√ Jadwal Penukaran Uang Baru Hari Ini 2021 : Tersedia & Edisi Khusus

Jadwal Penukaran Uang Baru Hari Ini – Bulan ramadhan mungkin banyak di tunggu-tunggu oleh para warga Indonesia terutama para pemeluk agama islam. Di mana nantinya akan di akhiri oleh hari lebaran idul fitri dengan berkumpulnya sanak keluarga.

Namun, kabar tidak enak datang untuk Anda yang bekerja atau merantau di daerah lain, di mana tahun ini pemerintah melarang adanya mudik lebaran. Larangan mudik tersebut sudah diberlakukan dengan adanya ketentuan tanggal.

Walaupun demikian, Bank Indonesia (BI) tetap memastikan layanan penukaran uang baru tetap buka. Seperti Anda ketahui sendiri, setiap bulan ramadhan atau menyambut hari raya idul fitri pastinya banyak orang mulai menukarkan uang baru.

Tujuan penukaran sendiri yaitu untuk dibagikan ke sanak sekeluarga, hal ini sudah identik di tanah air. Namun, masih banyak orang yang bertanya mengenai jadwal penukaran uang baru tersebut, karena seperti Anda ketahui sendiri di tahun-tahun sebelumnya ada jadwal atau ketentuan tertentu.

Jadwal Penukaran Uang Baru Hari Ini Tersedia Edisi Khusus

Nah, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan menyampaikan sebuah informasi mengenai jadwal penukaran uang baru hari ini. Untuk lebih jelas mengenai jadwal penukaran uang baru ini sendiri, berikut akan disampaikan secara lengkap.

Jadwal Penukaran Uang Baru Hari Ini

Jadwal Penukaran Uang Baru Hari Ini

BI menegaskan, jika penukaran uang baru sudah bisa dilakukan hari ini per tanggal 12 April. Di mana hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim yang mana penukaran uang dibuka sejak 12 April hingga 11 Mei 2021.

Tidak hanya itu, Marlison Hakim juga menjelaskan, jika penukaran uang baru sama seperti tahun lalu. Layanan penukaran uang di BI tidak bisa dilakukan secara individual maupun ritel, namun sudah bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok.

Hal itu ada alasan tertentu yaitu dengan mempertimbangkan kondisi COVID-19 dan aspek kesehatan masyarakat. Di mana CARA TUKAR UANG BARU DI BANK lebaran tahun ini dilakukan melalui kantor bank yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan resmi ini, BI sudah bersinergi dengan bank dalam menambah outlet layanan penukaran menjadi 4.608 jaringan kantor bank pada tahun ini. Jika melihat tahun lalu, maka lokasi atau tempat penukaran uang baru mengalami peningkatan.

Pecahan Uang yang Tersedia

Pecahan Uang yang Tersedia

Pihak BI sendiri menyiapkan uang tunai sebesar Rp 152,14 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di mana akan melakukan penukaran uang baru selama Ramadhan atau Idul Fitri 1442 H. Besaran tersebut, lebih banyak dari tahun lalu di mana hanya Rp 109,20 triliun saja.

Untuk uang bisa ditukar tersebut didominasi dengan pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000, dengan besaran Rp 137 triliun. Sementara sisanya terdiri dari uang pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000.

Dalam memastikan kebutuhan uang rupiah baru tersedia dalam jumlah cukup dan kualitas layak edar. Pihak BI melakukan koordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang mesin ATM dan mesin tarik tunai.

Penukaran Uang Pecahan Khusus

Penukaran Uang Pecahan Khusus

Selain memberikan pecahan di atas, ternyata BI juga memberlakukan ketentuan akan penukaran uang baru edisi pecahan khusus yaitu Rp 75.000. Hal itu karena jadwal penukaran baru edisi khusus diperpanjang lagi sampai akhir bulan April. Di mana sebelumnya jadwal penukaran uang baru edisi khusus hanya sampai akhir bulan Maret.

Penukaran uang baru edisi khusus ini sendiri akan disesuaikan nantinya dengan kapasitas dari uang pecahan khusus itu sendiri dengan lokasi yang dipilih. Di mana setiap satu KTP diperbolehkan menukar uangnya dengan maksimal 100 lembar uang pecahan edisi khusus Rp 75.000 edisi kemerdekaan.

Tidak hanya datang langsung ke kantor BI, warga masyarakat juga bisa melakukan pemesanan secara individu melalui aplikasi PINTAR dari BI. Dengan cara memilih tanggal penukaran yang sama dengan tanggal pemesanan.

Mungkin itu saja kiranya informasi mengenai jadwal penukaran uang hari ini di mana sudah menjadi ketentuan BI.  Semoga adanya informasi jadwal penukaran uang baru yang pakaiatm.com sampaikan bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang berniat untuk menukar uang untuk di bagi ke sanak keluarga saat hari lebaran atau hari raya idul fitri tahun ini.