DANA Tidak Bisa Transaksi (Error) ? Ini Penyebab & Solusinya

DANA Tidak Bisa Transaksi – Perihal aplikasi dompet digital bernama DANA, tentu sudah melekat di sebagian kalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan DANA memberikan kemudahan dalam setiap transaksi keuangan dan keuntungan lebih bagi para penggunanya.

Advertisements

Selain itu berbagai macam transaksi keuangan seperti pembayaran listrik, pulsa, paket data, dan lainnya bisa dilakukan secara mudah. Bahkan bagi Anda yang ingin kirim yang dengan tujuan rekening bank bisa melakukannya di aplikasi DANA ini.

Namun dengan catatan untuk transfer DANA ke rekening bak, terlebih dahulu Anda harus sudah upgrade ke akun DANA Premium. Setelah berhasil upgrade maka silakan nikmati transaksi-transaksi dengan aplikasi dompet digital bernama DANA tersebut.

Advertisements

Nah dalam menjalani proses transaksi dengan DANA baik itu pembayaran atau transfer, nantinya tidak semua berjalan lancar. Ada kalanya DANA tidak bisa digunakan untuk transaksi dan membuat transaksi yang dimaksud akan sedikit tertunda.

DANA Tidak Bisa Transaksi

DANA Tidak Bisa Transaksi

Mengenai hal itu, tentu saja para pengguna akan bertanya seputar apa penyebab yang menjadikan gagal transaksi beserta cara mengatasinya. Untuk hal itu, pada pembahasan kali ini pakaiatm akan sajikan informasi DANA gagal transaksi secara lengkap di bawah ini.

Advertisements

Penyebab DANA Tidak Bisa Transaksi

Penyebab DANA Tidak Bisa Transaksi

Untuk penyebab yang menjadikan DANA gagal melakukan transaksi ada beberapa faktor. Namun secara umum penyebab DANA tidak dapat transaksi menurut para pengguna dan pengalaman kami saat menggunakannya, dikarenakan oleh beberapa hal ini:

Baca  5 Cara Hapus Akun DANA 2022 : Sementara & Permanen

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pertama, terjadi akibat koneksi buruk yang terhubung pada perangkat di mana digunakan untuk akses aplikasi DANA. Hal ini umum terjadi dan bisa juga dialami pada aplikasi dompet digital atau aplikasi online lain yang membutuhkan koneksi internet untuk aksesnya.

2. Sistem Aplikasi DANA Error

Kedua, tidak bisa transaksi juga terjadi karena sistem aplikasi DANA error atau sedang sibuk saat Anda mencoba melakukan transaksi. Untuk error sendiri tidak bisa ditentukan kapan akan terjadi permasalahan yang mengakibatkan transaksi tertunda.

3. Adanya Maintenance Aplikasi

Ketiga, bisa juga transaksi gagal di aplikasi DANA akibat adanya maintenance atau pemeliharaan aplikasi. Tujuan maintenance ini untuk memperbarui fitur yang sudah ada maupun yang baru dengan tujuan agar pengguna lebih nyaman dan aman saat bertransaksi.

Advertisements

4. DANA Dibekukan Akibat Beberapa Alasan

Keempat, akun DANA tidak bisa digunakan untuk bertransaksi juga diakibatkan akun DANA dibekukan dengan beberapa alasan. Namun secara umum akun DANA dibekukan, akibat adanya transaksi tidak wajar dan mencurigakan sehingga bisa merugikan pengguna akun.

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Transaksi

Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Transaksi

Setelah tahu akan penyebab yang menjadikan proses transaksi Anda menggunakan aplikasi DANA tidak berhasil, selanjutnya tinggal mengetahui solusi atau cara mengatasinya. Di mana untuk mengatasi DANA tidak bisa digunakan transaksi bisa dilakukan melalui beberapa cara ini.

1. Ganti Koneksi Lancar

Jika memang transaksi menggunakan dompet digital DANA gagal akibat koneksi internet yang terhubung tidak lancar atau tidak stabil. Maka solusinya adalah dengan mengganti atau pindah ke jaringan koneksi internet lain yang stabil.

Untuk penggantian tersebut, Anda bisa manfaatkan kuota paket data maupun WiFi rumah. Atau bisa juga minta hotspot / tethering ke teman maupun saudara, baru setelah itu silakan coba ulangi transaksi yang dimaksud.

Baca  15 Cara Transfer GoPay ke DANA 2022 : Syarat, Biaya & Limit

2. Tunggu Sistem & Maintenance Selesai

Lalu untuk masalah gagal transaksi akibat sistem sedang sibuk dan adanya maintenance pada aplikasi DANA. Tidak ada cara selain menunggu sampai proses sistem kembali normal dan maintenance sudah selesai.

Namun setelah maintenance berhasil, alangkah baiknya Anda lakukan update aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakan. Sehingga fitur terbaru yang disematkan setelah upgrade bisa dinikmati untuk saat menggunakan aplikasi DANA.

Apakah lama proses keduanya? Untuk hal itu tidak bisa ditentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Namun guna memastikan DANA sudah bisa digunakan untuk transaksi kembali, silakan untuk cek secara berkala.

3. Hubungi Customer Service DANA

Namun, setelah melakukan cara mengatasi di atas dan tetap saja tidak berhasil dan transaksi tetap saja gagal. Maka solusi terakhir bisa dilakukan adalah menghubungi call center DANA guna meminta bantuan atas gangguan tidak bisa melakukan transaksi tersebut. Untuk menghubungi call center DANA, silakan hubungi di beberapa layanan seperti:

  • Customer Care : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Email : help@dana.id

Dalam proses menghubungi call center di atas, Anda bisa dilakukan kapan saja. Hal itu dikarenakan call center DANA siap melayani selama 24 jam dalam 7 hari waktu kerja. Sehingga tidak perlu khawatir saat mengadukan permasalahan ini saat jam-jam kritis seperti pada tengah malam.

Secara umum itulah penyebab dan cara mengatasi permasalahan aplikasi DANA yang gagal untuk melakukan transaksi. Semoga dengan adanya pembahasan terkait DANA gagal untuk transaksi dapat pakaiatm.com sajikan di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan, terutama pengguna DANA di mana alami masalah serupa.

Advertisements