10 Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN : BRI, BNI, BCA

Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN – Penggunaan sistem transaksi pembayaran non-tunai milik asing seperti Visa, Mastercard dan lainnya oleh bank nasional. Mungkin sudah dari puluhan tahun yang lalu.

Namun sejak 2018 yang lalu, pemerintah Indonesia meluncurkan kartu ATM dengan logo GPN. Namun sampai saat ini banyak para pengguna lama kartu ATM seperti visa, Mastercard dan lainnya belum mengganti Kartu ATM-nya.

Nah, bagi Anda nasabah yang berkeinginan ingin mengganti atau pertama kali pembukaan rekening tabungan dan memilih kartu ATM GPN. Terlebih dahulu perlu mengetahui kelebihan kekurangan atau untung rugi dari kartu ATM GPN itu sendiri.

Dengan begitu pakaiatm.com pada kesempatan kali ini akan sampaikan informasi mengenai kelebihan atau keuntungan dari kartu ATM/debit GPN. Tentu juga mengenai kekurangan atau kelemahan dari kartu ATM GPN.

Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN

Untuk lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangan kartu ATM GPN itu sendiri. Berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini, jadi terus simak artikel kelebihan dan kekurangan kartu ATM ini sampai akhir. Agar Anda jelas akan kelebihan dan kekurangannya apa saja.

Apa Itu GPN?

Apa Itu GPN

GPN adalah kepanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional, di mana merupakan sebuah sistem transaksi non-tunai di mana dibuat seaman dan seefisien mungkin. Yang mana GPN memiliki tujuan untuk menghubungkan berbagai jalur pembayaran secara nasional serta bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bank Indonesia (BI) dengan berbagai lainnya di Indonesia telah menghadirkan kartu debit dengan logo nasional yaitu gambar burung garuda yang dilengkapi dengan teknologi chip (National Indonesian Chip Card Specification/NISCCS).

Baca  Arti SA Cash Dep NoBook Adalah ? Saat Mutasi Rekening

Tujuannya sendiri yaitu untuk melindungi data serta transaksi keuangan nasabah di seluruh Indonesia tanpa melewati jaringan luar negeri lagi. Kalau dulu membayar dengan kartu ATM harus menggunakan mesin Electronic Data Capture atau EDC dari bank yang menerbitkan kartu debit tersebut, sekarang sudah tidak.

Kelebihan Kartu ATM GPN

Kelebihan Kartu ATM GPN

Berbicara mengenai kelebihan atau keunggulan dari kartu ATM GPN, bisa dikatakan cukup banyak. Namun dari banyaknya untung atau kelebihan tersebut ada nasabah bank di Indonesia belum tahu secara jelas mengenai apa saja sisi kelebihan tersebut. Nah berikut akan disampaikan beberapa kelebihan yang ada di kartu ATM GPN, seperti:

  • Untung/kelebihan pertama dari GPN yaitu bisa membantu meningkatkan keuangan inklusif serta mengembangkan sistem perdagangan nasional berbasis teknologi e-commerce.
  • GPN bisa meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi nasabah.
  • Masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai karena seluruh proses transaksi pembayaran domestik bisa dijalankan dengan interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas (saling dioperasikan).
  • Kelebihan selanjutnya yaitu pihak merchant tidak perlu menggunakan banyak mesin EDC untuk proses pembayaran sehingga waktunya lebih efisien.
  • Mulai menekan anggaran operasional dan investasi teknologi seperti mesin ATM serta mesin EDC. Sehingga biaya transfer, tarik tunai, serta komisi pembelian tadinya dibebankan ke nasabah akan berkurang.
  • Nasabah bisa menggunakan kartu ATM serta mesin EDC berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Dengan begitu, mesin ATM serta mesin EDC nantinya akan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan.
  • Nasabah tidak lagi dikenakan biaya oleh merchant saat melakukan transaksi non-tunai karena sudah memperoleh Merchant Discount Rate.
  • Pemerintah bisa melaksanakan program Government to Person (G2P) seperti penyaluran bantuan sosial non-tunai. Bisa juga melaksanakan Person to Government (P2G) seperti program elektronifikasi jalan tol dan transportasi menyeluruh.
  • Terwujudnya sistem bertransaksi nasional yang aman, efisien dan nyaman. Ini sesuai dengan perkembangan teknologi yang dilengkapi fitur keamanan berstandar nasional yang dilakukan di dalam negeri melalui jaringan transaksi domestik.
  • Untuk/kelebihan terakhir dari kartu ATM GPN yaitu transaksi lewat mesin EDC yang dulunya dikenakan biaya 2 – 3% sekarang menjadi 1% per transaksi.
Baca  12 Cara Buka Rekening Bank Jatim 2022 : Jenis & Setoran Awal

Kekurangan Kartu ATM GPN

Kekurangan Kartu ATM GPN

Setelah berbicara mengenai kelebihan tentu saja kartu ATM GPN memiliki kekurangan. Lantas apa saja kekurangan yang dimiliki kartu ATM GPN itu sendiri? Ada beberapa kekurangan dari kartu berlogo GPN dari berbagai bank nasional. Berikut kekurangan secara umum kartu ATM GPN itu sendiri, seperti:

  • Rugi/kekurangan pertama yaitu pihak perusahaan keuangan nantinya akan mengalami potensi rugi. Hal itu dikarenakan keduanya harus mencetak serta menerbitkan kartu ATM berlogo GPN sebagai ganti kartu berlogo Visa maupun Mastercard.
  • Kekurangan lain yaitu kartu ATM berlogo GPN belum bisa digunakan untuk pembayaran e-commerce. Seperti misalnya pembelian barang dari luar negeri melalui Ebay, Amazon, Alibaba dan lainnya.
  • Kekurangan kartu ATM berlogo GPN selainnya di aman kartu ATM GPN tetap memberlakukan biaya administrasi bulanan seperti kartu berlogo Visa maupun Mastercard. Besarab biayanya berbeda tipis yaitu berkisar Rp 1.000 – Rp 2.000.
  • Kartu ATM GPN belum bisa digunakan bertransaksi pembayaran di luar negeri, baik itu lewat mesin ATM maupun mesin EDC.
  • Rugi/kekurangan terakhir yaitu menurunnya pendapatan dari fee yang awalnya dibebankan ke merchant sebanyak 2 – 3% menjadi 1%.

FAQ

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu ATM GPN?

Jika ingin ganti kartu ATM Visa, Mastercard, dan lainnya ke ATM berlogo GPN, nasabah hanya perlu datang ke cabang terdekat.

2. Apakah Langsung Jadi Saat Itu Juga Ketika Melakukan Pergantian Kartu ATM Berlogo GPN?

Tidak. Kartu ATM/debit GPN dapat dipesan reguler serta dapat diambil selama 14 hari setelah hari pergantian.

3. Apakah Kartu ATM GPN Bisa Menggunakan Mesin EDC Lain?

Seluruh kartu ATM GPN yang diterbitkan, sudah bisa menggunakan mesin EDC dari bank lainnya.

Baca  √ Apa Itu Kode CVV 2022 : Fungsi, Jenis Kartu, Cara & Tips

Mungkin seperti itulah informasi dapat pakaiatm.com sampaikan mengenai kelebihan serta kekurangan dari kartu ATM/debit berlogo ATM. Semoga dengan adanya informasi kelebihan kekurangan di atas, dapat bermanfaat dan berguna bagi siapa saja yang membutuhkan.