30 Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Tanpa Ke Bank 2021

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI – Pihak perbankan memang menghadirkan SMS banking untuk memberikan kemudahan pada semua nasabah bank. Seperti BRI yang menyediakan SMS Banking untuk memudahkan para nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan.

Advertisements

Layaknya layanan digital banking BRI pada umumnya, dengan SMS Banking nasabah juga bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembayaran dan pembelian. Untuk transaksi non finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening juga bisa dilakukan lewat SMS Banking BRI.

Bukan hanya itu saja, namun ketika mendaftar SMS Banking BRI caranya juga mudah serta hanya membutuhkan syarat yang ringan. Nasabah bisa melakukan pendaftaran SMS Banking BRI, langsung ke kantor cabang terdekat ataupun juga bisa melalui ATM dan mesin EDC BRI.

Advertisements

Walaupun memberikan sejumlah kemudahan, namun nyatanya tidak semua pengguna SMS Banking BRI merasa puas dan memutuskan untuk menonaktifkan layanan ini. Nah, bagi Anda nasabah BRI yang ingin menonaktifkan SMS Banking BRI, simak langsung caranya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking BRI

Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking BRI

Sebelum memutuskan untuk menonaktifkan layanan SMS Banking, ada baiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan menilai dari segi kelebihan dan kekurangan layanan SMS Banking BRI di bawah ini.

Advertisements

Kelebihan

Setiap layanan digital banking yang dihadirkan BRI tentu saja memiliki kelebihan masing-masing, begitu pula untuk fasilitas SMS Banking. Adapun kelebihan dari layanan SMS Banking BRI ini yaitu sebagai berikut.

  1. Dengan SMS Banking BRI, nasabah bisa bertransaksi keuangan dengan mudah dan praktis tanpa ke bank dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan.
  2. Transaksi menggunakan SMS Banking BRI juga lebih aman dan terjaga karena data-data bisa dengan mudah dihapus.
  3. Dengan SMS Banking BRI pula, nasabah bisa bertransaksi tanpa gangguan eksternal seperti mati listrik ataupun koneksi internet.
Baca  √ Kenapa SMS Banking BRI Tidak Masuk ? 10 Penyebab & Mengatasi

Kekurangan

Bagaimanapun sebuah sistem tidak ada yang sempurna, pasti ada kurangnya meskipun itu hanya satu. Nah, untuk SMS Banking BRI sendiri memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

  1. Kurang fleksibel, karena terbatasnya pengelolaan transaksi keuangan sehingga tidak dapat membuat transaksi keuangan yang banyak dalam satu waktu sekaligus.
  2. Relatif sedikit lebih mahal saat pemakaian SMS Banking BRI karena terkadang ada biaya tambahan lainnya untuk transaksi-transaksi tertentu. Pengenaan tarif SMS Banking BRI umumnya sekitar Rp. 500.-

Mungkin alasan terbesar mengapa nasabah ingin menonaktifkan SMS Banking BRI ialah mahalnya biaya SMS Banking BRI. Mengingat setiap mengirim atau menerima SMS, nasabah akan dikenai pemotongan pulsa minimal Rp. 250 per SMS (biaya SMS setiap provider berbeda-beda).

Namun ini juga kembali kepada diri sendiri, apakah nyaman dengan SMS Banking BRI atau mungkin memang ingin beralih menggunakan layanan lain seperti mobile banking BRI atau BRImo maupun internet banking BRI. Jadi wajar-wajar saja, jika Anda ingin menonaktifkan SMS Banking BRI.

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

Jika Anda benar-benar ingin menonaktifkan SMS Banking BRI, maka kami akan sajikan caranya. Anda bisa menonaktifkan SMS Banking BRI tanpa perlu ke bank, cukup lewat HP maka SMS Banking langsung dihentikan.

Tidak ada syarat khusus, karena untuk menonaktifkan SMS Banking BRI bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat, namun jika Anda masih bingung maka sebaiknya mintalah bantuan ke pegawai bank BRI. Adapun cara menonaktifkan SMS Banking BRI yaitu sebagai berikut ini.

