarang memahami faktornya, dan berikut beberapa faktor itu sendiri:

1. Penggunaan

Penyebab plastik terkelupas pada kartu ATM pertama bisa dikarenakan dari segi penggunaan. Seperti misalnya kartu ATM terlalu sering digunakan untuk melakukan transaksi (sehari beberapa kali) di mesin ATM, sehingga terlalu banyak kontak fisik dari kartu ATM.

2. Penyimpanan

Penyebab kartu ATM terkelupas yang kedua bisa dikarenakan dari Anda para pemilik kartu ATM itu sendiri. Di mana pemilik melakukan penyimpanan kartu ATM di tempat yang salah, yang di maksud salah sendiri seperti kartu disimpan di tempat yang sering bergerak, terbuka atau bersentuhan secara langsung dengan benda lain.

3. Faktor Umur

Memang faktor umur menjadi salah satu faktor yang tidak bisa disalahkan, ini juga berlaku pada kartu ATM. Walaupun kartu ATM memiliki masa aktif atau pembaharuan kartu setiap 5 tahun sekali, namun terkadang banyak pemilik kartu ATM yang mengalami masalah terkelupas plastiknya.

Apalagi jika melihat dari faktor penyebab terkelupas yang pertama tadi berupa penggunaan yang terlalu sering, tentunya akan membuat kartu ATM akan bersentuhan langsung dengan media (mesin ATM) dan tangan si pengguna. Bukan tidak mungkin hal tersebut menjadi faktor penyebabnya.

Langkah Memperbaiki Kartu ATM yang Terkelupas

Langkah Memperbaiki Kartu ATM yang Terkelupas

Jika plastik kartu ATM terkelupas, maka sudah masuk menjadi kategori KARTU ATM RUSAK. Yang mana untuk cara memperbaiki sendiri hanya ada satu cara, yaitu memperbaiki dengan cara datang ke kantor bank selaku penerbit.

Semisal kartu ATM terkelupas itu sendiri BRI, maka Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI. Tinggal sesuaikan saja dengan bank apa kartu ATM Anda diterbitkan. Untuk lebih jelas mengenai langkah memperbaikinya, berikut akan disampaikan secara lengkap.

Syarat Diperlukan

Sebelum datang ke kantor cabang untuk mulai memperbaiki kartu ATM yang terkelupas, alangkah baiknya siapkan persyaratan yang diperlukan terlebih dahulu. Syarat-syaratnya sendiri cukup mudah untuk dilengkapi seperti:

  • Kartu identitas diri seperti KTP/KITAS/SIM maupun Paspor.
  • Kartu ATM yang terkelupas atau yang akan diganti.
  • Buku rekening tabungan.

Langkah Memperbaiki

  1. Siapkan dokumen syarat tadi serta kartu ATM yang terkelupas.
  2. Kemudian langsung saja datang ke kantor cabang sesuai banknya.
  3. Setelah sampai, langsung saja ambil nomor antrean.
  4. Lalu tunggu sampai nomor Anda dipanggil oleh customer service.
  5. Tiba giliran dipanggil maka langsung temui customer service dan sampaikan kedatangan Anda yaitu ingin mengurus kartu ATM yang terkelupas maupun rusak.
  6. Setelah menyampaikan keluhan pada customer service, maka customer service sendiri akan mulai memprosesnya dengan meminta persyaratan tadi.
  7. Anda hanya perlu menunggu sebentar sampai petugas atau customer service selesai memprosesnya dan akan memberikan kartu ATM yang baru.

FAQ

1. Berapa Biaya Ganti Kartu ATM yang Terkelupas?

Setiap bank memberikan ketentuan berbeda untuk biayanya dari Rp 10.000 – Rp 25.000, namun Anda bisa membawa uang lebih untuk mengantisipasi besaran yang tidak terduga.

2. Bisakah Plastik Kartu ATM yang Terkelupas untuk Disetrika?

Tidak dianjurkan. Hal tersebut justru bisa menambah masalah seperti magnetik/pita hitam ikut terbakar.

3. Apakah Ganti Kartu ATM Bisa Diwakilkan?

Tidak. Nasabah harus datang sendiri.

4. Apakah Kartu ATM Bengkok Masih Bisa Dipakai?

Kartu ATM bengkok kemudian masih dapat diluruskan kembali maka tetap bisa digunakan, memang jika kartu ATM retak pada bagian pita hitam/magnetic maka perlu ganti kartu ATM baru.

Demikianlah informasi mengenai cara memperbaiki ATM terkelupas yang bisa pakaiatm.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan cara memperbaiki kartu ATM bermasalah di atas dapat bermanfaat bagi semua.