√ Kode Bank Syariah Indonesia 2021 : Transfer & Swift

Kode Bank Syariah Indonesia – Pada tanggal 1 Februari 2021 kemarin Bank BNI Syariah (BNIS), BRI Syariah (BRIS) dan Mandiri Syariah (BSM) bergabung menjadi satu dan membentuk sebuah Bank baru bernama BSI (Bank Syariah Indonesia). Sesuai dengan namanya, Bank ini nantinya akan menggunakan Syariat Islam yang berlaku dalam sistem pengelolaannya.

Meskipun belum lama dirilis, Bank Syariah Indonesia sudah memiliki jumlah nasabah yang cukup banyak. Sebagian besar nasabah Bank Syariah Indonesia merupakan pindahan dari nasabah BSM, BRIS dan BNIS.

Sama seperti Bank pada umumnya, BSI juga memiliki kode yang digunakan oleh nasabah dari Bank lain saat mengirim uang atau pembayaran ke rekening Bank Syariah Indonesia. Nah, disini kami yakin banyak dari kalian yang belum tahu informasi mengenai kode BSI.

Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga menerapkan kode khusus untuk transaksi kirim uang dari dalam dan luar negeri ke rekening Bank Syariah Indonesia. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi lengkapnya pada ulasan dibawah ini.

Kode Bank Syariah Indonesia

Sekilas Tentang Kode BSI

Seperti yang kami jelaskan bahwa tiga Bank Syariah dari BNI, BRI dan Mandiri telah melakukan merger atau bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia. Sebelumnya masing-masing dari ketiga Bank tersebut memiliki kode tersendiri. Nah, dalam hal ini banyak yang menanyakan apakah setelah menjadi Bank BSI mereka bakal menerapkan kode baru?

Terkait jawabannya kami berhasil memperoleh informasi bahwa untuk saat ini Bank Syariah Indonesia masih dalam proses penyesuaian, sehingga masih menggunakan yang kode Bank lama. Apabila terjadi perubahan mengenai hal tersebut nantinya Bank Syariah Indonesia bakal menginformasikan melalui situs resmi, media sosial atau platform lainnya.  Selain itu, Bank Syariah Indonesia juga membagi kode menjadi dua macam, yaitu untuk transfer dan Swift. Selengkapnya silahkan simak dibawah ini :

Transfer BSI

Sesuai dengan namanya, kode transfer BSI digunakan untuk transaksi kirim uang dari rekening Bank lain ke rekening BSI. Contoh dari rekening MANDIRI ke BSI. Sedangkan untuk rincian kode nya menyesuaikan dari rekening lamanya antara lain sebagai berikut  :

  • Kode BSI ex BNIS : 427
  • Kode BSI ex BRIS : 422
  • Kode BSI ex BSM : 451

Catatan : Kode diatas digunakan ketika kalian melakukan transfer dari ATM selain BNIS, BSM dan BRIS. Sedangkan untuk transaksi lewat Mobile Banking maupun Internet Banking biasanya kode transfer akan terisi otomatis.

Swift BSI

Kemudian untuk kode Swift merupakan kumpulan huruf yang wajib diketahui untuk melakukan transaksi kirim pada rekening BSI dari Indonesia ke Luar Indonesia atau sebaliknya. Selain itu, tujuan Bank Syariah Indonesia menerapkan kode Swift adalah untuk memudahkan pertukaran informasi perbankan di seluruh Dunia. Dibawah ini telah kami siapkan rincian kode Swift dari Bank Syariah Indonesia :

  • Kode Swift BSI ex BNIS : SYNIIDJA
  • Kode Swift BSI ex BRIS : BRISDJA
  • Kode Swift BSI ex BSM : BSMDIDJA

Catatan : Kode Swift wajib dimasukkan ketika melakukan transaksi ke rekening BSI antar Negara.

Biaya Transaksi Ke Rekening Bank Syariah Indonesia

Biaya Transaksi Ke Rekening Bank Syariah Indonesia

Perlu kalian ketahui juga bahwa setiap melakukan transaksi ke rekening Bank Syariah dari rekening Bank lain lewat ATM, mBanking dan Internet Banking berlaku biaya admin. Namun untuk besaran nominalnya tergantung dari jenis rekening yang digunakan. Kecuali jika transaksi dilakukan dari salah satu gabungan Bank Syariah Indonesia, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah dan Mandiri Syariah tidak akan dikenai transaksi.

Selain itu, untuk transaksi Swift mungkin berlaku tarif yang lebih mahal daripada transfer antar Bank dalam Negeri. Guna memperoleh informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi CALL CENTER BSI via Telepon atau media sosial.

KESIMPULAN

Itu saja informasi dari Pakaiatm.com mengenai kode transfer dan Swift BSI. Jadi, untuk saat ini Bank Syariah Indonesia masih menggunakan nomor yang sama dari masing-masing Bank sebelumnya. Sehingga saat melakukan transfer antar Bank dalam Negeri atau Swift (transfer Antar Negara) bisa menggunakan kode-kode yang kami sajikan diatas.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika Bank Syariah Indonesia nantinya bakal memiliki kode khusus untuk transfer antar Bank dalam negeri maupun transaksi Swift. Ketika ada update untuk informasi tersebut Bank Syariah Indonesia membuat pemberitahuan di  website dan lain sebagainya.