3 Cara Setor Tunai SeaBank Paling Lengkap 2022

Cara Setor Tunai SeaBank – Jika berbicara mengenai Bank Digital, tentu banyak dari kalian yang sudah tidak asing dengan Bank Digital bernama SeaBank. Ya, Bank Digital yang satu ini cukup populer karena menawarkan keuntungan berupa transfer Antar Bank Online tanpa biaya admin.

Meski begitu, SeaBank sejatinya juga sama seperti Bank Digital pada umumnya, yaitu layanan ini hanya bisa digunakan apabila terdapat saldo yang mencukupi di dalam rekening SeaBank. Jika saldo kurang dari nominal transaksi, maka segera lakukan pengisian saldo SeaBank.

Untuk mengisi saldo SeaBank, kalian bisa menggunakan metode Setor Tunai. Mendengar istilah ini, pasti kalian yang sudah memiliki akun SeaBank, bingung bagaimana cara melakukan Setor Tunai SeaBank, sebab di aplikasi tidak tersedia fitur tersebut.

Tenang, melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap terkait langkah-langkah melakukan transaksi tersebut. Jadi, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menabung ke rekening SeaBank secara Tunai, penjelasan selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Setor Tunai SeaBank

Cara Setor Tunai SeaBank

SeaBank merupakan layanan Bank Digital yang saat ini dikelola oleh Sea Group, Perusahaan Induk yang menaungi situs eCommerce Shopee dan penerbit game, Garena. Sejak diambil alih dari PT BKE (Bank Kesejahteraan Ekonomi) awal tahun 2021, hingga sekarang SeaBank sudah memiliki lebih dari 20 juta orang nasabah.

Sementara itu, untuk kalian yang sudah membuka rekening SeaBank di Shopee, nantinya perlu mendownload aplikasi SeaBank di Google Play Store atau App Store. Di aplikasi tersebut kalian bisa menggunakan semua fitur transaksi yang tersedia, seperti transfer ke sesama, transfer ke Bank lain, bayar tagihan, Top Up DANA, Top Up LinkAja dan berbagai akun eWallet lainnya.

Baca  15 Cara Top Up OVO Lewat ATM BCA 2022

Kemudian seperti kami sebutkan diatas bahwa layanan SeaBank hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial apabila saldo di dalamnya mencukupi. Apabila saldo kurang, maka kalian perlu melakukan isi saldo terlebih dahulu.

Bicara mengenai isi saldo SeaBank, perlu diketahui bahwa SeaBank ternyata menyediakan fitur Setor Tunai. Adanya fitur ini pastinya sangat membantu para nasabah yang tidak memiliki akun Digital seperti Mobile Banking, eWallet dan sejenisnya.

Ada beberapa cara untuk Setor Tunai SeaBank, salah satunya adalah lewat Teller di Bank SeaBank. Untuk saat ini Kantor Cabang SeaBank terdapat di beberapa lokasi, diantaranya Bandung, Jakarta, Semarang dan Banjarmasin.  Kemudian untuk langkah-langkah Setor Tunai SeaBank lewat Teller adalah sebagai berikut :

  • Datang ke Kantor Cabang SeaBank terdekat
  • Ambil nomor Antrian Teller
  • Tunggu hingga tiba giliran
  • Jika sudah, maju dan temui petugas Teller lalu sampaikan bahwa kalian ingin melakukan Setor Tunai
  • Kemudian petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir Setor Tunai berisi nomor rekening SeaBank dan jumlah uang yang akan disetorkan
  • Selanjutnya serahkan uang untuk Setor Tunai lalu petugas akan memproses transaksi tersebut
  • Jika berhasil, kalian akan menerima struk bukti transaksi. Silahkan cek saldo SeaBank di aplikasi untuk memastikan.
  • Selesai

Untuk Setor Tunai SeaBank lewat Teller tidak ada biaya admin dalam bentuk apapun. Jadi, kalian tidak perlu khawatir ketika membawa uang pas untuk Setor Tunai.

Cara Menabung di SeaBank Lewat Indomaret / Alfamart

Cara Menabung di SeaBank Lewat Indomaret Alfamart

Kemudian bagi pengguna SeaBank yang berlokasi jauh dari Kantor Cabang SeaBank, kalian bisa memanfaatkan gerai Alfamart atau Indomaret untuk melakukan Setor Tunai. Namun cara ini membutuhkan ShopeePay sebagai perantara nya.

Sebagai nasabah SeaBank tentu kalian sudah memiliki aplikasi Shopee yang didalamnya sudah tersedia ShopeePay sebagai fitur eWallet dari Shopee, jadi syarat ini tentu bukan hal yang sulit untuk dipenuhi.

