√ Saldo ShopeePay Tidak Masuk ? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Saldo ShopeePay Tidak Masuk – Kini memang dunia digital semakin berkembang, itu dibuktikan dengan banyaknya layanan uang elektronik yang bisa memudahkan semuanya. Salah satu yang cukup populer adalah ShopeePay uang elektronik milik Shopee.

Dengan ShopeePay inilah nantinya para pengguna bisa melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran di Shopee atau merchant yang bekerja sama. Bahkan bisa juga melakukan transfer ke dompet digital lain atau transfer bank baik sesama atau bank lain.

Namun sebelum bisa melakukan transaksi tersebut, terlebih dahulu para pengguna ShopeePay harus cek saldo dan memastikan saldo cukup. Jika tidak maka lakukan top up atau isi saldo dahulu. Ada banyak cara top up yang bisa dilakukan pengguna.

Mulai dari top up lewat dompet digital lain seperti OVO, DANA, LinkAja bahkan mesin ATM dan Mobile Banking semua bank. Seperti misalnya top up ShopeePay lewat Livin Mandiri, BNI Mobile Banking dan layanan m-Banking lainnya.

Saldo Shopeepay Tidak Masuk

Saldo ShopeePay Tidak Masuk

Namun dalam pembahasan kali ini, kami bukan akan membahas mengenai cara top up ShopeePay-nya. Melainkan akan bahas terkait permasalahan saat melakukan top up ShopeePay, yaitu saldo ShopeePay yang tidak masuk setelah melakukan pengisian.

Kejadian ini kerap atau yang sedang Anda alami sekarang, mungkin menjadi salah satu faktor umum saat menggunakan uang elektronik miliki Shopee. Namun tidak perlu khawatir akan hal itu, karena di kesempatan ini kami akan sajikan secara lengkap.

Baca  13 Cara Isi ShopeePay Lewat M Banking Danamon 2022

Jadi bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai penyebab dan cara mengatasi saldo ShopeePay tidak masuk atau bertambah setelah melakukan top up. Silakan untuk simak dan ikuti artikel ini sampai akhir guna menjawab dan menyelesaikan permasalahannya.

Penyebab Saldo ShopeePay Tidak Masuk

Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk

Teruntuk Anda yang baru pertama kali mengalami saldo ShopeePay gagal masuk setelah melakukan serangkaian top up tentu akan bertanya apa si faktor penyebabnya? Mengenai hal itu rupanya ada beberapa faktor, diantara lain dikarenakan oleh hal berikut:

1. Koneksi Buruk Saat Top Up

Koneksi internet tidak stabil, bisa jadi menjadi salah satu faktor penyebab kenapa saldo ShopeePay gagal masuk. Terlebih jika Anda sedang berada di ruangan tertutup atau minim signal, maka besar kemungkinan top up ShopeePay akan alami gagal.

2. Server Shopee Error

Kemudian kenapa saldo ShopeePay tidak mau masuk bertambah setelah melakukan serangkaian top up juga bisa terjadi saat server Shopee/ShopeePay sedang error. Akibat kejadian ini, tidak hanya top up ShopeePay saja yang gagal melainkan segala transaksi di Shopee juga tidak bisa dilakukan.

3. Salah Input Kode Bayar

Penyebab lainnya saldo tidak masuk juga terjadi saat Anda salah dalam memasukkan kode bayar, karena salah dalam memasukkan satu digit angka saja nantinya berakibat fatal dan bisa salah tujuan dalam top up.

4. Cache Menumpuk / Penuh

Tidak hanya datang dari beberapa masalah di atas, saldo ShopeePay tidak bertambah juga terjadi karena cache menumpuk. Kejadian ini kerap dialami oleh sebagian besar pengguna aplikasi Shopee. Bahkan pihak Shopee menyarankan untuk melihat cache pada aplikasi Shopee.

Cara Mengatasi Saldo ShopeePay Tidak Masuk

Cara Mengatasi Saldo Shopeepay Tidak Masuk

Setelah berhasil mengetahui beberapa penyebab yang menjadikan saldo tidak masuk di atas, maka mari lanjut ke pembahasan terkait cara mengatasinya. Sebenarnya dengan mengetahui penyebab, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatasi.

Baca  12 Cara Top Up ShopeePay Lewat Aladin Bank Gratis Biaya Admin

Karena secara garis besar, permasalahan saldo tidak masuk setelah melakukan top up dapat diselesaikan dengan menyesuaikan dengan faktor penyebabnya. Untuk lebih jelas mengenai cara mengatasi masalah ShopeePay ini, simak pembahasan berikut.

1. Gunakan Koneksi Lancar

Saat saldo tidak masuk dikarenakan koneksi buruk, maka Anda hanya perlu memastikan jika Anda menggunakan koneksi internet lancar. Sebagai saran, Anda bisa gunakan koneksi internet lain seperti WiFi, paket data atau hotspot saat melakukan top up atau buka ShopeePay.

2. Tunggu Server Normal

Lalu saat saldo tidak masuk akibat adanya masalah server yang sedang error, maka solusi paling tepat adalah dengan tunggu sampai server kembali normal. Caranya Anda tinggal cek secara berkala dengan buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu ShopeePay untuk mengecek apakah saldo ShopeePay sudah masuk atau belum.

3. Pastikan Kode Bayar Benar

Kemudian saat masalah terjadi karena kesalahan saat memasukkan kode bayar, maka cek terlebih dahulu riwayat transaksi top up. Karena nantinya dalam proses top up lalu salah memasukkan kode pembayaran, maka akan terjadi transaksi gagal. Jika benar terjadi kesalahan, maka Anda tinggal lakukan top up ulang dan pastikan kode bayar benar.

4. Hapus Cache Aplikasi Shopee

Namun jika saldo tidak bisa masuk akibat cache terlalu menumpuk di aplikasi Shopee, maka solusinya adalah dengan melakukan penghapusan cache aplikasi. Untuk Anda yang belum paham cara hapus cache, silakan ikuti langkah berikut.

  • Langkah pertama buka aplikasi Shopee.
  • Kemudian lalu pilih menu “Saya”.
  • Lalu pilih menu “Pengaturan Akun” yang ada di bawah.
  • Saat sudah masuk ke pengaturan akun, lanjut pilih menu “Informasi”.
  • Kemudian pilih saja “Hapus Cache” atau “Bersihkan Cache”.
  • Dan langkah terakhir klik “Ya” untuk menyetujui penghapusan cache.
Baca  √ Top Up Tertunda Brizzi ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

5. Hubungi Call Center Shopee

Namun apabila semua cara di atas tetap tidak berhasil untuk atasi dana belum masuk juga ke ShopeePay bahkan sudah 24 jam saldo ShopeePay tidak masuk. Maka Anda bisa atasi dengan cara menghubungi call center Shopee.

Di mana setiap pengguna Shopee dapat menghubungi di nomor 1500702 untuk mengadukan berbagai masalah penggunaan Shopee, tidak terkecuali saat saldo tidak masuk, bertambah atau hilang setelah melakukan top up. Selain itu bisa juga melalui email support@shopee.co.id.

Demikian kiranya pembahasan terkait masalah dana atau saldo ShopeePay tidak bertambah setelah melakukan top up yang dapat pakaiatm.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait masalah ShopeePay di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan, terutama bagi yang mengalami masalah serupa.