25 Cara Ganti PIN ATM BRI Cukup 5 Menit & Pasti Berhasil

Cara Ganti PIN ATM BRI – PIN kartu ATM sangat berguna untuk keamanan dalam melakukan transaksi. Mengingat PIN merupakan keamanan kartu ATM tentu saja penggunaan PIN harus kuat dan tidak mudah diketahui oleh orang lain.

PIN ATM adalah 6 digit angka yang harus di jaga kerahasiaannya, jangan sampai ada orang lain yang mengetahui PIN ATM BRI Anda. Jika dirasa PIN sudah diketahui oleh orang lain, maka harus segera ganti PIN ATM-nya.

Selain, karena sudah diketahui oleh orang lain, penggantian PIN kartu ATM perlu dilakukan, jika saat bertransaksi muncul kode resererved for iso, response code : 69 maupun notifikasi FORCE PIN. Lantas, bagaimana cara ganti PIN ATM BRI?

Caranya sendiri sangat mudah dan cepat, kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk mengganti PIN. Cara mengubah PIN ATM BRI sendiri bisa dilakukan melalui mesin ATM, BRImo dan SMS Banking. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.

Cara Ganti PIN ATM BRI di Mesin ATM

Cara Ganti PIN ATM BRI di Mesin ATM

Cara mengubah PIN ATM yang pertama, bisa dilakukan melalui mesin ATM BRI. Namun sebelum itu, siapkan PIN ATM yang baru terlebih dahulu. Sedangkan untuk caranya ganti PIN, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca  √ Bunga Tabungan BRI 2022 : BritAma, Junio, & Bisnis

1. Masukkan Kartu ATM BRI

Masukkan Kartu ATM BRI

Langkah yang pertama, silakan masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM. Pastikan saat memasukkan kartu ATM dengan posisi yang benar, jangan sampai terbalik.

2. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Selanjutnya, silakan pilih bahasa. Tersedia dua pilihan bahasa yakni bahasa Indonesia dan English. Agar mudah dipahami pilihan menu-menunya pilihlah bahasa Indonesia.

3. Masukkan PIN ATM BRI

3. Masukkan PIN ATM BRI

Kemudian, masukkan 6 digit PIN lama ATM Anda. Pastikan dalam memasukkan PIN dengan benar, karena jika sampai salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, kartu ATM BRI akan terblokir.

4. Pilih Menu Transaksi Lainnya

Pilih Menu Transaksi Lainnya

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan menu di layar mesin ATM, silakan Anda pilih menu “Transaksi Lainnya“.

5. Pilih Menu Ubah PIN

Pilih Menu Ubah PIN

Langkah selanjutnya, Anda akan ditunjukkan dengan beberapa pilihan menu. Untuk mengganti PIN ATM, pilihlah menu “Ubah PIN“.

6. Masukkan PIN Baru

Masukkan PIN Baru

Langkah berikutnya, silakan masukkan PIN baru. Pastikan PIN baru tidak diketahui oleh orang lain. Saat memasukkan PIN, silakan tutup tombol dengan tangan.

7. Konfirmasi PIN Baru

Konfirmasi PIN Baru

Biasanya beberapa ATM akan meminta Anda mengkonfirmasi PIN dengan memasukkan PIN kembali. Silakan masukkan PIN yang baru kembali. Jika sudah klik “Benar“.

8. PIN Berhasil Diganti

PIN Berhasil Diganti

Tunggu beberapa saat dan selamat ubah PIN berhasil. Sekarang PIN ATM BRI Anda telah di ubah ke PIN yang baru.

Cara Ganti PIN ATM BRI Lewat BRI Mobile

Cara Ganti PIN ATM BRI Lewat BRI Mobile

Cara kedua bisa ganti PIN lewat Aplikasi BRI Mobile (BRImo). Caranya sendiri sangat mudah dan cepat. Bahkan cara ini menjadi cara paling praktis, karena bisa dilakukan tanpa harus pergi ke bank atau ATM.

Baca  10 Penyebab & Cara Atasi Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Cukup dari rumah sudah dapat mengganti PIN ATM BRI Anda. Adapun caranya, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Buka Aplikasi BRI Mobile

Buka Aplikasi BRI Mobile

Pertama, silakan buka aplikasi BRI Mobile (BRImo) di smartphone Anda.

2. Pilih Mobile Banking BRI

Pilih Mobile Banking BRI

Setelah itu, akan muncul berbagai pilihan menu, pilih menu “Mobile Banking BRI“.

3. Pilih Menu Pelayanan Nasabah

Pilih Menu Pelayanan Nasabah

Langkah selanjutnya, akan tampil di layar smartphone pilihan menu transaksi. Pilihlah menu “Pelayanan Nasabah“.

4. Pilih Opsi Ganti PIN

Pilih Opsi Ganti PIN

Kemudian akan diarahkan ke halaman lain dan ditampilkan beberapa opsi. Silakan pilih opsi “Ganti PIN” di bagian paling atas.

5. Input PIN Baru

5. Input PIN Baru

Langkah berikutnya, silakan masukkan PIN baru. Kemudian, konfirmasi PIN dengan memasukkan PIN Baru sekali lagi. Jika sudah, klik “OK“.

6. Masukkan PIN Lama

Masukkan PIN Lama

Setelah itu, masukkan PIN yang lama untuk mengonfirmasi penggantian PIN Anda. Nantinya aplikasi akan meminta Anda untuk melanjutkan proses penggantian PIN dengan mengirim SMS, klik “OK” untuk melanjutkan.

Sedikit catatan : Nantinya Anda akan dikenai biaya administrasi pemotongan pulsa untuk mengirim SMS. Besaran biaya yang dibebankan tergantung provider yang digunakan, kurang lebih sekitar Rp. 250 – Rp. 500 per SMS.

7. PIN Berhasil di Ubah

PIN Berhasil di Ubah

Silakan buka SMS dan PIN telah berhasil diganti. Sekarang PIN yang Anda gunakan sudah PIN yang baru.

Cara Ganti PIN ATM BRI Lewat SMS Banking

Cara Ganti PIN ATM BRI Lewat SMS Banking

Cara yang lainnya, Anda juga bisa ganti PIN lewat SMS Banking. Caranya sendiri sangat mudah, cukup kirimkan format SMS penggantian PIN ke 3300.

Namun, nantinya Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 250 – Rp. 500 tergantung provider yang digunakan. Untuk cara ganti PIN SMS Banking BRI, pertama-tama, silakan buka menu SMS atau Pesan di ponsel.

Baca  √ ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai 2022 : 8 Penyebab & Solusi

Kemudian, silakan ketikan format SMS berikut : PIN<spasi>PIN Baru<spasi>PIN Lama (Contoh : PIN 374757 010203). Lalu, kirim SMS tersebut ke nomor SMS Banking BRI yaitu 3300.

Kemudian silahkan ketikkan format SMS berikut

Jika sudah, tunggu hingga Anda menerima SMS balasan dari 3300. Setelah mendapatkan SMS berisi konfirmasi penggantian PIN Berhasil, maka PIN telah diganti dengan PIN baru.

konfirmasi penggantian PIN Berhasil

Itulah beberapa cara ganti PIN ATM BRI yang dapat pakaiatm.com sajikan untuk Anda semuanya. Namun, jika Anda lupa dengan PIN ATM, CARA MENGATASI LUPA PIN paling tepat yaitu datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk mengubah PIN Anda. Sekian informasi dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.