3 Cara Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap

Cara Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap – Saat ini hampir setiap Bank di Indonesia telah menerbitkan fasilitas Kartu Kredit. Namun fasilitas tersebut hanya bisa digunakan oleh nasabah tertentu yang sudah memenuhi kriteria sebagai pengguna Kartu Kredit.

Mungkin disini ada banyak dari kalian yang sudah berhasil memperoleh fasilitas Kartu Kredit dari Bank BNI, BCA, Mandiri dan lain sebagainya. Jika demikian, kalian pasti pernah menggunakan nya untuk membeli barang.

Sementara itu, setiap kali menggunakan limit Kartu Kredit untuk belanja, nantinya nasabah akan menerima tagihan yang harus dibayarkan tepat waktu. Bicara mengenai tagihan Kartu Kredit, terkadang pengguna keberatan dengan jumlah tagihan yang terlalu besar.

Oleh karena itu, tidak sedikit yang bertanya apakah ada cara untuk merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap? Jika bisa, maka nominal tagihan setiap bulan nya nanti bisa dibayarkan secara Cicilan dengan batas waktu atau tenor tertentu. Baiklah, untuk pertanyaan tersebut kami bantu jawab pada ulasan di bawah ini.

Cara Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap

Cara Merubah Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap

Seperti kami sebutkan diatas bahwa penggunaan fasilitas Kartu Kredit kini telah tersedia di beberapa Bank ternama, seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga dan lain sebagainya. Namun tidak semua nasabah bisa menikmati fasilitas tersebut, melainkan hanya nasabah terpilih dan yang memenuhi kriteria saja yang bisa mendapatkan kenyamanan belanja PayLater menggunakan Kartu Kredit Bank.

Cara kerja dari penggunaan fasilitas ini adalah nasabah akan menerima limit Kartu Kredit dimana limit tersebut nantinya berguna sebagai dana pembayaran produk-produk yang di beri. Limit Kartu Kredit Bank sendiri kini bisa digunakan di banyak tempat, seperti Mall, eCommerce (Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan BliBli) hingga Merchant-Merchant Offline seperti gerai Home Credit, Ace Informa dan IKEA.

Baca  30 Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI 2022

Bahkan untuk kalian yang sudah berhasil mengaktifkan limit Kartu Kredit, kalian bisa melakukan transaksi Tarik Tunai Kartu Kredit melalui ATM. Nantinya nominal Tarik Tunai yang dilakukan bakal di akumulasi kan ke dalam tagihan Kartu Kredit.

Nah, membahas soal tagihan Kartu Kredit, perlu diketahui bahwa setiap nasabah bisa memilih tipe pembayaran ketika melakukan transaksi pakai limit tersebut. Tipe pembayaran yang tersedia bisa dalam bentuk Tempo (bayar bulan depan) dan Cicilan selama beberapa bulan.

Misal kalian terlanjur melakukan transaksi Kartu Kredit dengan tipe pembayaran Tenor, tapi ternyata setelah di pikir-pikir biaya tagihan tersebut terlalu besar dan kondisi keuangan sedang tidak stabil. Nyata nya banyak pengguna yang mengalami kejadian seperti itu dan ingin merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap.

Ketika tagihan dibayarkan secara Cicilan maka akan terasa jauh lebih ringan, tapi pertanyaan nya ada atau tidak cara merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap? Jadi, di beberapa Bank penerbit fasilitas Kartu Kredit, seperti BRI, BCA dan CIMB Niaga telah menyediakan cara untuk konversi tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap.

Sebelum kami jelaskan seperti apa tata cara merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan, terlebih dahulu kalian perlu mengetahui syarat untuk melakukan proses Konversi tersebut. Jadi, cara ini hanya bisa berlaku apabila nominal tagihan Kartu Kredit diatas Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah).

Selain itu, pastikan juga tagihan yang dimiliki belum melewati tanggal jatuh tempo atau batas waktu pembayaran. Apabila tidak ada masalah dengan persyaratan yang harus dipenuhi, sekarang kita simak beberapa cara konversi tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan berikut ini :

Lewat Kantor Bank

Cara pertama adalah melakukan konversi tagihan menjadi Cicilan lewat Kantor Bank terdekat. Disini kalian bisa menemui petugas Customer Service untuk meminta bantuan terkait proses perubahan tagihan menjadi Cicilan.

Dalam proses ini petugas akan meminta data berupa nomor Kartu Kredit, nominal tagihan serta informasi data pemilik Kartu Kredit. Melalui data tersebut petugas nantinya bakal melakukan pengecekkan, apakah kalian bisa melakukan konversi tagihan atau tidak.

Baca  25 Cara Reprint Settlement EDC BCA 2022

Apabila data yang diserahkan memenuhi syarat dan lolos validasi, maka konversi tagihan menjadi Cicilan tetap akan dilakukan. Selanjutnya kalian tinggal memilih tenor yang tersedia dan sesuai kemampuan.