Baca  √ Biaya Admin ATM Bank DKI 2022 : Tabungan & Transaksi

Sedangkan untuk tata cara Setor Tunai SeaBank di Indomaret atau Alfamart pun sangat mudah, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Kunjungi gerai Alfamart / Indomaret terdekat
  • Sampaikan pada petugas Kasir bahwa kalian ingin melakukan Top Up ShopeePay
  • Kemudian petugas akan meminta keterangan nomor HP ShopeePay dan jumlah saldo yang ingin di Top Up
  • Tunggu beberapa saat, petugas Kasir akan memproses transaksi tersebut
  • Jika sudah, serahkan sejumlah uang beserta biaya admin sesuai ketentuan yang berlaku
  • Setelah saldo ShopeePay terisi, selanjutnya kalian tinggal mengirimkan saldo tersebut ke rekening SeaBank dengan cara sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Shopee

Buka Aplikasi Shopee 1

Silahkan buka aplikasi Shopee lalu pilih menu ShopeePay pada halaman utama

2. Pilih Transfer ke Bank

Pilih Transfer ke Bank

Setelah itu pada pilihan menu ShopeePay yang muncul, kalian pilih menu Transfer ke Bank

3. Pilih Rekening SeaBank

Pilih Rekening SeaBank

Selanjutnya pilih rekening tujuan SeaBank. Jika belum mendaftarkan rekening SeaBank di ShopeePay, silahkan pilih menu Transfer ke No. Rekening Bank Baru kemudian masukkan data rekening seperti nama pemilik, nama Bank dan nomor rekening. 

4. Masukkan Jumlah Transfer

Masukkan Nominal Transfer

Sekarang masukkan jumlah saldo yang ingin di transfer ke rekening SeaBank

5. Masukkan PIN ShopeePay

Masukkan PIN ShopeePay

Setelah itu masukkan PIN ShopeePay untuk menyelesaikan transaksi transfer ShopeePay ke SeaBank

6. Transaksi Berhasil

Transaksi Berhasil

Jika transaksi berhasil, maka di layar akan tertera tampilan seperti gambar diatas.

Cara Isi Saldo SeaBank di ATM

Cara Isi Saldo SeaBank di ATM

Selain kedua cara diatas, Setor Tunai SeaBank juga bisa dilakukan lewat mesin ATM. Cara ini berlaku bagi kalian para pengguna SeaBank yang sudah berhasil mendapatkan kartu ATM SeaBank  maupun nasabah yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

Khusus untuk pemegang kartu ATM SeaBank, kalian bisa melakukan Setor Tunai di gerai ATM SeaBank atau ATM Bank lain berlogo Bersama atau ALTO dan sudah mendukung fitur Setor Tunai. Untuk tata cara nya sendiri adalah sebagai berikut :

  • Masukkan kartu ATM SeaBank
  • Masukkan PIN
  • Pilih menu Setor Tunai
  • Masukkan uang pada mesin
  • Konfirmasi transaksi
  • Selesai
Baca  7 Cara Bayar Kredit Pintar Lewat ATM BRI 2022 : Denda Keterlambatan

Catatan : Apabila terdapat perbedaan menu / layanan untuk Setor Tunai, instruksi nya akan tertera di layar mesin

Sementara itu, untuk nasabah yang tidak memiliki ATM SeaBank, kalian bisa melakukan Setor Tunai lewat ATM Bank lain yang digunakan. Misal, selain pakai SeaBank, kalian juga memiliki rekening Bank Mandiri, maka silahkan Setor Tunai di ATM Mandiri.

Setelah itu, saldo masuk kalian tinggal mengirimnya ke rekening SeaBank lewat ATM, Mobile Banking maupun cara lain. Untuk transfer ke rekening SeaBank dari rekening Bank lain kalian membutuhkan Kode Bank SeaBank.

Satu lagi, perlu diketahui juga bahwa saat ini SeaBank telah terdaftar sebagai peserta BI Fast, artinya biaya admin yang berlaku ketika transfer ke SeaBank dari rekening Bank lain yang sama-sama sudah terdaftar di BI Fast hanya Rp. 2.500.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Pakaiatm.com mengenai cara Setor Tunai atau menabung di SeaBank lewat Teller, Minimarket (Alfamart / Indomaret) dan mesin ATM. Semoga dengan adanya informasi diatas bisa membantu kalian para pengguna SeaBank dalam melakukan isi saldo SeaBank.

sumber gambar :

  • cnbcindonesia.com
  • bukalapak.com
  • swakarta.com
  • blog.qelola.com
  • Tim Pakaiatm.com