4 Cara Mengatasi Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal 100% Berhasil

Cara Mengatasi Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal – Kartu ATM BRI tak hanya digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM saja, namun juga bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin EDC BRI. Elektronic Data Caputure atau mesin EDC adalah sebuah alat penerimaan pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank.

Advertisements

Dengan EDC, memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi kartu ATM tanpa perlu ke ke bank maupun mesin ATM, cukup melalui minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfamart. Hanya dengan bertransaksi minimal Rp. 20.000 dan melakukan pembayaran, Anda bisa melakukan gesek tunai di gerai minimarket.

Lewat mesin EDC BRI, Anda bisa menggunakan kartu ATM BRI untuk melakukan transaksi seperti gesek tunai, pembayaran belanja, pembayaran tol, pembayaran biaya tiket pesawat dan listrik. Hal tersebut seperti yang telah tercantum dalam buku Bijak Ber-E-Banking yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Advertisements

Namun ketika bertransaksi non tunai menggunakan mesin EDC BRI, pastikan mesin EDC BRI tersebut memiliki jaringan sinyal yang stabil. Pasalnya jika mesin EDC BRI tidak ada sinyal, maka transaksi tidak dapat dilakukan sehingga akan mengakibatkan gagal transaksi. Lantas bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut caranya.

Cara Mengatasi Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal

Ketika jaringan sinyal EDC BRI tidak stabil atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali, maka pada saat melakukan gesek tunai menggunakan kartu debit BRI biasanya proses transaksi akan sangat lama hingga EDC mendapatkan sinyal dan bahkan gagal transaksi. Jika hal itu terjadi, bagaimanakah caranya mengatasi EDC BRI tidak ada sinyal?.

Baca  5 Cara Bayar Bukalapak Via ATM BRI 2022
Advertisements

Cara mengatasi mesin EDC BRI tidak ada sinyal, sebenarnya hampir sama seperti CARA MENGATASI MESIN EDC BCA TIDAK ADA SINYAL. Meskipun hanya ada beberapa cara untuk mengatasi mesin EDC BRI hilang sinyal, namun cara cara ini cukup berhasil mengatasi hal tersebut. Adapun caranya sebagai berikut ini.

Cara Mencari Jaringan Mesin EDC BRI

Cara Mencari Jaringan Mesin EDC

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar mesin EDC BRI ada sinyal yaitu dengan mencari jaringan mesin EDC. Dengan kata lain, melakukan refresh jaringan sinyal mesin EDC BRI.

Dengan refresh sinyal mesin EDC, maka nantinya mesin EDC akan mencari sinyal baru. Sehingga sinyal yang sebelumnya tidak ada, bisa kembali lagi dengan menggunakan cara ini.

  1. Langkah pertama, silahkan nyalakan mesin EDC BRI terlebih dahulu.
  2. Kemudian, silahkan cari dan pilih menu “Log-on“.
  3. Lalu, secara otomatis mesin EDC BRI akan langsung mencari jaringan.
  4. Setelah proses log on sukses, maka sinyal mesin EDC BRI sudah memiliki sinyal.

Cara Restart Mesin EDC BRI

Cara Restart Mesin EDC

Cara lainnya yaitu dengan merestart mesin EDC BRI. Cara ini menjadi cara paling ampuh untuk mengatasi mesin EDC BRI tidak ada sinyal.

Cara restart mesin EDC BRI untuk mendapatkan sinyal terbilang sangat mudah, karena hanya perlu menekan kombinasi tombol. Adapun caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Advertisements

  1. Langkah pertama, silahkan tekan dan tahan tombol (•) + tombol berwarna kuning, selama beberapa detik.
  2. Setelah muncul tulisan “Shutdown Progress” silahkan lepas kedua tombol tersebut.
  3. Setelah layar EDC BRI mati, silahkan nyalakan mesin EDC BRI dengan cara menekan tombol berwarna hijau.
  4. Kemudian, silahkan tunggu hingga mesin EDC mencari jaringan hingga selesai.
Baca  10 Kode Function Mesin EDC BRI 2022 (Fungsi & Kombinasi)

Cara Melepas SIM Card Mesin EDC BRI

Cara Melepas SIM Card Mesin EDC BRI

Cara berikutnya yaitu dengan melepas SIM Card, lalu memasangnya kembali. Melepas SIM Card merupakan cara mengatasi mesin EDC tidak ada sinyal paling umum dilakukan.

Cara melakukannya sangat mudah, dimana Anda hanya perlu melepas SIM Card lalu memasangnya kembali. Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan matikan mesin EDC BRI terlebih dahulu.
  2. Lalu, lepas tutup bagian belakang mesin EDC.
  3. Kemudian, silahkan lepas SIM Card EDC.
  4. Jika sudah tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali SIM Card EDC.
  5. Jika sudah tinggal nyalakan kembali mesin EDC BRI.

Call Center Pengaduan Mesin EDC BRI

Call Center Pengaduan Mesin EDC BRI

Apabila cara cara di atas tidak dapat mengatasi mesin EDC tidak ada sinyal, maka cara terakhir mengatasi hal tersebut yaitu dengan menghubungi nomor pengaduan mesin EDC BRI. Dengan begitu, nantinya petugas BRI akan mengatasi masalah pada mesin EDC Anda.

Jadi apabila semua cara di atas telah dilakukan, namun mesin EDC BRI tetap tidak ada sinyal, maka silahkan hubungi nomor pengaduan mesin EDC BRI untuk memperoleh informasi lebih lengkap dengan menghubungi Call BRI 14017 atau 021 1500 017.

Penyebab Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal

Penyebab Mesin EDC BRI Tidak Ada Sinyal

Mesin EDC BRI tidak bisa menangkap sinyal, tentunya memiliki penyebab. Dimana mesin EDC tidak ada sinyal bisa disebabkan oleh berbagi hal.

Ketikan mesin EDC tidak ada sinyal biasanya pada tampilan EDC akan muncul keterangan “Line Idle atau Host” yang disebabkan oleh jaringan provider. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan mematikan mesin EDC atau melepas SIM Card.

Sedangkan jika tampilan EDC muncul keterangan “Please Try Againt-CE” biasanya disebabkan oleh jaringan komunikasi. Permasalahan seperti ini dapat diatasi dengan merestart mesin EDC BRI maupun mencari jaringan baru.

Baca  30 Cara Transfer Uang dari BRI ke BNI : Kode, ATM & Mobile

Setelah melakukan cara-cara mengatasi di atas, maka kini Anda bisa melakukan transaksi menggunakan EDC mulai dari bayar belanja, BAYAR TILANG, bayar tiket dan lain sebagainya. Dengan adanya sinyal yang stabil, maka transaksi non tunai lewat EDC BRI akan berjalan dengan cepat.

Itulah beberapa cara mengatasi mesin EDC BRI tidak ada sinyal yang dapat pakaiatm.com sajikan. Dengan cara-cara di atas, maka mesin EDC BRI yang tak memiliki sinyal akan cepat teratasi. Demikian informasi dari pakaiatm, semoga artikel di atas mengandung informasi yang bermanfaat dan semoga membantu.

Advertisements