Lewat Call Center

Cara kedua adalah lewat Call Center Bank. Disini kalian tinggal menghubungi Call Center Bank BRI, BCA atau CIMB Niaga (sesuai Bank penerbit Kartu Kredit) untuk melakukan konversi tagihan menjadi Cicilan tetap. Cara ini tidak beda jauh seperti saat melakukan konversi tagihan Kartu Kredit lewat petugas CS di Kantor Bank.

Jadi, setelah berhasil tersambung dengan Customer Service Bank via panggilan Call Center nantinya kalian tinggal menyebutkan maksud dan tujuan, yaitu ingin merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap. Setelah itu, sebutkan nomor Kartu Kredit, jumlah tagihan dan tenor Cicilan yang ingin digunakan. Jika berhasil, nantinya kalian akan mendapat keterangan lebih lanjut mengenai bunga Cicilan hingga nominal pembayaran Cicilan tetap setiap bulan nya.

Cara Konversi Tagihan Kartu Kredit Lewat Aplikasi

Selain kedua cara diatas, untuk merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap juga bisa dilakukan melalui aplikasi khusus bernama BRI Credit Card Mobile. Cara ini hanya berlaku untuk pengguna Kartu Kredit dari Bank BRI.

Aplikasi tersebut bisa di download secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Selain bisa dipakai untuk konversi tagihan Kartu Kredit, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cek status Kartu Kredit BRI sudah aktif atau belum.

Setelah mendownload aplikasinya, silahkan buat akun menggunakan data rekening dan data Kartu Kredit yang dimiliki. Kemudian untuk tata cara merubah tagihan Kartu Kredit BRI menjadi Cicilan tetap melalui aplikasi BRI Credit Card Mobile bisa kalian simak di bawah ini :

1. Buka Aplikasi BRI Credit Card Mobile

Buka Aplikasi BRI Credit Card Mobile

Pertama-tama silahkan Login ke aplikasi BRI Credit Card Mobile

2. Pilih Ubah Cicilan BRING

Pilih Ubah Cicilan BRING

Lalu pada halaman utama kalian pilih menu Ubah Cicilan BRING

Baca  20 Cara Membayar Paylater Lazada Semua Metode & Biaya Admin 2022

3. Tentukan Tanggal Transaksi

Tentukan Tanggal Transaksi

Tentukan Tanggal Transaksi 2

Kemudian tentukan tanggal transaksi dimana tagihan nya ingin diubah menjadi Cicilan tetap.

4. Tekan Kirim

Tekan Kirim

Jika sudah, nantinya akan muncul transaksi dari tanggal yang telah di pilih. Silahkan klik tombol Kirim

5. Muncul Informasi Nominal Cicilan

Muncul Informasi Nominal Cicilan

Setelah itu dari sistem akan merekomendasikan tenor Cicilan tetap untuk tagihan tersebut lengkap dengan informasi bunga dan nominal Cicilan per bulan.

6. Konfirmasi Perubahan Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap

Konfirmasi Perubahan Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap

Kemudian akan muncul pop-up seperti gambar diatas. Silahkan tap OK untuk konfirmasi.

7. Konversi Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap Berhasil

Konversi Tagihan Kartu Kredit Menjadi Cicilan Tetap Berhasil

Sampai disini kalian sudah berhasil merubah tagihan Kartu Kredit BRI menjadi Cicilan tetap.

Setelah mengetahui beberapa cara konversi tagihan Credit Card menjadi Cicilan tetap, sekarang kalian juga perlu tahu ketentuan dari proses tersebut. Jadi, ketika tagihan Kartu Kredit telah diubah menjadi Cicilan tetap, nantinya kalian akan dikenai bunga Cicilan.

Besaran bunga Cicilan yang berlaku mengikuti ketentuan dari Bank penerbit. Selain itu, cara ini juga berdampak pada penurunan limit Kartu Kredit yang dimiliki, sebab jumlah transaksi nantinya akan dikenai bunga sesuai ketentuan yang berlaku.

Sedangkan untuk keterangan mengenai tanggal jatuh tempo, kalian akan menerima penjelasan lebih lanjut dari pihak Bank penerbit. Tapi satu yang harus di ingat, pastikan kalian selalu bayar Cicilan tepat waktu agar tidak terkena denda keterlambatan.

KESIMPULAN

Demikianlah pembahasan dari Pakaiatm.com mengenai tata cara merubah tagihan Kartu Kredit menjadi Cicilan tetap lewat Kantor Bank, Call Center dan aplikasi. Diatas kami juga menambahkan bahwa perubahan tagihan menjadi Cicilan tetap dalam layanan Kartu Kredit akan berdampak pada pengurangan jumlah limit yang tersisa. Sebab, limit Kartu Kredit yang dimiliki bakal terkena bunga sesuai nominal transaksi dan tenor Cicilan tetap yang di pilih. Dengan adanya cara diatas, maka biaya tagihan Kartu Kredit bisa jadi lebih ringan, karena dibayarkan secara Cicilan tetap.

sumber gambar :

  • Tim Pakaiatm.com
  • mediakonsumen.com