Advertisements

A. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Lewat HP

A. Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Lewat HP

Cara menonaktifkan SMS Banking BRI tanpa ke bank bisa dilakukan lewat HP dengan menghubungi layanan call center. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, siapkan HP Anda serta pastikan memiliki saldo pulsa kurang lebih kurang lebih Rp. 15.000.
  2. Kemudian, silahkan lakukan panggilan ke nomor call center BRI yaitu 14017 atau 1500017.
  3. Lalu, jelaskan pengaduan secara rinci kepada customer service.
  4. Selanjutnya, mintalah tolong kepada customer service untuk menonaktifkan SMS Banking.
  5. Setelah itu, informasikan nomor rekening, nomor telepon dan data lainnya yang diminta oleh customer service.
  6. Maka permintaan penonaktifan SMS Banking Anda akan diproses oleh CS BRI. Selesai!!!
Baca  2 Cara Bayar Adira Lewat ATM BRI Mudah & Terbaru 2021

Catatan : Jika ada CS yang meminta Anda menyebutkan PIN ATM, maka jangan pernah beritahukan PIN ATM Anda. Langsung saja matikan telepon, karena customer service tidak akan meminta nasabah menyebutkan data yang bersifat rahasia seperti PIN ATM.

B. Cara Menonaktifkan SMS Banking Lewat ATM BRI

B. Cara Menonaktifkan SMS Banking Lewat ATM BRI

Selain menghubungi call center, Anda juga bisa menonaktifkan SMS banking tanpa ke bank melalui mesin ATM BRI. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama kunjungi gerai ATM BRI terdekat.
  2. Untuk memastikan keamanan mesin ATM, pastikan tidak ada ganjal atau benda asing apapun pada slot untuk memasukkan kartu. Pastikan juga tidak ada kamera tersembunyi (selain CCTV), khususnya di bagian tombol PIN.
  3. Setelah memastikan bahwa mesin ATM aman, tidak ada yang mencurigakan maka langsung masukkan kartu ATM dengan posisi yang benar.
  4. Kemudian, masukan 6 digit PIN ATM.
  5. Lanjutkan dengan memilih menu “Transaksi Lainnya” di menu utama.
  6. Setelah itu, pilihlah menu “Registrasi“.
  7. Selanjutnya, pilih menu “SMS Banking“.
  8. Berikutnya, pilihlah “Hentikan” untuk menonaktifkan SMS Banking BRI.
  9. Masukkan PIN SMS Banking BRI Anda.
  10. Tunggu hingga proses penonaktifan selesai. Biasanya akan ada pemberitahuan di layar mesin ATM.

C. Cara Menonaktifkan di Kantor Cabang Bank BRI

C. Cara Menonaktifkan di Kantor Cabang Bank BRI

Nah, buat Anda yang bingung atau mungkin demi keamanan, maka sebaiknya lakukan penonaktifan SMS banking di kantor cabang terdekat. Berikut caranya :

  1. Kunjungi kantor cabang unit BRI terdekat dengan membawa dokumen persyaratan seperti e-KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM. Untuk berjaga-jaga bawa juga HP untuk mengakses SMS Banking Anda.
  2. Kemudian, silahkan ambil nomor antrean dan tunggu hingga giliran. Sambil menunggu, silahkan isi formulir terlebih dahulu.
  3. Setelah giliran nomor antrean Anda dipanggil, silahkan datangi customer service BRI dan sampaikan tujuan Anda ingin menonaktifkan SMS Banking.
  4. Serahkan dokumen persyaratan yang diminta oleh CS BRI.
  5. Maka nantinya CS akan langsung menghentikan akses SMS Banking Anda. Selesai!!!
Baca  Arti Reversal di SMS Banking BRI ? Ini Dia Penjelasannya!!!

Nah, itulah beberapa cara untuk menonaktifkan SMS Banking BRI yang dapat pakaiatm.com sajikan. Proses penonaktifan SMS Banking ini kurang lebih membutuhkan waktu 1 hari kerja serta tidak dikenakan biaya alias gratis.

Selain itu, bagi Anda yang sudah terlanjur menonaktifkan SMS Banking BRI, Anda juga masih bisa mengaktifkannya kembali, caranya sama seperti pada umumnya. Mungkin itu saja informasi dari kami, semoga membantu.

Advertisements