√ Penyalahgunaan Kartu ATM BNI : 8 Penyebab & Mengatasi

Penyalahgunaan Kartu ATM BNI – Memang sejak adanya pandemi covid-19, penggunaan kartu ATM sedikit tergusur dengan adanya layanan online seperti Mobile Banking dan bank digital. Hal itu dikarenakan kemudahan transaksi keuangan dari nasabah sudah dalam genggaman tangan di sebuah aplikasi pada perangkat saja.

Advertisements

Kendati demikian, kartu ATM masih tetap menjadi salah satu layanan fasilitas yang banyak digunakan oleh sebagian nasabah. Biasanya digunakan untuk melakukan penarikan tunai di mesin ATM atau melakukan pembayaran di merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan mesin EDC atau ATM Mini.

Berbicara mengenai kartu ATM sendiri, pada pembahasan kali ini pakaiatm.com akan sajikan informasi mengenai sebuah permasalahan atau error pada kartu ATM BNI dengan berbagai keterangan yang muncul seperti “Penyalahgunaan Kartu, Harap Ambil Kartu Anda” dan keterangan lain-lainnya.

Advertisements

Mengenai kartu ATM permasalahan penyalahgunaan kartu ATM BNI tersebut yang muncul pada layar tampilan mesin ATM, membuat kadang banyak nasabah merasa cemas. Mengenai hal itu, Anda tidak perlu khawatir karena akan kami sajikan secara lengkap informasi terkait penyalahgunaan kartu ATM tersebut di bawah ini.

Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Apa Maksud Penyalahgunaan Kartu ATM ?

Namun, sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya terkait apa penyebab dan cara mengatasinya. Alangkah baiknya Anda perlu mengetahui dahulu pengertian atau apa maksud notifikasi penyalahgunaan kartu ATM tersebut yang muncul pada layar mesin ATM saat melakukan transaksi.

Baca  √ Lupa User ID BNI 2022 : 18 Penyebab & Cara Mengatasi
Advertisements

Menurut ketentuan pihak bank BNI, penyalahgunaan kartu adalah kondisi di mana adanya perbedaan data kartu dengan server pusat. Sumber umum yang menjadikan perbedaan antara data kartu dengan server pusat BNI diantara lainnya seperti:

  • Kondisi aktif dan terblokirnya kartu ATM
  • Tanggal aktif / valid thru kartu ATM
  • Gangguan sistem atau server akibat adanya maintenance
  • Sistem pembaca kartu di mesin ATM (chip & magnetik)

Penyebab Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Penyebab Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Setelah tahu sedikit apa itu penyalahgunaan kartu ATM di atas, selanjutnya mari bahas terkait penyebab yang menjadikan notifikasi pada layar mesin ATM muncul tulisan tersebut. Secara umum, ada beberapa penyebab yang menjadikan munculnya notif penyalahgunaan kartu, diantaranya:

1. Kartu ATM BNI Belum Berteknologi Chip

Pertama, bisa jadi kartu ATM BNI Anda belum ganti ke kartu ATM berteknologi chip. Karena seperti diketahui sendiri jika pihak Bank Indonesia mengeluarkan statement bahwa kartu yang belum berteknologi chip tidak bisa digunakan untuk transaksi atau segera diblokir sesuai jadwal pemblokiran.

2. Kartu ATM BNI Expired / Valid Thru

Ketiga, seperti sudah diketahui jika kartu debet memiliki expired / kedaluwarsa / valid thru selama 5 tahun. Jadi saat masa aktif kartu tersebut sudah habis dan melewati batas ketentuan, maka saat digunakan untuk melakukan transaksi akan muncul notifikasi di layar mengenai penyalahgunaan kartu ATM.

Advertisements

3. Kartu ATM BNI Terblokir

Kedua keluarnya notifikasi penyalahgunaan kartu saat transaksi di mesin ATM juga bisa dikarenakan oleh kartu BNI yang terblokir. Kartu ATM terblokir sendiri memiliki beberapa sebab seperti misalnya salah masukkan PIN ATM 3 kali berturut-turut, lama tidak digunakan untuk bertransaksi atau diblokir dari pihak bank.

Baca  15 Cara Mengatasi SMS Banking BCA Terblokir 2022 : Penyebab & Tips

4. Adanya Gangguan Jaringan ATM BNI

Keempat, munculnya notifikasi penyalahgunaan kartu ATM juga dapat diakibatkan oleh adanya gangguan pada jaringan server ATM atau perbankan langsung. Itu tandanya jika kartu ATM BNI yang sudah memakai dibekali teknologi chip, tetap akan memunculkan tulisan tersebut meskipun sedang tidak terblokir dan belum kedaluwarsa.

Cara Mengatasi Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Cara Mengatasi Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Setelah tahu pokok permasalahan yang menyebabkan munculnya tulisan pada layar ATM BNI saat transaksi dengan keterangan penyalahgunaan kartu ATM di atas. Selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi sehingga nantinya ketika bertransaksi tidak memunculkan notifikasi itu kembali.

1. Ganti Kartu ATM BNI Menjadi Chip

Jika dirasa penyebab munculnya notif pada layar mesin ATM tersebut dikarenakan oleh kartu ATM yang belum berganti menjadi ATM dengan teknologi chip, maka segera lakukan ganti kartu ATM BNI chip di kantor cabang bank BNI terdekat. Untuk syarat ketentuan hanya perlu bawa kartu ATM lama, buku tabungan dan identitas diri (KTP).

2. Buat Kartu ATM Baru

Lalu jika penyalahgunaan kartu akibat kartu sudah tidak aktif atau lewat masa kadaluarsa, silakan untuk ganti kartu ATM BNI baru di kantor cabang bank BNI. Untuk pergantian kartu ATM kadaluarsa sudah pernah di sampaikan di pembahasan sebelumnya lengkap dengan informasi syarat dan biaya yang dibutuhkan.

3. Buka Pemblokiran Kartu ATM

Namun jika munculnya tersebut dikarenakan oleh adanya pemblokiran pada kartu ATM, tidak ada cara selain membuka blokiran tersebut. Untuk membukanya sendiri ada dua pilihan cara yaitu melakukan secara online atau offline. Untuk yang online silakan hubungi call center bank BNI, sedangkan offline datang ke kantor cabang BNI.

Baca  Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit BNI Semua Jenis 2022

4. Menunggu Jaringan ATM BNI Normal

Lalu jika permasalahan datang akibat server atau ATM yang bermasalah, maka solusi paling tepat adalah mencoba melakukan di mesin ATM lain. Jika tetap tidak berhasil, maka silakan tunggu sampai server kembali pulih dan bisa kembali menggunakan mesin ATM untuk transaksi normal seperti biasanya.

Call Center BNI

Jika saja sudah mengatasi permasalahan atas munculnya pada layar berupa keterangan penyalahgunaan kartu ATM, silakan Anda bertanya maupun meminta bantuan pada petugas bank BNI melalui call center. Di mana untuk call center BNI yang dapat dihubungi diantara lainnya seperti:

  • Call : 150046 & 021-30500046
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Facebook : @BNI
  • Twitter : @BNICustomerCare

Dirasa itu saja kiranya pembahasan terkait dengan adanya gangguan yang muncul dengan keterangan penyalahgunaan kartu ATM di layar saat transaksi di mesin ATM yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait penyebab dan cara mengatasi penyalahgunaan kartu ATM di atas bisa bermanfaat, terutama nasabah atau pengguna kartu ATM BNI yang alami hal serupa.

Advertisements