√ Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan : 7 Penyebab & Solusi

Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan – Kartu ATM yang menjadi salah satu fasilitas diberikan oleh pihak bank kepada nasabah setelah berhasil buka rekening. Tentu saja memiliki kegunaan dan fungsi sangat penting.

Dengan kartu ATM tersebutlah nantinya nasabah bisa melakukan transaksi cek saldo, transfer, tarik tunai dan lainnya di mesin ATM. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran di merchant yang sudah menyediakan pembayaran lewat EDC.

Namun pengguna kartu ATM tetap saja akan memiliki sebuah masalah, dan salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kartu ATM tidak bisa digunakan. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Untuk hal itu, bagi para nasabah BNI Syariah dan kebetulan mengalami masalah serupa. Berikut akan pakaiatm.com coba informasikan secara lengkap faktor penyebab dan cara mengatasinya.

Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Bagi Anda nasabah BNI Syariah dan penasaran akan hal itu, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi terus untuk simak dab ikuti pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BNI Syariah tidak dapat digunakan.

Penyebab Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Mengenai penyebabnya kartu ATM tidak bisa digunakan hampir sama seperti kebanyakan kartu ATM dari bank-bank lainnya. Seperti misalnya KARTU ATM BRI TIDAK BISA DIGUNAKAN akibat beberapa faktor ini:

Baca  8 Penyebab & Cara Atasi Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

1. Kartu ATM Berstatus Pasif & Dormant

Pertama, kartu ATM tidak bisa digunakan bisa terjadi karena kartu ATM masuk dan berubah status menjadi rekening pasif/dormant. Hal ini terjadi karena kartu ATM BNI Syariah tidak digunakan untuk bertransaksi dalam waktu yang cukup lama (lebih 540 hari). Untuk menghindari kartu ATM berstatus pasif/dormant maka lakukan transaksi rutin walaupun hanya cek saldo.

2. Masa Aktif Kartu ATM (Valid Thru)

Kedua, kartu ATM tidak bisa digunakan juga bisa dikarenakan oleh kartu ATM yang sudah tidak aktif lagi. Untuk memastikan hal ini, nasabah BNI Syariah bisa cek Valid Thru yang terdapat di depan kartu ATM. Jika bulan dan tahun expired sudah melewati, maka benar saja kartu ATM sudah tidak bisa digunakan. Valid Thru atau masa expired kartu ATM BNI Syariah dan lainnya yaitu 5 tahun.

3. Kartu ATM BNI Syariah Rusak

Ketiga, penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan juga dikarenakan oleh KARTU ATM RUSAK. Kerusakan kartu ATM BNI Syariah bisa saja terjadi fisik kartu yang patah atau retak dan juga bisa dibagian pita hitam yang tergores. Selain itu, kartu ATM rusak juga bisa terjadi di bagian CHIP TIDAK TERDETEKSI saat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC.

4. Proses Migrasi ke BSI

Keempat, kartu ATM BNI Syariah tidak dapat digunakan bisa saja terjadi karena kartu Anda sedang melakukan proses melakukan migrasi dari BNI Syariah ke Bank Syariah Indonesia (BSI). Tidak bisa digunakan ini umum terjadi, dan akan kembali bisa digunakan saat proses migrasi tersebut sudah selesai dan berhasil. Untuk lama waktu proses migrasi sendiri cukup tidak bisa ditentukan.

Baca  √ Saldo Minimal BNI Syariah 2022 : Semua ATM & Rekening

Solusi Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Solusi Kartu ATM BNI Syariah Tidak Bisa Digunakan

Setelah berhasil tahu apa saja faktor penyebab yang menjadikan kartu ATM BNI Syariah tidak dapat digunakan, maka selanjutnya Anda tinggal perlu tahu bagaimana solusi atau cara mengatasinya. Adapun cara mengatasi kartu ATM BNI Syariah tidak bisa digunakan tergantung dengan faktor penyebabnya:

1. Aktifkan Kembali Kartu ATM

Jika kartu ATM BNI Syariah Anda tidak dapat digunakan karena berstatus pasif dan dormant, maka cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan kembali kartu tersebut. Secara umum pengaktifan kartu ATM dapat dilakukan dengan melakukan penyetoran awal pada customer service di kantor cabang BNI Syariah terdekat. Dengan begitu siapkan uang, buku tabungan, kartu ATM dan KTP guna memperlancar pengaktifan kartu ATM.

2. Ganti Kartu ATM Baru

Untuk kartu ATM BNI Syariah yang masa expired/Valid Thru atau kartu ATM rusak, jalan satu-satunya yaitu dengan mengganti kartu ATM dengan yang baru di kantor cabang bank BNI Syariah. Dengan begitu, silakan datang ke kantor cabang dengan bawa syarat ketentuan seperti kartu ATM BNI Syariah lama, buku tabungan, kartu ATM dan uang sebagai biaya ganti kartu ATM baru.

3. Tunggu Proses Migrasi Selesai

tetapi jika masalah kartu ATM tidak bisa digunakan karena sedang dalam proses migrasi dari BNI Syariah ke Bank Syariah Indonesia (BSI), maka nasabah BNI Syariah hanya perlu tunggu sampai migrasi selesai. Dengan begitu, kartu ATM nantinya sudah bisa digunakan kembali untuk melakukan transaksi-transaksi di mesin ATM.

Mungkin seperti itulah informasi penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BNI Syariah tidak dapat digunakan yang pakaiatm.com sajikan. Semoga adanya informasi terkait kartu ATM tidak bisa digunakan di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.

Baca  2 Kartu ATM BRI Yang Harus Diganti : Ciri & Contoh