DANA Tidak Bisa Login ? Begini 10 Penyebab & Solusinya

DANA Tidak Bisa Login – DANA? Siapa tidak mengenal salah satu dompet digital yang ramai dan banyak digunakan oleh orang di Indonesia untuk melakukan transaksi. Bagi orang awam tentu akan merasa sedikit asing dengan apa itu DANA.

Untuk yang belum tahu apa itu DANA. DANA merupakan dompet digital di mana di desain untuk menjadikan setiap transaksi non tunai dan non kartu secara digital, baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan terjamin atas keamanannya.

Nah bagi Anda yang belum menggunakan DANA silakan daftar guna memudahkan urusan transaksi keuangan setiap harinya. Dengan DANA ini Anda bisa gunakan untuk melakukan pembayaran online atau offline di merchant yang telah bekerja sama.

Untungnya lagi, Anda bisa melakukan transfer uang ke rekening bank tanpa harus memiliki rekening bank. Namun dengan catatan harus sudah upgrade ke akun DANA premium terlebih dahulu, karena saat daftar di awal nantinya hanya dapat akun DANA biasa.

DANA Tidak Bisa Login

Nah pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan bahas seputar masalah atau kendala yang sering dialami oleh para pengguna DANA. Di mana yang akan di bahas itu sendiri yaitu DANA tidak bisa login sehingga mengakibatkan proses transaksi secara otomatis tertunda.

DANA Tidak Bisa Login

Mengenai permasalahan atau gangguan tidak bisa login ini tentu saja menjadi hal umum yang akan terjadi pada pengguna dompet digital DANA. Namun terkadang banyak yang bertanya akan penyebab dan cara mengatasinya akibat belum mengetahuinya. Tidak perlu khawatir, simak sampai tuntas.

Baca  18 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat DANA 2022: Syarat & Biaya Admin

Penyebab DANA Tidak Bisa Login

Penyebab DANA Tidak Bisa Login

Berbicara mengenai DANA gagal login sendiri ada beberapa faktor penyebab layaknya pada dompet digital atau Mobile Banking lain. Namun secara umum permasalahan gagal login akun DANA tersebut terjadi karena beberapa hal ini:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama gagal login akun DANA bisa terjadi karena koneksi yang terhubung di perangkat yang digunakan untuk buka aplikasi DANA buruk dan tidak stabil. Karena DANA adalah aplikasi online yang mewajibkan terhubung dengan koneksi internet agar bisa mengaksesnya.

2. Sedang Ada Maintenance

Penyebab kedua gagal login akun DANA juga terjadi akibat sedang atau maintenance atau pemeliharaan server. Pemeliharaan tersebut bisa melibatkan pemeriksaan fungsional, service, perbaikan, penggantian atau penambahan fitur-fitur baru di dalamnya.

3. Cache Aplikasi Menumpuk

Penyebab ketiga gagal login akun DANA bisa juga terjadi karena cache aplikasi yang terlalu menumpuk. Apa saja aplikasi jika cache terlalu menumpuk pasti akan alami penolakan saat diakses, tidak terkecuali pada DANA yang tidak dapat login ini.

4. Perangkat Terdeteksi Pernah di Root

Penyebab keempat aplikasi DANA tidak bisa dibuka atau login yaitu bisa terjadi karena perangkat yang digunakan untuk buka aplikasi DANA terdeteksi pernah di root atau jailbreak. Aplikasi keuangan seperti dompet digital dan Mobile Banking akan sangat sensitif terhadap perangkat yang sudah pernah di root.

5. Akun DANA Dibekukan

Penyebab terakhir kenapa akun DANA tidak dapat login juga bisa terjadi karena akun DANA dibekukan sementara oleh pihak bank DANA. Baik itu terjadi karena salah memasukkan PIN atau ada indikasi transaksi mencurigakan dan tidak wajar pada akun DANA tersebut.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Login

Setelah tahu apa saja penyebab yang menjadikan DANA tidak bisa login di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sehingga transaksi yang diinginkan tidak tertunda terlalu lama. Adapun cara mengatasi nantinya perlu disesuaikan dengan apa faktor penyebabnya.

