7 Penyebab & Solusi Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan – Dengan menjadinya nasabah bank baik bank swasta maupun bank milik pemerintah. Maka nantinya Anda akan mendapatkan sebuah fasilitas kartu ATM yang bisa digunakan untuk lakukan transaksi di mesin ATM atau EDC.

Nah teruntuk Anda para nasabah Bank Jatim tentu saja bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer atau pembayaran di merchant atau toko yang telah menyediakan metode pembayaran menggunakan metode gesek kartu di mesin EDC.

Namun dengan demikian terkadang dalam proses transaksi menggunakan kartu ATM Bank Jatim tersebut Anda bisa alami hal tidak terduga. Di mana kegagalan transaksi bisa terjadi karena KARTU ATM BANK JATIM TIDAK TERDAFTAR atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Jika sampai alami permasalahan kartu ATM tidak bisa digunakan untuk lakukan transaksi, tentu saja akan secara otomatis transaksi Anda tertunda. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Bank Jatim tidak dapat digunakan?

Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Untuk menjawab masalah tidak bisa digunakannya kartu ATM Bank Jatim itu sendiri, berikut akan pakaiatm.com sajikan secara lengkap pada pembahasan kali ini. Jadi, terus untuk simak dan ikuti pembahasan terkait kartu ATM tidak bisa digunakan ini sampai akhir.

Baca  PIN Kartu Kredit CIMB Niaga Terblokir & Cara Mengatasi 2021

Penyebab Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Berbicara mengenai penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan sendiri hampir umum dan sama seperti permasalahan pada kartu ATM bank-bank lainnya. Di mana faktor penyebabnya sendiri seperti misalnya:

1. Kartu ATM Rusak

Pertama, kartu ATM tidak bisa digunakan bisa saja karena kartu ATM mengalami kerusakan pada fisik kartunya. Biasanya kerusakan akan terjadi seperti retak, patah dan pita hitam tergores yang menjadikan saat dimasukkan ke mesin ATM tidak terbaca.

2. Kartu ATM Expired/Valid Thru

Kedua, kartu ATM tidak bisa digunakan terjadi karena kartu ATM habis masa aktif, expired atau valid thru kartu habis. Secara umum kartu ATM memiliki umur 5 tahun, jika lebih dari itu maka harus ganti. Untuk cek valid thru nya silakan lihat di bagian depan kartu.

3. Kartu ATM Dormant

Ketiga, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa terjadi karena kartu ATM Anda sedang dalam masa dormant. Di mana kartu ATM Bank Jatim dormant biasanya terjadi karena kartu ATM tidak pernah digunakan untuk transaksi dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak menyisakan saldo di dalamnya.

4. Kartu ATM Terblokir

Keempat, kartu ATM tidak bisa digunakan bisa juga dikarenakan oleh kartu ATM milik Anda terblokir. Biasanya pemblokiran kartu ATM oleh pihak Bank Jatim terjadi saat ada kesalahan memasukkan PIN 3 kali secara berturut saat transaksi atau pihak bank yang blokir karena ada transaksi mencurigakan.

5. Kartu ATM Belum Ganti Chip

Terakhir, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa terjadi saat kartu ATM Anda belum berganti ke kartu ATM berteknologi chip. Seperti Anda ketahui sendiri ada batasan tertentu penukaran kartu ATM lama ke kartu ATM teknologi chip, jika belum berganti maka kartu Bank Jatim Anda tidak dapat digunakan untuk transaksi.

Baca  Kartu ATM CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan (Penyebab & Solusi)

Cara Mengatasi Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kartu ATM Bank Jatim Tidak Bisa Digunakan

Setelah tahu apa penyebab yang menjadikan kartu ATM tidak bisa digunakan di atas, selanjutnya adalah tinggal mengetahui cara mengatasinya. Di mana cara mengatasinya sangatlah mudah dan sederhana tergantung dengan penyebabnya.

1. Aktifkan Kembali Kartu ATM

Cara mengatasi pertama adalah dengan aktifkan kartu ATM Bank Jatim kembali, biasanya cara ini dilakukan ketika kartu ATM tidak bisa digunakan karena dormant dan terblokir. Untuk atasinya Anda tinggal perlu datang ke kantor cabang Bank Jatim terdekat.

Jangan lupa untuk kelancaran dalam pemprosesannya, nasabah Bank Jatim harus membawa persyaratan seperti misalnya kartu ATM, buku tabungan, KTP atau identitas diri lain dan juga uang tunai. Secara umum besaran biaya pembukaan kartu ATM terblokir adalah Rp 5.000.

2. Ganti Kartu ATM Baru

Cara mengatasi kedua adalah dengan mengganti kartu ATM Bank Jatim dengan kartu ATM terbaru. Di mana cara mengatasi ini bisa dilakukan saat Anda alami KARTU ATM RUSAK, valid thru/expired dan kartu ATM belum ganti ke kartu ATM Bank Jatim chip.

Untuk penggantian kartu ATM Bank Jatim baru silakan datang ke kantor cabang bank Jatim terdekat dengan bawa syarat seperti kartu ATM lama, buku tabungan, KTP dan sejumlah uang untuk biaya pergantian kartu. Biaya ganti kartu ATM Bank Jatim akibat rusak dan valid thru habis adalah Rp 15.000, sedangkan untuk beralih ke kartu ATM chip gratis.

Demikian kiranya informasi terkait penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Bank Jatim tidak dapat digunakan untuk transaksi dapat pakaiatm.com sajikan. Adanya pembahasan kartu ATM tidak bisa digunakan di atas semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi semua, terutama bagi nasabah Bank Jatim yang alami hal sama.

Baca  √ Kartu ATM Hilang 2021 : Cara Mengurus, Biaya & Surat