2 Kartu ATM BRI Yang Harus Diganti : Ciri & Contoh

Kartu ATM BRI Yang Harus Diganti – Bagi Anda nasabah bank BRI pemilik kartu ATM magnetic stripe, maka diharuskan segera melakukan pergantian kartu di kantor cabang terdekat. Dimana hal ini disebabkan karena ATM magnetic stripe akan segera diblokir oleh pihak perbankan dan digantikan dengan ATM Chip.

Advertisements

Penggantian kartu ATM tersebut diarahkan langsung oleh Bank Indonesia (BI) melalui Surat Edaran BI Nomor 17/52/DKSP. Dimana dalam surat edaran tersebut hanya pengguna kartu ATM magnetic stripe tertentu yang diperbolehkan sekaligus informasi JADWAL PEMBLOKIRAN KARTU ATM LAMA.

Apabila Anda kartu ATM BRI magnetic stripe tidak segera diganti maka kartu ATM tersebut akan diblokir oleh pihak bank, sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Mungkin banyak nasabah BRI, bertanya-tanya jenis kartu ATM BRI yang harus diganti. Lantas apa saja kartu ATM BRI yang harus diganti?

Advertisements

Seperti yang sudah diketahui bahwa ada berbagai JENIS KARTU ATM BRI. Jadi wajar saja bila banyak nasabah kebingungan, apakah harus mengganti kartu ATM-nya? Apakah kartu ATM-nya akan diblokir juga? Berikut pakaiatm akan menjawab rasa penasaran Anda dengan menyajikan informasi seperti di bawah ini.

Kartu ATM BRI Yang Harus Diganti

Kartu ATM BRI Yang Harus Diganti

Meskipun BRI menyediakan berbagai kartu ATM, namun ada kriteria tersendiri dimana kartu ATM itu harus diganti. BRI memberikan daftar kartu yang harus diganti yang meliputi kartu ATM berlogo Mastercard ataupun GPN serta kartu yang masih berbasis magnetic stripe.

Baca  √ BRImo Tidak Bisa Dibuka : 10 Penyebab & Cara Mengatasi
Advertisements

Jadi apapun jenis kartu ATM BRI Anda dan apapun itu logonya, baik Mastercard maupun GPN jika memang masih magnetic strip maka harus segera di ganti. CARA GANTI ATM BRI CHIP bisa dilakukan langsung ke kantor cabang, dengan syarat membawa buku tabungan, kartu ATM lama dan identitas diri seperti KTP.

Kebijakan terkait penggantian kartu ATM magnetic stripe ke kartu ATM berbasis Chip merupakan hal tepat yang dilakukan oleh pihak bank. Pasalnya, ATM BRI Chip dinilai lebih aman, karena bisa untuk menghindari kejahatan skimming.

Dimana kartu ATM berbasis magnetic stripe sangat rawat terkena kejahatan skimming. Tercatat sekitar 515 nasabah bank BRI menjadi korban skimming. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi nasabah BRI pemegang ATM magentic untuk migrasi ke ATM Chip. Tujuannya yakni untuk menghindari skimming.

Ciri Ciri ATM BRI Yang Harus Diganti

Ciri Ciri ATM BRI Yang Harus Diganti

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwasanya kartu yang wajib diganti yaitu kartu magnetic stripe. Maka dari itu, bagi nasabah yang belum tahu apa itu kartu ATM magnetik stripe yang dimaksud, maka Anda bisa mengenalinya dari ciri ciri kartu tersebut.

Kartu ATM BRI magnetic stripe memiliki sejumlah ciri ciri khusus. Setiap nasabah harus memahami setiap ciri ciri kartu ATM magnetic stripe ataupun kartu ATM lama dengan mengamati ciri ciri di bawah ini.

Advertisements

1. Ciri Fisik

Ciri Fisik

Dari segi fisik, kartu ATM BRI lama memiliki pola garis hitam memanjang tepat pada bagian belakang kartu. Garis hitam tersebut menyimpan data dan akan terbaca ketika melakukan transaksi. Apabila garis hitam kartu ATM magnetic stripe rusak atau lecet, maka kartu ATM sulit terbaca dan bahkan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Baca  √ mToken BRI Gagal 2021 : Penyebab & 4 Cara Mengatasi

2. Mudah Digandakan

Mudah Digandakan

Ciri selanjutnya yaitu kartu ATM lama mudah digandakan, pasalnya data nomor kartu, masa berlaku, nama nasabah dan data lainnya tersimpan didalam magnetic stripe. Sehingga terminal sekaligus bank host tidak dapat memastikan keaslian kartu yang digunakan untuk bertransaksi tersebut.

Apabila kartu ATM BRI Anda sesuai dengan ciri ciri di atas, maka Anda harus segera mengganti kartu tersebut langsung ke kantor cabang BRI. Jikalau ingin data dan uang pada ATM tetap aman dari pelaku kejahatan skimming.

Contoh ATM BRI Yang Harus Diganti

Contoh ATM BRI Yang Harus Diganti

Setelah mengetahui ciri cirinya, selanjutnya akan makin jelas dan detail berikut kami akan berikan beberapa contoh jenis kartu ATM BRI yang harus diganti. Meskipun sudah sering kami singgung bahwasanya kartu ATM magnetic stripe apapun jenisnya harus segera diganti, namun mungkin Anda masih bingung.

1. ATM BRI Biru Simpedes

ATM BRI Biru Simpedes

Contoh kartu ATM BRI pertama wajib diganti yaitu Simpedes. Nah, bagi nasabah pemilik kartu Simpedes Anda diwajibkan untuk mengganti kartu ATM lama ke kartu ATM Chip. Pasalnya rata-rata sebagian besar kartu ATM Simpedes yang diterbitkan oleh bank BRI masih menggunakan magnetic stripe. Sehingga perlu diganti ke ATM berbasis Chip.

2. ATM BRI Magnetic Stripe

ATM BRI Magnetic Stripe

Berkali-kali kami singgung, secara keseluruhan apapun jenis kartu ATM yang digunakan, baik itu BritAma, Simpedes, Classic, Gold maupun Premium jikalau memang masih berbasis magnetic stripe, maka wajib diganti ke kartu ATM berbasis Chip.

Itulah beberapa kartu ATM BRI yang harus diganti yang dapat pakaiatm.com sajikan. Jadi pada intinya debit card BRI yang wajib diganti itu adalah kartu ATM yang masih berbasis magnetic stripe. Jika sudah berbasis Chip maka tidak perlu menggantinya lagi. Sekian dari pakaiatm dan semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca  15 Cara Isi Gopay Lewat ATM BRI Mudah dan Cepat
Advertisements