Baca  BCA Mobile Error 209 ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

1. Periksa Koneksi Internet

Jika gagal login DANA akibat koneksi buruk dan tidak stabil. Silakan cek dan periksa terlebih dahulu koneksi yang terhubung perangkat tersebut apakah benar sedang tidak stabil atau justru lancar.

Jika setelah pengecekan ternyata benar koneksi internet tersebut tidak stabil. Maka Anda bisa gunakan koneksi internet lain untuk dihubungkan, misalnya gunakan paket data atau Wi-Fi rumah.

2. Tunggu Maintenance Berakhir

Lalu saat gagal login akibat sedang ada maintenance, maka solusinya tinggal tunggu sampai maintenance tersebut berakhir. Untuk lama waktu maintenance tersebut tidak bisa ditentukan oleh pihak DANA.

Di mana para pengguna DANA hanya perlu cek dan login kembali secara berkala. Jika sudah bisa kembali login normal seperti biasa maka itu tandanya adalah maintenance telah berakhir.

3. Hapus Cache Aplikasi

Sedangkan untuk permasalahan tidak bisa login akibat cache aplikasi yang menumpuk, maka Anda tinggal perlu melakukan hapus cache aplikasi. Bagi yang belum tahu akan cara hapus cache aplikasi simak di bawah ini:

Android

  • Langkah awal silakan masuk ke menu Pengaturan” di HP.
  • Lalu pilih opsi Apl / Aplikasi”.
  • Kemudian pilih “Kelola Aplikasi”.
  • Setelah itu cari aplikasi “DANA”.
  • Langkah terakhir tinggal klik “Hapus Data” > “Bersihkan Cache”.

iPhone

  • Buka menu “Setting” > “General” > “iPhone Storage”.
  • Jika sudah pilih aplikasi “DANA” atau aplikasi lain yang banyak memakan ruang penyimpanan.
  • Selanjutnya di laman pop-up, silakan klik “Offload App” untuk mulai hapus aplikasi tersebut.

Tidak perlu khawatir meskipun hapus aplikasi, meskipun aplikasi dihapus semua data dan dokumen di aplikasi DANA tetap tersimpan aman dan dan bisa digunakan kembali setelah aplikasinya di install kembali.

Baca  15 Cara Transfer Saldo DANA ke BCA 2022 : Syarat & Admin

4. Unroot Perangkat

Cara mengatasi berikutnya untuk tidak bisanya login akun DANA yaitu dengan unroot atau kembalikan ke setelan awal dari perangkat yang telah di root tersebut. Perihal hal itu, di setiap merek dan tipe HP memiliki cara berbeda.

Jadi perlu disesuaikan jika ingin unroot perangkat yang digunakan tersebut. Jika Anda kurang yakin untuk unroot, silakan cari informasi tersebut di google atau meminta bantuan pada ahlinya.

5. Hubungi Call Center DANA

Selain mengatasi cara di atas dan tetap saja Anda mengalami gagal login akun DANA, maka bisa atasi dengan cara satu ini. Di mana atasi dengan hubungi call center DANA untuk meminta bantuan atas gangguan yang akibatkan gagal login ke akun DANA.

Selain itu untuk permasalahan akun DANA dibekukan juga bisa atasi dengan cara menghubungi call center DANA ini. Silakan sampaikan secara jelas dan lengkap maksud dan tujuan saat menghubungi call center DANA.

  • Customer Care : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Email : help@dana.id

Silakan hubungi call center di atas kapan saja, karena call center DANA tersebut melayani selama 24 jam dalam 7 hari waktu kerja. Sehingga tidak perlu khawatir saat Anda melakukan transaksi saat jam-jam kritis misalnya malam hari.

Untuk Anda yang hubungi dengan melakukan panggilan lewat nomor HP call center DANA, maka pastikan nomor HP tersedia pulsa guna biaya panggilan. Sedangkan hubungi lewat WA dan Email hanya perlu terhungi koneksi internet.

Demikian kiranya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi DANA tidak bisa login yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait gagal login akun DANA di atas bisa bermanfaat, terutama bagi pengguna aplikasi DANA yang alami masalah serupa saat ingin transaksi.