√ Akun DANA Tidak Valid Saat Top Up ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Akun Dana Tidak Valid – Kini kemudahan transaksi keuangan baik dari transfer, pembayaran dan lainnya sudah dapat dirasakan. Karena sudah hadir layanan m-Banking ada juga layanan dompet digital, salah satu dompet digital terpercaya adalah DANA.

Dengan dana inilah nantinya banyak keuntungan dapat dirasakan, mulai dari transfer saldo ke bank lain atau sesama DANA tanpa ada biaya admin. Itu dikarenakan DANA memberikan ketentuan gratis transfer 10 kali setiap bulan dengan nominal di atas Rp 50.000.

Namun dalam proses transaksi aplikasi dompet DANA terlebih dahulu harus registrasi agar bisa menjadi akun DANA Premium. Setelah itu Anda harus top up dari berbagai metode agar nantinya proses transaksi kirim saldo lewat akun DANA bisa dilakukan.

Hanya saja dalam beberapa kasus ada beberapa masalah berupa akun DANA tidak valid saat melakukan top up saldo. Lantas apa masalah tersebut? Terkait hal itu, kali ini kami akan sajikan lengkap dari penyebab dan cara mengatasi akun DANA tidak valid.

Akun DANA Tidak Valid

Akun DANA Tidak Valid

Mungkin bagi pengguna DANA baru atau yang baru pertama kali menemui masalah akun DANA tidak valid saat top up atau isi saldo dan ada informasi pemberitahuan muncul. Namun sebenarnya kejadian seperti ini memang sering terjadi pada pengguna DANA.

Terkait akun DANA tidak valid saat top up dan munculnya permasalahan jangan membuat Anda terlalu khawatir berlebih, karena kami sudah rangkumkan secara lengkap dari penyebab beserta solusi mengatasi permasalahannya.

Baca  Pilih OVO atau DANA ? Ini Dia Kelebihan & Kekurangannya

Penyebab Akun DANA Tidak Valid

Penyebab Akun DANA Tidak Valid

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi permasalahan tidak valid tersebut, guna lebih memudahkan proses atasinya maka Anda harus mengetahui dahulu apa faktor penyebab masalah ini muncul.

Kejadian akun DANA tidak valid saat top up terjadi karena adanya permasalahan pada nomor terdaftar. Penyebab ini memang kerap dikeluhkan saat melakukan top up melalui beberapa metode seperti top up DANA di Alfamart, Indomaret, konter terdekat, ATM dan m-Banking BCA, BRI dan lainnya.

Selain itu, bisa juga penyebab kenapa DANA tidak valid saat top up diakibatkan Anda salah dalam memasukan kode / nomor pelanggan DANA. Hal ini juga bisa menjadi salah satu masalah umum yang akibatkan munculnya permasalahan tidak bisa top up DANA.

Dengan begitu, bisa disimpulkan jika permasalahan tidak valid tersebut terjadi akibat adanya gangguan dari sistem pada aplikasi DANA dan kesalahan input kode VA / nomor telepon terdaftar di akun DANA. Terkait masalah ini bisa diatasi tanpa harus hubungi call center.

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Valid

Cara Mengatasi Akun DANA Tidak Valid

Jika para pengguna akun DANA yang alami masalah serupa dan mengetahui pokok permasalahan yang menjadikan tidak valid tersebut. Selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cari untuk mengetahuinya. Guna lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

1. Tunggu Sistem DANA Normal

Cara mengatasi pertama saat DANA tidak valid saat top up yang diakibatkan oleh gangguan sistem, solusi paling tepat adalah dengan menunggu sistem DANA kembali normal dan pulih. Karena biasanya kurang dari 24 jam sistem normal kembali.

Untuk memastikan apakah sistem sudah pulih dan bisa digunakan transaksi, maka bisa cek secara berkala di aplikasi DANA sekitar 10 menit sekali. Jika sistem sudah normal maka berbagai transaksi sudah bisa kembali dilakukan, termasuk top up.

Baca  Jenius Tidak Bisa Login ? Berikut 10 Cara Mengatasinya

Bahkan tidak hanya transaksi saja, saat ada masalah pada sistem akan membuat aplikasi DANA tidak bisa dibuka atau DANA tidak bisa login sama sekali. Hal ini lah yang akan menghambat transaksi pengguna DANA.

2. Cek Nomor Pelanggan DANA

Cara mengatasi kedua saat DANA tidak valid saat top up akibat kesalahan dalam memasukkan nomor ID pelanggan DANA bisa dilakukan dengan cek ulang saat berhasil memasukkannya. Silakan cek secara teliti apakah sudah benar atau belum, bisa cek juga dengan cara ini:

  • Buka aplikasi DANA.
  • Pilih opsi menu “Isi Saldo”.
  • Pilih metode pembayaran diinginkan.
  • Salin kode pembayaran / srceen shot.

3. Hubungi Call Center DANA

Namun jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun tetap saja tidak berhasil dan tetap tidak valid, maka solusi terakhir adalah hubungi call center DANA untuk meminta bantuan. Terkait menghubungi call center / kontak center bisa di:

  • Customer Care : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Email : help@dana.id

Jangan ragu untuk hubungi call center / customer care DANA tersebut kapan saja, karena layanan tersebut siap melayani pengguna selama 24 jam setiap harinya. Untuk menghubungi layanan tersebut lewat ponsel maka perlu siapkan pulsa.

Bagi pengguna aktif DANA yang kesehariannya lakukan transaksi dengan kejadian ini pastinya cukup menghambat. Dengan begitu pengguna DANA harus menyelesaikan permasalahan agar transaksi bisa berjalan normal kembali.

Adanya pembahasan yang pakaiatm.com sajikan di atas terkait akun DANA tidak valid lengkap penyebab dan cara mengatasi di atas semoga bisa bermanfaat. Terutama bagi para pengguna layanan dompet digital DANA yang alami masalah serupa.