√ Lupa PIN ATM Mandiri 2021 : 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Lupa PIN ATM Mandiri – Membuka rekening tabungan Mandiri memang terbilang mudah dilakukan. Di mana Anda hanya perlu datang ke kantor secara langsung dengan membawa syarat seperti KTP dan uang setoran awal, bahkan bisa juga buat secara online.

Dengan pembukaan rekening tersebut, nantinya Anda akan diberikan sebuah buku tabungan dan kartu ATM yang dapat digunakan untuk transaksi seperti tarik tunai, transfer, pembayaran dan lainnya. Dalam buka rekening tersebut Anda akan diminta membuat PIN ATM.

Yang mana fungsi dari PIN ATM tersebut yaitu akan digunakan saat Anda nasabah Mandiri melakukan transaksi di mesin ATM/EDC. Jangan sampai lupa dengan PIN ATM yang berhasil dibuat agar nantinya transaksi akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Bahkan seperti sudah Anda ketahui sendiri, jika sampai lupa PIN ATM dan salah memasukkan sebanyak 3 kali berturut-turut maka kartu ATM akan secara otomatis terblokir dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Dengan begitu, Anda hanya perlu untuk mengurusnya.

Lupa PIN ATM Mandiri Penyebab Cara Mengatasi

Pada pembahasan kali ini sendiri pakaiatm.com akan sampaikan informasi mengenai lupa PIN ATM Mandiri baik itu dari penyebab, syarat dan cara mengatasinya. Dengan begitu, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, bisa untuk simak pembahasan ini sampai akhir.

Penyebab Lupa PIN ATM Mandiri

Penyebab Lupa PIN ATM Mandiri

Untuk penyebab lupa PIN ATM sendiri ada beberapa hal yang kerap serta menjadikan para nasabah mengalami lupa saat bertransaksi di mesin ATM. Adapun penyebab umum mengapa nasabah mengalami lupa PIN ATM di antara lainnya seperti:

  • Kombinasi PIN yang terlalu sulit untuk diingat.
  • Nasabah terlalu banyak mengingat PIN.
  • Lupa catat PIN ATM baru setelah mengubahnya.
  • Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka akan terblokir.

Syarat Diperlukan Untuk Mengatasi

Syarat Diperlukan Untuk Mengatasi

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM Mandirinya, Anda terlebih dahulu untuk tahu syarat apa saja yang diperlukan saat mengurus PIN ATM yang lupa. Syarat diperlukan cukup mudah, seperti misalnya:

  • Kartu ATM Mandiri.
  • Buku rekening tabungan Mandiri.
  • Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor).

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri

Sedangkan untuk cara mengatasi sendiri ada dua pilihan cara yaitu secara online maupun offline. Hal ini sama seperti CARA MENGATASI LUPA PIN ATM BCA atau ATM lainnya, di mana keduanya sama-sama mudah.

Menghubungi Call Center Mandiri

Menghubungi Call Center Mandiri

Jika nasabah Mandiri mengalami lupa PIN ATM, maka bisa atasi dengan cara pertama yaitu secara online dengan hubungi call center Mandiri tanpa harus datang ke bank. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Hubungi Call Center

Pertama siapkan ponsel dengan nomor yang terdaftar di bank Mandiri, jangan lupa juga memastikan jika pulsa cukup untuk melakukan panggilan. Setelah itu langsung saja lakukan panggilan ke CALL CENTER MANDIRI di 14000.

2. Sampaikan Maksud Menghubungi

Jika sudah tersambung dengan customer service atau petugas, maka langsung saja untuk sampaikan maksud tujuan menghubunginya. Sampaikan secara jelas jika Anda mengalami lupa PIN ATM dan ingin mengatasinya.

3. Customer Service Minta Syarat Diperlukan

Setelah itu, pihak customer service Mandiri akan mulai memproses keluhan Anda dengan langkah pertama meminta persyaratan seperti informasi nomor kartu ATM dan identitas diri. Biasanya ini digunakan untuk melakukan verifikasi data.

4. Customer Service Berikan PIN Baru

Terakhir customer service akan memberitahukan PIN ATM baru Anda. Di mana nasabah hanya GANTI PIN ATM MANDIRI baru tersebut untuk menjaga keamanan, nasabah Mandiri bisa ganti di mesin ATM Mandiri terdekat.

Datang ke Kantor Bank Mandiri

Datang ke Kantor Bank Mandiri

Mengenai cara mengatasi kedua, bisa dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri. Sama mudah dan praktisnya dengan cara mengatasi di atas, mungkin cara ini bisa dimanfaatkan saat jarak kantor terbilang dekat.

1. Datangi Kantor Cabang Bank Mandiri

Pertama, silakan datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan lokasi Anda berada. Jangan lupa untuk bawa syarat-syarat diperlukan nantinya saat pengurusannya.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrean

Jika sudah sampai di kantor cabang bank Mandiri, maka langsung saja ambil nomor antrean. Kemudian tunggu saja sampai giliran nomor antrean Anda dipanggil oleh customer service.

3. Sampaikan Maksud Kedatangan

Tiba giliran nomor dipanggil, sampaikan maksud kedatangan yaitu Anda meminta bantuan untuk mengatasi lupa PIN ATM. Dengan begitu, customer service akan menanyakan penyebab dan informasi lainnya.

4. Customer Service Memproses

Selanjutnya customer service akan memproses keluhan atau masalah Anda dengan meminta persyaratan diperlukan. Dengan begitu, Anda hanya perlu menunggu sampai CS selesai memproses dan meminta Anda untuk buat PIN ATM baru.

Tips Hindari Lupa PIN ATM

Tips Hindari Lupa PIN ATM

Tidak hanya tahu syarat, penyebab dan cara mengatasi lupa PIN ATM saja. Anda juga harus tahu mengenai tips agar terhindar dari apa itu lupa PIN ATM. Ada beberapa tips perlu diketahui agar Anda tidak mudah lupa PIN ATM, seperti misalnya:

  • Catat PIN ATM setelah melakukan ubah PIN ATM lama ke PIN ATM baru.
  • Ubah PIN ATM yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain.
  • Gunakan PIN ATM dengan angka-angka spesial dan hanya Anda yang tahu, namun jangan gunakan tanggal lahir.

Catatan : Mengatasi lupa PIN ATM di kantor tidak dikenakan biaya, namun jika atasi lewat panggilan ke call center maka akan dikenakan biaya panggilan. Selain itu jika Anda sampai ganti PIN/reissue PIN akibat terblokir akan dikenakan biaya Rp 5.000.

Kiranya seperti itu saja yang bisa pakaiatm.com sampaikan mengenai masalah lupa PIN ATM Mandiri lengkap dari penyebab sampai cara mengatasi. Semoga dengan adanya informasi seputar lupa PIN ATM di atas bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.